oleh

4 Langkah Troubleshooting Komputer Yang Mati

Ketika akan menyalakan komputer , namun komputer anda tidak sanggup menyala alias mati atau tidak ada respon sama sekali dan mungkin juga lampu komputer yang biasanya menyala, kini tidak.

 

Kondisi menyerupai itu tentu menciptakan kita kaget atau takut (kalau minjam komputer orang he.he) dan bahkan mengesalkan. Tetap damai dan lakukan analisa dan langkah – langkah menyerupai dibawah ini untuk mengetahui penyebabnya :

  1. Periksa terlebih dahulu kabel power di komputer, apa sudah terpasang dengan    baik (tidak  longgar).  Periksa semua kabel yang menghubungkan komputer, monitor, UPS atau stabilizer, apakah sudah   terpasang dengan baik. sanggup jadi hanya UPS dan stabilizer anda yg rusak,  coba nyalakan   komputer tanpa menggunakan UPS/stabilizer, lihat apakah komputer anda menyala.
  2. Apakah anda pernah melaksanakan perubahan pada perangkat komputer anda sebelumnya,  coba  dingat – ingat terlebuh dahulu.seperti memindahkan komputer, atau mengutak atik belahan dalam komputer, atau mengubah    setting BIOS, atau juga merupah voltage power supply kalo iya coba kembalikan menyerupai semula.
  3. Kalau pernah merubah setting BIOS dan anda tidak sanggup mengubahnya kembali karenakomputer tidak ada respon maka anda perlu me-reset BIOS secara manual.Baca manual mainboard komputer anda pada belahan me-reset BIOS, lakukan dengan benar.
  4. Dengarkan apakah komputer anda mengeluarkan suara  beep panjang atau berulang-ulang?  untuk  mengenali arti bunyi beep tersebut Klik disini

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan , tetapi komputer tetap tidak menyala, kemungkinan ada kerusakan pada komputer, umunya kerusakan terjadi pada :

  • Kerusakan biasanya pada Power supply, bila lampu poer komputer tidak menyala
  • Kerusakan pada VGA Card, Mainboard & memori, bila komputer menyala tetapi layar monitor  gelap. Kerusakan terntentu pada hardidsk juga sanggup menyebakan hal yang demikian.
  • Kerusakan pada layar monitor (LCD), bila komputer menyala da ada bunyi beep 1 x dan lampu  hardisk menyala, dan semua kipas berjalan.

Bila anda sudah mengetahui dengan niscaya maka segeralah dilakukan perbaikan sendiri atau segera menghubungi sobat anda yang sanggup atau juga teknisi dan menjelaskan kerusakannya dengan tepat, sehingga biaya sanggup diukur dan  sanggup lebih menghemat.

INFO UPDATE