2020, Nasa Siap Daratkan Robot Lagi Ke Planet Mars

Misi dan Riset446 Dilihat
 NASA Siap Daratkan Robot Lagi ke Planet Mars 2020, NASA Siap Daratkan Robot Lagi ke Planet Mars
Desain robot yang akan didaratkan di Planet Mars pada 2021. Kredit: NASA

 – Setelah sukses mendaratkan robot penjelajah Curiosity pada 6 Agustus 2012, NASA nampaknya belum puas. Mereka sedang menyiapkan robot penjelajah yang baru.

Wahana antariksa milik NASA yang direncanakan mendarat di Mars pada tahun 2021 akan berupaya untuk menciptakan oksigen di permukaan planet merah tersebut. Seperti apa?

Wahana antariksa berupa robot penjelajah berjulukan Mars 2020 itu akan membawa tujuh proyek yang diarahkan untuk merintis jalan bagi misi berawak ke Mars dengan mencari banyak sekali bukti kehidupan dan menyimpan sampel yang kelak dibawa kembali ke sana.

Salah satu proyek yaitu peralatan yang bisa mengubah CO2, yang banyak di udara Mars yang tipis menjadi O2.

Hal tersebut akan bisa mendukung kehidupan insan atau menciptakan materi bakar untuk roket yang akan membawa pulang awak ruang angkasa.

Dengan bobot sekitar satu ton dan biaya US$2 miliar, robot penjelajah itu akan mengikuti desain robot penjelajah Curiosity.

Kemampuan memproduksi oksigen akan membantu ambisi untuk misi berawak ulang alik ke Mars alasannya membawa materi bakar amat berat serta membutuhkan biaya yang mahal pula.

Wahana antariksa NASA lainnya sudah bisa memproduksi O2 dari CO2 namun peralatan baru, MOXIE, untuk pertama kalinya akan menguji kemampuannya di atmosfir Mars.