oleh

5 Daerah Wisata Paling Ikonik Di Surabaya

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia ini telah berubah menjadi menjadi kota metropolitan yang yang berkembang pesat. Buang jauh pikiranmu terhadap kesan kota Surabaya yang panas dan gersang. Surabaya kini sudah berbenah mempercantik kotanya, lingkungannya menjadi lebih hijau dan tata ruang kotanya menjadi lebih baik. Ibukota Jawa Timur ini juga menyimpan segudang daerah wisata mulai dari wisata kuliner, wisata belanja, wisata budaya, wisata sejarah dan wisata alam. Jika waktu kunjunganmu terbatas ketika ke Surabaya rasanya tak cukup untuk menjelajahi keseluruhan daerah wisatanya. Maka dari itu, minimal sisakanlah waktu sehari untuk berkunjung ke tempat-tempat yang menjadi ikon wisata di Surabaya ini.  Jangan mengaku pernah ke Surabaya jika belum foto di 5 daerah wisata ikonik ini ya.

1. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam Surabaya. (Sumber Foto: wwwcelina2609.wordpress.com)

Saat kau melewati Jalan Pemuda, matamu niscaya akan tertuju pada satu bangunan unik berbentuk kapal selam yang berdiri megah di pinggir jalan. Ya, ini ialah Monumen Kapal Selam atau sering disingkat Monkasel, eitts ini bukan bangunan yang dibangun menyerupai kapal selam tapi memang kapal selam sungguhan lho. Kapal selam tipe SS Whiskey Class yang berjulukan KRI Pasopati 410 milik Angkatan Laut yang sudah banyak berjasa pada Operasi Trikora tahun 1962 silam.

Monkasel termasuk sebagai monumen paling besar yang ada di Asia. Di dalamnya kau sanggup menemukan museum yang menceritakan sejarah dari kapal selam KRI Pasopati 410. Selain monumenjuga ada akomodasi rekreasi air untuk anak, sehingga sanggup dijadikan wisata edukatif bagi anak-anak.

2. House of Sampoerna

Museum House of Sampoerna. (Sumber Foto: www.danarif.com)

Satu lagi yang harus kau kunjungi ialah museum House of Sampoerna, alasannya ialah museum ini tidak terdapat di kota lainnya di Indonesia. Tentunya kau tahu dong merk populer satu ini. Sebagai salah satu merk produk dari materi dasar tembakau, perusahaan Sampoerna mendirikan museum House of Sampoerna untuk mereka yang ingin mengetahui menyerupai apa proses dalam pengolahan tembakau menjadi produk tertentu.

Di dalam museum ini, kau sanggup melihat peralatan yang dipakai untuk proses pengolahan tanaman tembakau. Beberapa jenis pematik pun tersimpan rapi sebagai koleksi di dalam House of Sampoerna, termasuk keberadaan replika kios sanggup kau lihat pribadi di museum ini. Yang menjadikannya unik adalah, bangunan House of Sampoerna yang mengusung model bangunan Belanda yang sangat ikonik dijadikan daerah berfoto.

3. Taman Bungkul

Berbagai sarana di Taman Bungkul. (Sumber Foto: www.jalan2.com)

Sehabis berkunjung ke Monkasel dan House of Sampoerna kau sanggup beristirahat sejenak nih sambil menikmati keasrian Taman Bungkul yang cantik. Taman ini bekerjsama hanya sebuah taman kota di Surabaya. Namun belakangan ini namanya semakin populer dan ramai dikunjungi warga lokal maupun wisatawan alasannya ialah menerima predikat sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013 oleh PBB. Penghargaan ini layak didapatkan alasannya ialah sarana-sarana penunjang di taman ini sangat lengkap dan bermanfaat bagi warga Surabaya. Seperti skateboard track dan BMX track, jogging track, plaza (panggung untuk live performance banyak sekali jenis entertainment), zona kanal Wi-Fi gratis, telepon umum, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain belum dewasa sampai pujasera.

Ngomong-ngomong kau sudah cari penginapan belum untuk mengunjungi Surabaya nanti?. Kalau belum kau sanggup mencari hotel yang berlokasi strategis di sentra kota Surabaya, salah satunya Hotel Mercure Surabaya yang tak jauh dari Taman Bungkul ini. Untuk mengetahui akomodasi dan harga yang ditawarkan Hotel Mercure Surabaya ini, kau sanggup buka Traveloka. Selain sanggup booking dengan praktis, ada banyak promo yang ditawarkan untuk menginap di hotel ini.

4. Air Mancur Menari di Jembatan Kenjeran

Atraksi air mancur menari yang bagus di malam hari. (Sumber Foto: twitter.com/Rizki Abri Pradana)

Pada malam harinya, kau sanggup mengunjungi ikon tempat wisata gres di Surabaya yang lagi nge-hits nih, atraksi Air Mancur Menari (Dancing & Musical Fountain) di Jembatan Kenjeran Surabaya. Wisata ini gres saja diresmikan oleh walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini pada 9 Juli 2016. Air mancur menari ini menambah bagus jembatan Kenjeran yang menghubungkan jalur MERR & jalan Laguna Surabaya dengan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Lama.

Tidak mau kalah dengan luar negeri, air mancur menari Jembatan Kenjeran Surabaya ini akan menari meliuk-liuk berpadu serasi yang dengan lighting warna-warni yang akan berganti setiap waktu. Tarian air mancur menari ini juga diiringi dengan lagu Surabaya dan Jembatan Merah. Sayangnya penampilan air mancur menari sementara ini tidak tersedia setiap hari, hanya sekitar 1 jam saja pada hari Sabtu (Malam Minggu dengan durasi 60 menit mulai pukul 20.00 – 21.00 WIB. Kaprikornus atur waktu liburanmu sebaiknya semoga tidak terlewatkan atraksi menarik satu ini.

5. Jembatan Suramadu

Jembatan Surmadu di malam hari. (Sumber Foto: www.cakrawalatour.com)

Selesai melihat atraksi air mancur menari, tutuplah malammu dengan mengunjungi Jembatan Suramadu, abreviasi dari Surabaya-Madura. Jembatan ini melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan). Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia ketika ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bab yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

Pada malam hari jembatan ini akan berubah menjadi menjadi sangat cantik. Lampu hias warna-warni yang memantul ke perairan akan menjadikannya objek fotografi yang keren banget. Kamu juga sanggup mencoba menyebrangi jembatan Suramadu dengan mengendarai motor ataupun mobil. Jika beruntung, selama perjalanan nanti kau sanggup melihat beberapa kapal yang melintasi Selat Madura.
Itulah tadi 5 daerah wisata paling ikonik di Surabaya. Semoga kau juga sanggup menjelajahi wisata lainnya di Surabaya yang tak kalah menarik. Selamat berlibur !

News Feed