oleh

11 Daerah Wisata Di Kebumen Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat wisata di Kabupaten Kebumen tidak kalah populernya dengan destinasi wisata yang lain. Urusan pariwisata Jawa Tengah belum begitu terkenal dengan provinsi tetangga yaitu Daerah spesial Yogyakarta. Padahal kalau digali lebih banyak Jawa Tengah menyimpan banyak potensi wisata yang layak untuk dikembangkan.

Jika tampaknya sudah aneka macam artikel yang mengupas destinasi wisata di Jawa Tengah yang lain menyerupai Semarang, Purbalingga dan Solo, kali ini akan dibahas dengan sedetail mungkin mengenai destinasi wisata yang ada di kota ngapak Kebumen. Lalu apa saja sih destinasi wisata yang ada di kota Kebumen ? yuk kita simak sama – sama.

1. Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti terletak di perbatasan pesisir pantai selatan yang menimbulkan Kebumen mempunyai beberapa pantai dengan panorama yang indah. Pantai di Kebumen yang sangat indah ialah pantai Menganti yang berada di desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Perjalanan akan ditempuh sekitar 1,5 jam dari sentra kota Kebumen. Pantai ini belum begitu terkenal menyerupai Pantai Ayah atau Pantai Karang Bolong alasannya ialah susukan yang ada menuju ke destinasi tersebut cukup sulit.

Toh walaupun aksesnya sulit, pemandangan pantai ini tidak akan Anda temukan di pantai – pantai yang lain. Pantai yang epik tersebut dikelilingi dengan bukit dan tebing berwarna hijau, pantai pasir putih tersebut terlihat menyerupai tempat yang berada di Selandia Baru dengan iklim tropis. Selain menikmati pantai yang indah dan belum dikunjungi banyak orang, Anda sekaligus akan disuguhkan dengan hasil tangkapan nelayan berupa masakan maritim yang menyehatkan masyarakat sekitar.

2. Pantai Karang Agung Kebumen Jawa Tengah

Pantai Karang Agung Kebumen Jawa Tengah, lintaskebumen.wordpress.com

Ketika bertandang ke pantai Karang Agung Anda akan diingatkan dengan pemandangan yang ada di Tanah Lot Pulau Dewata. Lalu bagaimana bisa begitu ? batuan karang yang menjulang, menunjukkan lanskap yang luar biasa, ombak pun kian bersusulan dengan gagahnya. Pantai yang dilindungi masyarakat setempat ini terletak di tempat yang tersembunyi di balik gugusan bukit karst Gombong selatan. Agar hingga sana dengan kondusif Anda perlu melintasi jalan setapak selama kurang lebih 30 menit dari desa Argopeni Kecamatan Ayah.

3. Pantai Pecaron Kebumen

Pantai Pecaron Kebumen

Tempat wisata di Kebumen yang satu ini lokasinya masih berada di daerah pantai Ayah, menjadi sebuah pantai tersembunyi yang wajib Anda sambangi yakni pantai Pecaron yang lokasinya berada di sebelah timur pantai Menganti. Untuk bisa hingga disini, Anda harus jalan melalui bukit terjal. Akses yang harus dituju ke pantai ini masih kurang layak lantaran gres saja dibuka, namun selepas itu Anda akan disuguhi dengan pantai menawan namun tetap senyap sunyi, wisatawan yang tiba hanya disuguhi deuran ombak yang bisa terpecah dalam keheningan.

4. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong, qqonietalatief.blogspot.co.id

Di kota kebumen masih ada satu pantai lagi yang tak kalah menarik letaknya berada di desa Karangbolong, kecamatan Buayan namanya ialah pantai Karangbolong. Pantai tersebut  cukup dikenal maka tidak heran kalau banyak wisatawan yang bertandang kesana. Menariknya lagi pantai ini mempunyai sebuah gua yang menjadi tempat walet untuk menciptakan sarang. Sarang walet menjadi penyumbang pendapatan terbesar di Kabupaten Kebumen, itulah alasan kenapa kabupaten ini menimbulkan walet sebagai simbolnya. Dikarenakan medan yang sulit dan membahayakan, wisatawan biasa tidak bisa seenaknya saja memasuki goa walet ini. Sebab penduduk setempat yang akan memanen walet juga mengadakan tradisi ngunduh sarang walet guna diberi keselamatan selama hidupnya. Namun kalau Anda ingin melihat pribadi proses tradisi tersebut Anda juga bisa melihat goa walet tiruan yang akan menambah pengetahuan.

5. Gua Barat

Gua Barat, diasporaiqbal.blogspot.com

Kawasan karst Gombong selatan menyimpan kecantikan yang melebihi pantai – pantai yang yang sudah kami sebutkan tadi. Coba saja telusuri goa di perut bumi dengan banyaknya keagungan ciptaan – NYA oleh warga setempat, Anda akan dipandu oleh tour guide guna melihat cantiknya stalagtit dan stalagmit dalam goa. Gemuruh bunyi penderasan akan menjadi musik latar, selama kurnag lebih tiga jam menelusuri gua tersebut Anda akan menemukan keindahan penderasan yang seringkali disebut dengan superman’s big sister. Goa barat yang letaknya tidak jauh dari Goa Jatijajar itu letaknya berada di desa Jatijajar, kecamatan Ayah, kebumen. Anda sebagai wisatawan akan ditemani pemandu beserta alat caving lengkap dengan biaya Rp 180.000 per rombongannya.

