oleh

5 Daerah Wisata Gunung Kidul Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata Gunung Kidul di Provinsi Daerah spesial Yogyakarta (DIY) menyajikan begitu banyak obyek wisata alam yang begitu indah dan cantik. Semuanya sayang untuk Anda lewatkan alasannya yaitu tidak sedikit wisatawan baik lokal, domestik, maupun mancanegara yang sudah berkunjung ke Kabupaten Gunung Kidul untuk berlibur. Oleh alasannya yaitu itu, Anda jangan hingga ketinggalan untuk menikmatinya juga dalam sebuah liburan yang menyenangkan dan mengasikkan. 

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di provinsi DIY yang luas daerahnya cukup luas. Diperkirakan luas wilayah Gunung Kidul sekitar 46% dari seluruh luas wilayah provinsi di DIY. Terbantang dari pantai selatan Jawa hingga menuju ke utara. Dengan begitu, dipastikan cukup banyak obyek wisata alam yang sanggup Anda kunjungi untuk berlibur bersama anggota keluarga, teman, rekan kerja, atau orang terdekat. 

Lalu, apa saja obyek wisata Gunung Kidul yang perlu diketahui informasinya untuk segera dikunjungi? Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak goresan pena di bawah ini.

1. Pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal

Jernihnya air Pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal

Inilah salah satu pantai terindah yang berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Hamparan pasir putihnya sangat menarik hati untuk dijamah. Dijadikan kawasan bermain air, sekedar berjemur matahari, atau menikmati keindahan sunrise atau sunset. Selain pantai yang indah, kondisi lautnya juga sanggup dibilang asri tanpa banyak kotoran sampah yang menggunung. Pasalnya, wisata Gunung Kidul pantai yang banyak pengunjung biasanya menyisakan sampah-sampah yang terkesan mengotori keindahan obyek wisata yang bersangkutan. Oleh alasannya yaitu itu, perlu kesadaran bersama semoga sanggup saling membantu dan mendukung untuk menjaga lingkungan pantai. 

Peta lokasi : klik disini
Alamat Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang SawalJl. Pantai Sel. Jawa, Tepus, Wonosari Gunung Kidul Daerah spesial Yogyakarta 55881

Begitu juga di pantai Indrayanti, pihak pengelola bersama masyarakat sekitar dan para wisatawan yang berkunjung ke sana harus selalu menjaga dan merawat lingkungan alam pantai. Untuk mendukung wisata Indrayanti, pihak pegelola juga menggandeng para pengusaha lokal untuk mendirikan beberapa akomodasi penginapan, rumah makan, serta kawasan hiburan sejenis untuk para wisatawan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir harus menginap dan makan di mana ketika berlibur ke pantai Indrayanti.

Baca juga 10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Sayang Dilewatkan.

2. Air terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk

Satu lagi obyek wisata Gunung Kidul bernuansa keindahan alam yang sanggup Anda nikmati sepuasnya. Berbentuk teladas dari tebing yang berketinggian hingga sekitar 50 meter berjulukan Sri Gethuk yang berlokasi di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Airnya yang masbodoh dan menyegarkan akan menciptakan siapa saja yang terkena menjadi lebih senang. 

Bahkan, tidak sedikit wisatawan yang memberanikan diri berenang di dalam kubangan teladas tersebut alasannya yaitu kepincut kesejukan yang mengasikkan ibarat itu. Untuk mencapai teladas Sri Gethuk Anda harus melewati jalan setapak di antara pematang persawahan milik warga sekitar yang berjarak sekitar 500 meter. Setelah itu, Anda perlu menyusuri anak tangga berjumlah 96 hingga hingga ke teladas yang dimaksud. 

Namun jikalau Anda tidak begitu bersabar untuk mencapai teladas Sri Gethuk, silakan menyewa bahtera sederhana yang biasa disebut gethek untuk mengantarkan Anda lebih cepat. Anda hanya cukup membayar Rp 5 ribu per orang untuk menaikinya. Dijamin, panorama dan rasa kesejukan dari teladas Sri Gethuk akan menghilangkan semua kelelahan yang Anda rasakan ketika menuju ke tempatnya.

Baca juga 12 Referensi Hotel Murah di Jogja.

