oleh

4 Tipe Istri Berdasarkan Tingkat Kesabarannya, Anda Yang Nomor Berapa?

4 Tipe Istri Menurut Tingkat Kesabarannya, Anda Yang Nomor Berapa? ( ilustrasi by. www.langitallah.com )

4 Tipe Istri Menurut Tingkat Kesabarannya, Anda Yang Nomor Berapa?

Assalamu ‘alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh

LangitALlah.com Setiap suami kalau bertemu dengan sahabatnya dan saling bercerita perihal tipe istri mereka, tentu saja sebahagian besar yang diungkapkan yaitu bahwa istri mereka mempunyai tipe yang terbaik, “istri saya tuh orangnya selain ia sabar-an banget, berilmu ngurus rumah tangga, belum dewasa suka diajak bercanda, mahir masak, gak praktis marah, penyayang banget, berilmu pula nyenengin suami, wah pokoknya TOP BGT deh istri saya tuh. Eh… Istri kau gimana?”.

Kata-kata itulah yang selalu terlontar dari verbal para suami saat sedang bertukar kisah perihal pengalaman rumah tangga kepada sobat mereka. Meski agak terkesan sedikit berbohong, para suami tentunya melaksanakan ini demi menjaga keutuhan rumah tangganya juga, disamping untuk menutup rapat malu –jika ada- keluarganya. Dan memang begitulah kewajiban seorang suami, dalam melindungi keluarganya dari kemungkinan jelek kisah ‘gosip’ orang yang belum tentu baik untuk keluarganya.

Namun pada kehidupan yang sebenarnya, sebuah rumah tangga tentunya tak selalu berada dalam keadaan senang dan bahagia. Terkadang sebuah rumah tangga membutuhkan beberapa riak duduk kasus sebagai proses pematangan berpikir masing – masing pasangan suami dan istri. Dalam kondisi dilanda duduk kasus tentu saja salah satu pihak harus mempunyai tingkat kesabaran yang mumpuni biar duduk kasus yang tiba tak hingga menjadi tragedi besar yang akan menggoncang rumah tangganya.

Tingkat kesabaran seseorang tentunya berbeda – beda, meski semua suami mengharapkan mempunyai istri yang penyabar. Namun kenyataannya, banyak istri yang gagal mengendalikan emosinya. Berikut ini ada 4 Tipe Istri Menurut Tingkat Kesabarannya. Silakan dibaca, kemudian tentukan di posisi keberapakah anda berada. 

1. Tipe Istri Yang Tidak Praktis Marah Tapi Praktis Memaafkan

Tipe istri yang pertama ini benar-benar tipe istri yang selalu didambakan oleh setiap suami. Dialah tipe istri terbaik yang tidak praktis murka terhadap suaminya. Meski suaminya telah berlaku berangasan dan kurang adil terhadapnya, istri ibarat ini biasanya tetap bersikap biasa dan tenang, sabar dan tidak praktis marah. Tipe istri semacam ini biasanya yaitu seorang yang penyayang dan sabar, berilmu mengatur dan merawat rumah tangga, berilmu juga dalam mendidik anak – anaknya, faham apa yang diharapkan suami dan anak – anaknya dan juga tidak senang bergosip dengan tetangga rumahnya.

Istri ibarat ini biasanya merupakan perempuan yang mempunyai tingkat pendidikan yang cukup dan pemahaman agama yang baik. Ketika suaminya murka terhadapnya, ia telah benar – benar faham bahwa suaminya bukanlah insan yang mesti selalu baik, ia juga menyadari akan kelelahan suaminya sesudah seharian bekerja yang mungkin membutuhkan perhatiannya sebagai seorang istri.

Begitu juga terhadap anak – anaknya. Istri tipe pertama ini bisa mendidik dan mengajarkan moral – moral mulia bagi anaknya. Sebab ia menyadari bahwa pendidikan pertama anak itu yaitu dari keluarganya sendiri, dari ibunya. Sehingga ia harus senantiasa menunjukkan teladan terbaik sebagai bekal moral yang mulia bagi anak – anaknya dalam mengarungi kehidupannya nanti.

Namun, bukan berarti istri ibarat ini tidak sanggup marah. Dalam keadaan tertentu yang tak bisa ia bendung lahi, ia bisa saja murka terhadap suami ataupun anak – anaknya. Namun istri tipe ini tak akan menyimpan amarahnya dalam jangka waktu yang lama. Ia faham murka tak akan menciptakan keadaan jadi lebih baik, ia segera akan memaafkan suami atau anaknya.

Jika anda yaitu tipe istri ibarat ini, maka berbahagialah anda dan suami anda. Sesulit apapun keadaan, yakinlah anda yaitu seorang istri yang besar lengan berkuasa dan sanggup menghadapinya.

2. Tipe Istri Yang Tidak Praktis Marah tapi juga Tidak Praktis Memaafkan

Tipe istri yang kedua adalah, istri yang tidak praktis murka tetapi juga tidak praktis memaafkan. Biasanya orangnya cukup supel dan praktis bergaul, ia tidak akan praktis merasa tersinggung terhadap ucapan orang lain apalagi suaminya sendiri. Namun jangan kelewatan bercanda dengan istri tipe ini, sekali tersinggung ia tidak akan dengan praktis memaafkan orang lain, meski mungkin dengan suaminya sendiri.

