oleh

11 Jenis Bentuk Bodi Mobil, Ini Ia Detilnya

Bodi kendaraan beroda empat merupakan bab kendaraan berfungsi membawa barang atau penumpang, terbuat dari komponen yang ringan dan kuat alasannya untuk melindungi penumpang didalamnya, selain itu  didesain kondusif dan  menunjukkan kenyamanan.

Desain bodi juga sangat besar lengan berkuasa dan faktor minat dan ketertarikan tersendiri bagi para calon pembeli, serat daya saing antar produsen  sehingga kala sekarang banyak jenis – jenis body kendaraan beroda empat yang ditawarkan oleh makin variatif mengikuti tren zaman.

Berikut ialah jenis-jenis bodi kendaraan beroda empat yang sudah ada di Indonesia.

  1. Sedan
  2. Coupe
  3. Lift Back ( Hatch Back)
  4. Convertible
  5. Pick Up
  6. Van dan Wagon
  7. SUV (Sport Utility Vehicle)
  8. MPV (Multi Purpose Vehicle)
  9. Roadster, 
  10. Cabrio
  11. Convertible
  12. Shooting Brake
     

1. Sedan

Ciri Utama dari jenis Mobil ini mempunyai tiga pilar utama, A-B-C. Tidak hanya itu, lokasi mesin, ruang kabin dan bagasi yang terpisah juga syarat sebuah sedan.  Umumnya sedan mempunyai kapasitas 5 orang dengan 4 pintu penumpang. Makara jenis Sedan cocok diharapkan bagi pengguna kendaraan beroda empat dengan mobilitas tinggi sehari-hari dan tidak membutuhkan daya angkut penumpang terlalu banyak.

2. Coupe
 
Jenis kendaraan beroda empat ini berpintu dua, sepintas menyerupai dengan sedan, model bodi untuk  mengakomodir minat masyarakat yang tak membutuhkan banyak ruang penumpang, dan atau sehari-hari hanya memakai kendaraan beroda empat berdua atau bahkan sendirian.


Di beberapa model coupe ini juga menyediakan ruang kabin yang berfungsi untuk mengangkut hingga 5 penumpang. model lainnya juga seiring perkembangannya, Coupe pun ada yang digunakan oleh kendaraan beroda empat berpintu 4.

3. Hatchback / Lift Back


Masih berbasis sedan, menyerupai sedang pada umumnya hatchback mempunyai daya angkut 5 penumpang, namun berbeda dengan Estate yang buntutnya dibesarkan menjadi kabin, hatchback justru memangkas bab bagasi sehingga ruang bagasi yang ditawarkan model ini niscaya tak seluas sedan.

4. Convertible

Jenis ini mempunyai ciri khas bab atapnya sanggup dilipat, sehingga  kendaraan beroda empat jenis ini sanggup diubah ubah pada bab atasnya, ingin digunakan dalam keadaan atap tertutup atau atap terbuka  dan jenis ini  masih dibagi lagi kedalam dua jenis, yakni hard convertible dan soft top convertible.

5. Pick Up.


Mobil jenis bodi ini lebih mengedepankan daya angkut barang yang tinggi, dengan kolam terbuka di bab belakang, daya angkutpun menjadi lebih luas, varian Pickup yang lain ada penmbahan kabin seperti  Single Cabin, Double Cabin ataupun Extra Cabin yang bahkan dilengkapi pencetus 4 roda untuk mengakomodir kebutuhan.

6. Van dan Wagon


Jenis ini merupakan kendaraan beroda empat yang menyebarkan basis dengan sedan hanya bedanya  hanya pada keberadaan pilar D yang menciptakan model wagon mempunyai ruang tak terpisah dengan bagasi. Namun lantaran pilar D tersebut, atap kendaraan beroda empat pun bisa dibentuk lebih panjang dan beling di baris ketiga pun bisa disematkan sehingga bentuk kendaraan beroda empat secara keseluruhan tampil berbeda. Fleksibilitas dan kemudahan ruang pun meningkat. Bahkan beberapa model menyajikan dingklik yang juga bisa dilipat di bab belakang kabin.

7. SUV (Sport Utility Vehicle)

Memiliki ketangguhan sendiri, dalam penggunaanya mempunyai daya jelajahnya yang lebih mumpuni berkat ground clearance ataupun denah pencetus 4×4, dan ini termasuk turunan  kendaraan beroda empat mobil Jeep yang dikenal dulu. SUV dahulu dikenal sebagai kendaraan yang bertubuh besar dan tampilan yang sangar. Namun, seiring perkembangannya, SUV pun sekarang tampil lebih humanis, dan mempunyai bermacam-macam dimensi, Big SUV, Medium SUV, Compact SUV, Mini SUV hingga Crossover.

8. MPV (Multi Purpose Vehicle)

Dari segi peruntukkan, MPV memang mempunyai keunggulan dalam fleksibilitas penggunaan. Ruang yang lapang, alih fungsi kabin yang mudah, ialah kemampuan yang ditawarkan kendaraan beroda empat jenis ini. MPV pun sejatinya mempunyai kapasitas angkut 6-7 penumpang. Tergantung jenisnya, bahkan bisa lebih besar lagi.

9. Roadster

Jenis Roadster ini biasanya  dikenal dengan kendaraan beroda empat yang mempunyai 2 dingklik tanpa atap yang permanen

10. Cabrio  

Jenis termasuk semi-convertible merupakan kendaraan beroda empat yang mempunyai atap yang terbuat dari materi tekstil dan sanggup dilipat, Varian lainnya memakai beling pada bab belakang.

11. Shooting Brake

Shooting Brake disebut – sebut sebagai masterpiece  dalam industri otomotif, sehingga menjadi wangsit sejumlah produsen untuk varian kendaraannya. Sebagai gambaran, Shooting Brake merupakan salah satu jenis kendaraan beroda empat dengan bentuk satu pintu di setiap sisi, dan mengotak sedikit di bab belakang. Bagian belakang kendaraan beroda empat ini biasanya mempunyai satu atau dua bukaan pintu bagasi.
Pada awalnya, jenis kendaraan beroda empat ini ialah kendaraan glamor yang dimodifikasi untuk digunakan pemain olahraga yang membutuhkan kanal gampang menyerupai yang ditawarkan tipikal kendaraan beroda empat biasa. Adapun Top Gear menggambarkan Shooting brake sebagai “persilangan antara kendaraan beroda empat estate dan kendaraan beroda empat coupe. Hampir semua kendaraan beroda empat model Shooting Brake sebagian besar tiba dalam bentuk hatchback.

INFO UPDATE