oleh

12 Daftar Daerah Wisata Di Jawa Tengah Dan Sekitarnya Yang Populer

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer – Jawa Tengah yaitu provinsi yang diapit oleh provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur. Bila dilihat secara geografis, provinsi ini memang terletak di wilayah yang sangat strategis. Ini pulalah yang menjadi alasan mengapa provinsi Jawa Tengah mempunyai pembangunan infrastruktur yang terhitung sangat baik. Dimana jalan raya serta jalan penghubung antar desanya yang sangat mulus dan memungkinkan perjalanan selalu lancar. Tak salah bila kesudahannya tempat wisata di Jawa Tengah pun selalu ramai ketika masa liburan telah tiba.

Jika dilihat lebih seksama, provinsi Jawa Tengah sendiri terbilang sangatlah kental dari sisi kebudayaan. Masyarakatnya terbilang masih mempertahankan kehidupan tradisional yang selama ini dianut secara turun temurun. Hal ini diperkuat dengan kehadiran 2 keraton, yaitu Keraton Solo dan Keraton Jogja yang berpengaruh dengan budpekerti istiadatnya. Ada begitu banyak upacara atau ritual rutin yang kerap dihelat untuk menghormati para leluhur atau nenek moyang mereka.

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah

Agar Anda tidak lebih ingin tau lagi dengan provinsi dibawah naungan Ganjar Pranowo ini, mari kita tilik beberapa tempat wisata menjanjikan disini.

1. Candi Borobudur


Siapa yang tidak pernah mendengar tempat wisata yang satu ini? Hampir seluruh masyarakat Indonesia familiar dengan peninggalan sejarah dari masa kejayaan Syailendra tersebut. Candi yang menjadi salah satu warisan budaya atau World Heritage oleh UNESCO ini terletak di kota Magelang. Magelang sebagai tempat wisata di Jawa Tengah sanggup Anda jalan masuk melalui Yogyakarta ataupun Solo. Dengan jarak tempuh sekitar 1 – 2 jam, Anda sanggup menyaksikan salah satu bangunan yang sempat masuk dalam 7 keajaiban dunia tersebut.

2. Lawang Sewu


Sedikit melipir dari Magelang, kita sekarang ke tempat Semarang. Semarang yang populer sebagai kota lumpia ini ternyata punya pula tempat wisata malam yang sangat seru. Lawang Sewu atau “pintu seribu” yaitu salah satu bangunan bau tanah yang dibangun ketika masa pemerintahan Belanda di Indonesia. Dahulunya, bangunan ini dijadikan sebagai kantor sentra kereta api yang menjalankan banyak sekali tugasnya. Seiring perjalanan waktu, ada beberapa orang Indonesia yang sempat pula mencicipi siksaan dan penjara bawah tanah di bangunan tersebut. Inilah yang menjadi alasan mengapa Lawang Sewu sangat diminati oleh wisatawan di malam hari.

3. Pantai Kartini


Bagi Anda yang hobi traveling, tentu akan sangat familiar dengan pantai Kartini. Pantai yang menjadi jalan masuk utama menuju Karimun Jawa ini memang tak menyajikan pemandangan menakjubkan. Hanya saja Anda sanggup menikmati tempat wisata di Jawa Tengah berupa pulau kecil yang berada di sekitarnya dari sini. Anda sanggup menyewa sebuah bahtera untuk sekedar menyaksikan pemandangan pantai dari lautan yang berombak kecil tersebut.

4. Grojogan Sewu

Gojogan Sewu via dataran tinggi Dieng. Spot wisata yang satu ini memang dikenal dengan cuacanya yang sangat sejuk dan pemandangan sunrise atau matahari terbitnya. Benar, dari puncak Sikunir yang berada di Dieng, Anda sanggup berburu matahari terbit yang tak kalah mengagumkan dari Bromo. Disini adapula kawah yang masih aktif serta candi yang terletak di atas dataran berketinggian 2000 mdpl.

12. Kota Lama Semarang


Little Netherland, itulah sebutan yang acapkali disematkan oleh wisatawan pada tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini. Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan bangunan bau tanah yang masih berasitektur Belanda. Gambaran kota kecil layaknya kota bau tanah di Jakarta ini memang akan membangkitkan nostalgia siapapun. Empat pilar kokoh yang melingkupi bangunan ini pun semakin mempertegas kesan antik pada bangunan tersebut.

INFO UPDATE