Tapi jangan khawatir, biasanya istri ibarat ini hanya akan murka kalau merasa hatinya terluka. Makanya sebagai suami yang baik, berilmu – pandailah menjiwai istri tipe ini. Fahami bagaimana sikap sang istri saat mendapatkan perkataan tertentu dari suaminya. Buatlah suasana hatinya selalu dalam kondisi yang erat untuk diajak bersenda gurau.

Ingat, banyak rumah tangga yang telah ‘bubar’ akbiat pertengkaran suami dengan istri tipe ibarat ini. Di luar terlihat baik – baik saja, hidup tenang, keluarga terlihat bahagia, namun sekali terjadi pertengkaran maka ia sangat sulit terlepas dari keadaan marahnya yang tak terkendali.

Jika anda yaitu tipe sitri ibarat ini, sebaiknya anda mulai berlatih mengolah hati dan emosi anda. Belajarlah untuk sabar dan tulus terhadap sesuatu biar anda praktis memaafkan orang lain, utamanya suami anda sendiri. 

3. Tipe Istri Yang Praktis Marah dan juga Praktis Memaafkan

Selanjutnya, ada tipe istri yang praktis murka namun ia juga praktis untuk memaafkan suaminya. Tipe ini unik, kadang – kadang bagi orang yang belum mengenal sifatnya ini akan merasa ia yaitu tipe istri pemarah meski hanya terhadap perihal yang sepele sekalipun.

Ya, dengan sedikit stimulus atau pemicu saja, istri tipe ini sudah merasa tidak aman kemudian murka – murka tanpa arah dan tujuan yang jelas. Lantai kotor sedikit, ia marah. Anak lupa mandi ia pun marah, suami telat bangkit pagi ia marah-marah lagi, lauk cepat habis eh ia marh lagi. Meski sebetulnya hal-hal tersebut tidak harus disikapi dengan marah-marah. Namun baiknya, biasanya sesudah ia melampiaskan amarahnya, ia pun eksklusif mereda dan memaafkan suami dan anak-anaknya.

Jika anda berada dalam kategori istri tipe yang ke tiga ini, maka sebaiknya anda menjelaskan pada suami anda perihal sikap anda yang demikian biar suami anda tidak praktis membalas murka anda dengan emosi. Lalu belajarlah untuk mengajak suami dan anak anda mencari solusi yang baik terhadap hal-hal apa saja yang biasanya menciptakan amarah anda muncul begitu saja. Jangan lupa untuk senantiasa beristighfar memohon ampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan memberkan anda kelembutan hati biar tidak praktis murka lagi.

4. Tipe Istri yang Praktis Marah Tapi Tidak Praktis Memaafkan

Anda perlu berhati – hati dengan tipe istri yang terakhir ini. Istri kategori ke empat ini sangat praktis murka namun sangat sulit untuk memaafkan. Hampir sama dengan istri tipe yang ketiga di atas, namun istri macam ini sangat sulit sekali memaafkan. Bagi suami yang mempunyai istri ibarat ini, sebaiknya jangan eksklusif dibalas dengan emosi dan saling marah-marah yang alhasil berakibat fatal terhadap keutuhan rumah tangganya. Sebab tak jarang suami yang mempunyai istri tipe ibarat ini merasa jenuh dan tidak betah lagi tinggal di rumahnya sendiri. Suami harus berusaha mencari tahu keadaan masa lalau istrinya, lantaran biasanya keadaan istri yang ibarat itu akhir sebuah trauma yang masih membekas dalam hatinya. Maka di sinilah tugas suami untuk berusaha dengan sekuat tenaga sabar mempertahankan keutuhan rumah tangganya.

Jika anda merasa masuk ke dalam kategori yang terakhir ini, maka sebaiknya anda segera memohon ampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala, lantaran Ridha Allah bergantung pada Ridha suami anda. Berhati – hatilah dalam menanggapi hal-hal yang tidak anda sukai. Mintalah bimbingan dari seorang ustadzah dan tak mengapa sesekali anda dan suami berkunjung ke spesialis psikolog dan mintalah bantuannya untuk bagaimana anda bisa mengolah emosi anda. Mintalah suami anda juga ikut membimbing anda dengan nasehat – nasehat agama yang baik bagi seorang istri. Wallahu a’lam bishshawab.

Sahabat LangitAllah.com, demikianlah artikel “4 Tipe Istri Menurut Tingkat Kesabarannya, Anda Yang Nomor Berapa?”. Kami berharap semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian. Dan demi kelangsungan ibadah dakwah, tentunya kami sangat berharap tugas kita semua biar jangan hanya kita saja yang memahami ilmu dan fatwa Islam ini. Mari kita bagikan dan teruskan ilmu ini kepada sobat seiman kita yang mungkin saja masih banyak yang belum memahami ilmu ini. Semoga dengan perjuangan kecil dan ringan ini sanggup menjadi sumber pahala Jariyah bagi kita semua.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman di dalam Al Qur’an pada Surah Al Ashr :

“Demi Masa (1); Sesungguhnya Manusia itu benar-benar dalam kerugian, (2); kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran (3)”.  [QS. Al Ashr : 1-3].

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala membalasnya dengan pahala Jariyah serta kita tidak tergolong ke dalam golongan insan yang merugi, sebagaimana kandungan surah Al Ashr di atas. Wallahu A’lam Bishshawab. [Tim Redaksi LangitAllah.com]

Sumber : aneka macam sumber

Label : Muhasabah, Tauziyah, Keluarga, Suami, Istri, 4 Tipe Istri Menurut Tingkat Kesabarannya

News Feed