10 Tokoh Pelukis Legendaris Yang Paling Kondang Di Dunia

seni lukis35 Dilihat

Pelukis yakni seniman yang menciptakan karya seni berupa lukisan. Para pelukis-pelukis yang sudah mengabdikan diri dan menekuni ke dunia seni lukis sepenuhnya akan menciptakan karya-karya legendaris dan menjadi masterpiece yang diingat sepanjang masa.  Kemudian dari kepopuleran karya lukis tersebut, membuat para pelukis tersebut juga ikut dikenang, sampai karenanya dimasukkan kedalam daftar para pelukis legendaris yang paling terkenal di Dunia.

Berikut ini yakni daftar dan deskripsi dari 10 pelukis-pelukis legendaris yang paling terkenal sepanjang masa di Dunia.

1. Leonardo da Vinci

Leonardo di Ser Piero da Vinci atau dipahami dengan nama Leonardo da Vinci yakni Pelukis legendaris dan Terkenal di Dunia yang berasal dari Italia. Da Vinci lahir di Florence, Italia pada 15 April 1452 dan sudah meninggal pada 2 Mei 1519. Leonardo Da Vinci ialah salah satu pelukis terhebat sepanjang masa yang beraliran Impresionisme dan Renaissance Realism. Selain itu Da Vinci juga dipahami selaku arsitek, seniman patung, filsuf dan penulis. Banyak temuan-temuannya yang memberi gagasan dunia seni dan filosofi di dunia.

Leonardo da Vinci

Karya-karya lukisnya menjadi suatu warisan bagi dunia yang mengandung banyak unsur mitologi dan misteri yang sungguh menawan untuk dipelajari sampai dikala ini. Banyak pengamat dan kritikus seni lukis di dunia yang menyiratkan pesan-pesan misterius yang berafiliasi mitologi keagamaan dan diam-diam dunia diberbagai karya lukisnya. Salah satu lukisan karya Leonardo da Vinci yang paling terkenal dan Ikonik yakni Lukisan Mona Lisa yang dibentuk pada periode ke-16, yang memperlihatkan potrait perempuan tersenyum yang paling sensasional. Selain itu banyak karya-karya yang lain yang sungguh dipahami dan fenomenal, seumpama The Last Supper (1495), Salvator Mundi (1499), The Virgin of The Rock (1483), dan lain-lain.

The Virgin of The Rock (Leonardo da Vinci, 1483)

2. Pablo Picasso

Pablo Ruiz Picasso yakni Pelukis Terkenal di Dunia yang berasal dari Spanyol yang menganut seni lukis beraliran Kubisme modern. Beliau lahir di Malaga, Spanyol pada 25 Oktober 1881 dan meninggal dikala berumur 91 tahun pada 8 April 1973 di Mougins, Prancis. Pablo Picasso yakni seorang Seniman Lukis Revolusioner yang mempelopori dan memperkenalkan gaya Lukis yang lebih futuristik pada periode ke-20. Dari pemikiran dan karyanya tersebut menjadi suatu cikal bakal lahirnya Seni Lukis beraliran Kubisme.

Pablo Picasso

Pablo Picasso ialah salah satu seniman lukis yang banyak menjajal banyak sekali jenis pedoman lukis. Beliau ialah seniman melankolis tetapi memiliki jiwa yang bebas. Pemikirannya kepada gaya lukis beraliran Kubisme hadir dari inspirasinya di saat mempelajari karya seni dari kebudayaan suku-suku Afrika. Pablo Picasso terinspirasi dari Topeng-topeng Tradisional dari Suku di Benua Afrika. Beliau mengungkapkan inspirasinya “Gaya yang digunakan untuk menciptakan topeng-topeng tersebut sungguh tidak natural/realistik, sarat distorsi tetapi tetap mendatangkan gambaran insan yang hidup”.  Beberapa karya lukis Pablo Picasso yang terkenal di Dunia antara lain; Les Demoiselles d’Avignon (1907), Guernica (1937), dan The Weeping Woman (1937).