3. Goa Jomblang

Cahaya nirwana Goa Jomblang

Goa Jomblang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebuah wisata Gunung Kidul yang menyajikan fenomena keindahan di dalam goa. Perlu Anda ketahui bahwa Gunung Kidul terdapat pegunungan kapur atau karst. Dalam proses penciptaannya dari ratusan hingga ribuan tahun, maka terciptalah aneka macam goa karst secara alami. 

Bagi Anda yang berminat pada acara susur goa atau disebut caving, mungkin goa Jomblang sanggup dijadikan destinasi yang menarik. Pasalnya, di dalamnya terdapat penampakan stalagtit dan stalagmit sebagai ornamen goa yang menakjubkan.

Jika stalagtit melekat di atap goa, maka stalagmit berada di lantai goa. Hal itu menimbulkan pemandangan alam yang begitu luar biasa untuk dinikmati dan didokumentasikan. Selain itu, di dalam goa Jomblang Anda akan menemukan ‘cahaya surgawi’ yang begitu populer dari wisata Gunung Kidul hingga mancanegara. 

Lalu, apa itu cahaya surgawi? Bagi Anda yang belum pernah masuk ke goa Jomblang sanggup diinformasikan di sini bahwa pada waktu-waktu tertentu seberkas sinar matahari sanggup masuk ke dalam kegelapan goa hingga ke lantai dasarnya. Jika dilihat dari kejauhan, ibarat cahaya dari langit yang menerangi bumi. Oleh alasannya yaitu itulah, banyak orang menyebutnya cahaya surgawi.

4. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran

Wisata Gunung Kidul yang satu ini disebut Nglanggeran alasannya yaitu terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebenarnya sanggup disebut gunung kecil alasannya yaitu wujudnya memang ibarat bongkahan kerikil raksasa. Namun demikian, beberapa pihak menyatakan bahwa fenomena alam tersebut sanggup dikategorikan gunung. 

Lagipula, berdasarkan sejarahnya di kawasan tersebut memang terdapat gunung api purba yang pernah meletus di tempo dulu. Bagi Anda yang ingin menaikinya cukup membutuhkan waktu 1,5 jam untuk hingga di puncak gunung Nglanggeran bab barat dengan berjalan kaki. 

Sementara itu, Anda yang mengendarai motor sanggup menggunakan jalur di sisi gunung sebelah timur untuk menuju ke puncaknya lebih cepat. Sesampainya di puncak gunung, Anda sanggup melihat pemandangan yang menakjubkan. 

Pada pagi hari, Anda sanggup menikmati sunrise atau matahari terbit. Pada sore hari, Anda pun sanggup menikmati sunset atau matahari tenggelam. Selanjutnya di malam hari, gemerlap kota Yogyakarta sanggup Anda nikmati begitu indah. Jika menginginkannya, jangan menunggu lebih usang lagi untuk menuju ke wisata Gunung Kidul, Yogyakarta.

Baca juga 10 Destinasi Wisata Kuliner Jogja yang Unik dan Istimewa.

5. Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci via dainwatya

Satu lagi wisata Gunung Kidul yang dilarang Anda lewatkan. Masih berafiliasi dengan acara penyusuran goa atau caving. Namun, kali ini Anda akan menyusuri anutan sungai bawah tanah yang menembus goa dengan menggunakan ban dalam berukuran besar. Lokasinya di Desa Kalisuci, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebuah wisata alam yang unik, menarik, sekaligus menantang. Anda akan duduk di ban dalam yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa hingga sanggup dinaiki dengan nyaman. 

Selain itu, Anda akan menggunakan perlengkapan caving dan arung jeram yang lengkap untuk menjaga keselamatan dan mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Setiap ban dalam akan dirangkai berbanjar hingga ibarat perahu. Setiap satu kelompok terdapat satu atau dua orang guide yang siap mendampingi para wisatawan. 

Selanjutnya, selama sekitar 1 jam Anda akan masuk keluar goa untuk menyusuri anutan sungai yang hingga mengalir di perut bumi. Tentu saja bagi yang belum pernah melakukannya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup. Mungkin wisata penelusuran sungai bawah tanah ini hanya ada di Gunung Kidul. Oleh alasannya yaitu itu, segera rencanakan sebaik-baiknya ekspresi dominan liburan yang akan tiba untuk mengunjungi beberapa obyek wisata Gunung Kidul.

INFO UPDATE