oleh

2028, Stasiun Luar Angkasa Gres Bakal Mengitari Mars

Konsep stasiun luar angkasa yang akan mengitari Planet Merah. Kredit: Lockheed Martin

 – Pada tahun 2028 mendatang, sebuah stasiun luar angkasa gres akan diluncurkan untuk mengitari planet Mars. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk ekspedisi insan ke permukaan Mars. Nantinya, para astronot di stasiun luar angkasa gres tersebut bakal meneliti Mars dari orbitnya.

Misi ini diprakarsai oleh Lockheed Martin, perusahaan produsen pesawat. Stasiun luar angkasa gres buatan Lockheed Martin yang dinamai sebagai Mars Base Camp diklaim nantinya bisa menampung enam orang astronot. Mars Base Camp dirancang untuk bisa memperkuat pengumpulan gambaran dan data ilmiah dari beberapa situs permukaan Mars selama setahun penuh.

Stasiun luar angkasa Mars Base Camp ini nantinya bisa membantu mengidentifikasi di mana lokasi pendaratan terbaik bagi insan untuk mulai mengeksplorasi permukaan Mars. Para astronot di Mars Base Camp nantinya juga bisa memakai virtual reality, teknologi immersive, dan kecerdasan buatan untuk mendorong penelitian di orbit Mars secara real-time.

Para astronot di Mars Base Camp nantinya juga bisa berinteraksi secara virtual dengan robot penjelajah yang berada di permukaan Mars memakai teknologi yang dikembangkan oleh Lockheed Martin bersama Collaborative Human Immersive Laboratory.

Instrumen teknologi tinggi lainnya yang nanti bisa membantu eksplorasi permukaan Mars dari orbitnya juga termasuk robot kecil yang membawa sensor untuk diterjunkan ke permukaan Mars. Robot kecil tersebut akan bertugas mengumpulkan sampel tanah Mars.

Misi Lockheed Martin ini juga bekerja sama dengan NASA. Lembaga antariksa Amerika Serikat itu akan membangun sebuah kapsul antariksa berjulukan Orion.

Nantinya, akan ada dua kapsul antariksa Orion yang terintegrasi dengan Mars Base Camp. Para astronot tidak akan mendarat di Planet Merah alasannya kapsul antariksa Orion tidak dirancang untuk lepas landas lagi sesudah telah mendarat. Atmosfer Mars juga terlalu tipis untuk pendaratan kapsul antariksa Orion.

Tapi walaupun para astronot tidak akan mendarat, Mars Base Camp akan menjadi langkah besar bagi misi insan dalam menjelahi alam semesta.


Sumber: Lockheed Martin, Popular Science.

INFO UPDATE