The Weeping Woman (Pablo Picasso, 1937)

3. Michelangelo

Michelangelo Buonarroti atau yang dipahami dengan nama Michelangelo yang diartikan selaku “Malaikat Mikael” yakni seorang seniman lukis Terkenal di Dunia beraliran Impresionisme dan Renaissance Realism yang berasal dari Italia. Ia lahir di Toscana, Italia pada 6 Maret 1475 dan meninggal di Roma, Italia pada 18 Februari 1564 dikala berumur 88 tahun. Michelangelo dianggap selaku salah satu seniman termashyur yang hidup pada periode Renaisans Italia. Selain dipahami selaku Pelukis Terkenal, Ia juga dipahami selaku seniman patung, pujangga, ilmuwan dan arsitek beraliran Renaisans.  Michelangelo dianggap selaku “rival” dari Leonardo da Vinci pada dikala itu.

Michelangelo

Ciri khas dari karya-karya Michelangelo yakni kecenderungannya memperlihatkan objek nudity badan laki-laki, yang juga didapatkan pada karya lukisnya. Karya lukis Michelangelo juga memiliki nilai artistik dan kolosal, memperlihatkan gambaran mitologi keagamaan Kekristenan yang divisualkan mendekati sifat realistis. Salah satu karya lukis Michelangelo yang paling termasyhur yakni Lukisan yang berjudul The Creation of Adam (1512). Karya-karya yang lain yang cukup terkenal antara lain; The Last Judgment (1541), Sistine Chapel Ceiling Painting (1512), The Conversion of Saul (1542), dan lain-lain.

The Creation of Adam (Michelangelo, 1512)

4. Salvador Dali

Salvador Dali ialah Pelukis Terkenal asal Spanyol yang beraliran Surealisme. Ia dilahirkan pada tahun 1904 di Figueras, kawasan Catalonia di Spanyol.  Salvador Dali ialah salah seorang tokoh Surealisme yang sungguh kokoh khususnya lewat karya-karya lukisnya.  Dia yakni simbol kemapanan Surealis. Salvador Dali mengenal pedoman Surealisme semenjak mendatangi Paris pada tahun  1928 dan bergabung dengan komunitas Surealis. Semenjak ia bergabung dengan komunitas Surealis, Dali banyak bereksperimen dengan banyak sekali jenis karya seni seumpama Teater Film dan Lukisan sampai keluar dari komunitas tersebut pada tahun 1934.

Salvador Dali

Ciri khas karya-karya Salvador Dali yakni Teknik lukisan Realisme yang mendatangkan kesan handmade photography dengan Simbolisme tertentu yang dikembangkan menjadi ciri khas Surealisme Dali. Beberapa usulan menyebut karya Surealisme Dali dengan istilah Paranoiac Critical atau “kekritisan orang gila”, alasannya yakni penampilan lukisan yang menyediakan gambaran visual yang sarat imajinasi dan halusinasi. Dali menyediakan eksisntensi lewat Karya Lukis yang mensugesti pedoman Surealisme menjadi sungguh dipahami sampai kini. Lukisan yang paling ikonik dan terkenal Salvador Dali yakni The Persitence of Memory (1931).

The Presitence of Memory (Salvador Dali, 1931)

5. Vincent van Gogh

Vincent Willem van Gogh yakni pelukis Terkenal di Dunia beraliran Impresionisme dan Ekspresionisme yang berasal dari Belanda. Ia lahir di Zundert, Belanda pada 30 Maret 1853 dan sudah meninggal di Prancis pada 29 Juli 1890 dikala berumur 37 tahun. Semasa hidupnya Vincent van Gogh mengalami psikosis yang ialah penyakit mental yang tidak dapat membedakan realita dan fantasi. Dari gangguan mental tersebut justru banyak memunculkan banyak imajinasi visual yang ekspresif dari Vincent van Gogh, sampai karenanya terlukis diatas kanvas menjadi banyak karya seni yang fenomenal.

Vincent van Gogh

Vincent van Gogh ialah salah satu seniman lukis yang kokoh di Eropa yang memiliki 2.100 karya lukis dengan banyak sekali genre. Karya-karyanya termasuk lukisan bentang alam, benda mati, potret insan dan potret dirinya sendiri. Ciri khas karya lukisnya terlihat dari visual warna-warna yang tebal dan dinamis, implustif dan sungguh ekspresif. Salah satu karya lukisnya yang paling ikonik dan terkenal yakni lukisan Starry Night (1889). Karya lukisnya yang cukup terkenal antara lain Caffe Terrace of Night (1888), Potrait of Dr. Gachet (1890), La Chambre a Arles (1888), dan lain-lain.

