oleh

5 Cara Alami Mengatasi Mulas Ketika Hamil, Gampang Banget !

Banyak ibu hamil yang mencari gosip ihwal cara alami mengatasi mulas ketika hamil. Mulas ketika hamil memang hal yang lumrah terjadi di kalangan perempuan hamil namun kalau dibiarkan saja sanggup mengganggu acara sehari-hari. Apalagi kalau perut mulas ini berlangsung terus-terusan, rasanya benar-banar tidak nyaman.

Selain perut mulas, ibu hamil juga mengalami banyak sekali macam keluhan menyerupai sakit punggung, sulit tidur, sering berkeringat, mual muntah, tubuh lelah dan lain-lain.

Keluhan kehamilan yang tiba silih berganti kadang menciptakan hati ibu hamil was-was akan terjadinya hal yang tak diinginkan. Apabila Anda termasuk ibu hamil yang mengeluhkan perut mulas, silakan simak klarifikasi di bawah ini.

(foto : pixabay.com)

Cara Mengatasi Mulas Saat Hamil

Perut mulas yang dialami oleh ibu hamil memang sangat mengganggu aktivitas. Jika tidak segera diatasi, acara sanggup terbengkelai gara-gara menahan rasa sakit di bab perut.

Beberapa ibu hamil menentukan untuk mengkonsumsi obat mulas biar keluhan ini segera hilang. Sebenarnya tak duduk kasus kalau memang Anda ingin mengkonsumsi obat mulas, namun harus menurut resep dokter. Nah, kalau Anda ingin mengatasi perut mulas tanpa obat, silakan lakukan beberapa tips cara alami mengatasi perut mulas ketika hamil di bahwa ini.

1. Makan sedikit tapi sering

Sebagaimana dilansir health.detik.com (25/03/2014) Rachel Brandeis, hebat diet bidang gizi prenatal menuturkan bahwa makan dalam porsi berlebihan justru sanggup menciptakan perut jadi mulas alasannya yaitu di ketika sedang hamil perut mengalami sedikit pelebaran.

Dengan menerapkan ola makan normal, sedikit tapi sering maka mulas tidak hanya tercegah dalam jangka pendek tapi ibu hamil sanggup terhindar dari tekanan perut yang lebih besar.

Rachel Brandeis menyarankan, daripada makan dalam porsi besar sebanyak tiga kali dalam sehari, lebih baik makan sehari enam kali dalam porsi kecil. Hal itu akan lebih baik untuk mencegah dan meringankan keluhan perut mulas ketika hamil.

2. Stop masakan pemicu mulas

Memang tidak ada patokan ihwal masakan apa saja yang sanggup menyebabkan perut mulas ketika hamil, namun sebaiknya hindari segala macam masakan yang diduga sanggup menyebabkan perut mulas, yaitu masakan kecut menyerupai tomat, jeruk, masakan pedas, masakan berminyak, kopi, cokelat, minuman beralkohol dan minuman bersoda.

Selain menghindari masakan pemicu perut mulas, Anda perlu menghindari segala jenis makanan pantangan ibu hamil dan beralih untuk mengkonsumsi masakan yang baik untuk ibu hamil.

3. Utamakan cairan

Bukan berarti ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi masakan padat, namun Anda harus mengunyah masakan padat sampai benar-benar lembut biar sanggup dicerna oleh usus dengan sempurna. Smoothies, yoghurt dan puding yaitu jenis masakan cair yang lebih gampang untuk dicerna sehingga sanggup mencegah mulas ketika hamil. Jangan lupa pula konsumsi masakan yang banyak mengandung protein contohnya susu ibu hamil. (silakan baca : susu ibu hamil yang bagus)

4. Tidur yang baik

Cara tidur yang kurang baik juga sanggup menyebabkan perut mulas. Untuk itu, pastikan tidur dengan cara yang tepat yaitu tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada daerah tidur. Dengan posisi menyerupai ini, asam lambung ibu hamil tidak naik ke kerongkongan. Selain itu, untuk menghindari perut mulas mendadak di malam hari, sebaiknya Anda tidak mengasup masakan tiga jam sebelum tidur.

5. Atur aksesori kalsium dengan tepat

Mengkonsumsi aksesori kalsium selama hamil memang tidak dihentikan dengan syarat sesuai dengan resep dokter. Namun demikian, aksesori kalsium tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan vitamin prenantal. Kenapa demikian ? alasannya yaitu terlalu banyak asupan kalsium malah sanggup memblokir peresapan zat besi sehingga ibu hamil sanggup mengalami anemia.

Apabila sudah menerapkan cara tersebut di atas tapi perut masih sering mulas, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter terdekat. Dengan demikian, dokter akan segera melaksanakan perawatan dengan tepat kalau memang diperlukan.

Itulah 5 tips cara alami untuk mengatasi mulas ketika hamil. Terapkan teladan hidup sehat biar kehamilan sanggup berjalan dengan baik tanpa banyak duduk kasus kehamilan serius. Semoga bermanfaat, salam

INFO UPDATE