Baca juga 8 Tempat Wisata di Purwokerto yang Paling Sering Dikunjungi.

6. Curug Silancur dengan bebatuan purba

Curug Silancur, lintaskebumen.wordpress.com

Tenangnya suasana dusun Pujegan, desa Wadasmalang, Karangsambung tak layak dikatakan tidak mempunyai potensi, disana ada Curug Silancur penderasan terpencil yang dikala ini menjadi daya tarik yang memberi dampak banyak untuk desa tersebut, curug tersebut mempunyai tinggi 20 meter dan jatuh ke batuan purba di bawahnya, sehingga tidak membentuk sebuah kolam. Agar Anda hingga disana perjalanan yang ditempuh kurang lebih 35 Km dari Kebumen, kemudian jalan kurang lebih 20 menit dari tempat parkir ke dasar jurang.

7. Gunung duwur

Gunung duwur

Tidak perlu galau bagi Anda yang hobi mendaki dan ingin menikmati pemandangan indah Samudera Hindia, Anda bisa mendaki ke puncak gunung Duwur. Tidak Ada salahnya bagi Anda yang ingin mencoba menguji ego sendiri dengan muncak ke atas Gunung Duwur. Letaknya berada di desa Watukelir, Kecamatan Ayah. Ketinggian gunung Duwur sekitar 500 mdpl. Luasnya samudera Hindia yang terdampar di penggalan selatan akan begitu istimewa di hati, dihiasi dengan garis pantai dan cakrawala. Agar bisa hingga ke puncak Anda pelru trekking selama satu jam melewati medan berbatu, alasannya ialah belum ada jalur pendakian yang resmi, berhati – hatilah dan beri petunjuk di jalannya semoga pulang tidak tersesat.

8. Bukit Pranji

xtravelers.blogspot.co.id

Bukit Pranji letaknya ada di desa Watulawang dan desa Pengaringan, kecamatan Pejagoan, menjadi spot paling terkenal untuk anak muda guna menikmati pemandangan kota Kebumen dari ketinggian. Bahkan ada juga beberapa pengunjung yang sengaja bermalam untuk melihat bintang dengan pendar cahaya lampu kota sambil menunggung fajar terbit di ufuk timut. Spot tersebut cocok bagi Anda yang ingin melihat sunrise, ketika langit higienis Anda bisa melihat gunung Sindoro dan Sumbing yang kian hari kian gagah.

9. Waduk sempor

Waduk sempor, lintaskebumen.wordpress.com

Waduk Sempor menjadi tempat wisata di Kebumen yang layak untuk disambangi. Waduk Sempor letaknya di desa Sempor, Kecamatan Sempor. Warna langit yang biru memantul dari permukaan waduk yang diputari dengan bukit hijau, dengan pemandangan yang menyejukkan hari. Untuk berkeliling Anda bisa menaiki bahtera motor yang disewakan oleh penduduk setempat.

10. Arung Jeram padegolan

Arung Jeram padegolan, saidoto.blogspot.co.id

Ingin memacu adrenalin ? tiba saja ke wisata Arung Jeram Padegolan. Sungai Padegolan menjadi sungai dengan limpahan air dari bendungan Waduk Wadaslintang Kecamatan Prembun. Titik mulainya dari desa Sendang Dalem dan berujung pada bendungan Pejengkolan. Karena berasal dari waduk maka air sungai ini sangatlah jernih, ditunjang dengan pemandangan pohon kiri kanan yang menimbulkan trek sungai tidak cepat berakhir.

Baca juga 6 Tempat Wisata di Bekasi yang Menarik untuk Disambangi.

11. Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck, via kopi-ireng.com

Benteng Van der Wijck merupakan benteng yang berdiri kokoh di kecamatan Gombong, 35 km dari kota Kebumen. Benteng yang berwarna merah ini terlihat mencolok dari pada bangunan kuno yang ada di sekitarnya. Bangunan ini awalnya dibangun untuk barak militer guna meredam perlawanan pasukan Diponegoro. Namun dikala ini kompleks benteng tersebut dijadikan sebagai Sekolah Calon Tamtama dan barak militer Tentara Nasional Indonesia AD. Sedangkan yang lain dipakai sebagai destinasi wisata dengan taman bermain dan kereta mini. Jika Anda pernah menyaksikan film The Raid maka Anda akan terbiasa dengan bangunan tersebut, lantaran lokasi syutingnya berada di daerah benteng tersebut. Bagaimana ? sudahkah Anda jelajahi seluruh tempat wisata di Kebumen?

INFO UPDATE