Starry Night (Vincent van Gogh, 1889)

6. Raphael Sanzio

Raffaello Sanzio atau lebih dipahami dengan nama Raphael Sanzio yakni salah satu Pelukis Terkenal di Dunia beraliran Impresionisme yang berasal dari Italia. Raphael lahir di Urbino, Italia pada 28 Maret 1483 dan meninggal pada 6 April 1520 di Roma, Italia dikala berumur 37 tahun. Raphael ialah seniman lukis yang dipahami lahir dari periode periode pertengahan Eropa atau era Renaisans. Raphael dipahami selaku Pelukis kokoh dikala itu bareng Leonardo Da Vinci dan Michelangelo. Kematiannya ialah salah satu bencana kontroversial alasannya yakni terjadi secara secara tiba-tiba menjelang pengangkatannya selaku seorang Kardinal di Roma.

Raphael Sanzio

Raphael dipahami dengan gaya lukisnya yang kekinian dengan kesan yang lebih ringan dibandingkan pelukis-pelukis terkenal periode Renaisans lainnya. Salah satu karya lukis Raphael yang paling terkenal yakni Potrait of Maddalena Doni (1506) yang ingin mengikuti kepopuleran lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci. Karya-karya lukis Raphael yang terkenal yang lain antara lain; La Donna Velata (1516), Transfiguration of Christ  (1505), The Marriage of The Virgin (1504) dan lain-lain.

Maddalena Doni (Raphael, 1506)

7. Rembrant van Rijn

Rembrant van Rijn yakni pelukis terkenal di dunia yang lain yang berasal dari Belanda dan beraliran Realisme. Ia lahir di Leiden pada 15 Juli 1606 dan meninggal di Amsterdam pada 4 Oktober 1669 dikala berumur 63 tahun. Selain dipahami selaku salah satu Pelukis paling besar dalam sejarah seni lukis Eropa, Rembrant van Rijn juga dipahami selaku seniman yang menciptakan karya-karya grafis dan gambar. Kepopuleran dan konstribusinya banyak terjadi pada periode ke-17 dikala periode keemasan Belanda.

Rembrant van Rijn

Rembrant van Rijn sudah memiliki beragam karya, berupa 600 lukisan, 300 denah dan 2000 gambar. Khusus untuk karya-karya lukis, Rembrant van Rijn memiliki gaya yang tidak biasa dikala itu. Lukisan Realisme yang ditampilkannya menyediakan visual objek yang sungguh akurat dan memanipulasi eskpos cahaya kepada objek sehingga memberi dampak tertentu didalam lukisan yang disebut Chiaroscuro. Beberapa karya lukis Rembrant Van Rijn yang terkenal di Dunia antara lain; De Nachtwacht (1642), Batsheba at Her Bath (1654), The Jewish Bride (1665), dan lain-lain.

The Jewish Bride (Rembrant van Rijn, 1665)

8. Henri Matisse

Henri Emile Benoit Matisse atau dipahami lebih cepat dengan nama Henri Matisse yakni salah satu Pelukis Terkenal di Dunia yang mempelopori karya seni lukis modern. Ia lahir di Le Cateau-Cambresis, Prancis pada 31 Desember 1869 dan sudah meninggal di Kota Nice, Prancis pada 3 November 1954 dikala berusia 84 tahun. Henri Matisse yakni Pelukis asal Prancis yang Terkenal beraliran Fauvisme, dan ia dianggap ialah pemimpin dari gerakan revolusi yang mempopulerkan pedoman lukis tersebut menjadi suatu pesona seni lukis modern.  

Henri Matisse

Ciri khas dari karya-karya lukis Henri Matisse yakni penyeleksian warna yang menonjol dan sungguh kontras. Figur objek lukis yang ditampilkan tidak begitu kongkret dan tidak punya akurasi yang serupa dengan rujukan modelnya, tetapi memiliki curahan lisan dan gestur yang menarik. Beberapa karya lukis dari Henri Matisse yang dipahami di Dunia antara lain adalah; The Red Room (1908), Woman with a Hat (1905), The Joy of Life (1906), Neu Bleu (1907), dan lain-lain.

The Red Room (Henri Matisse (1908)

9. Frida Kahlo

Frida Kahlo de Rivera yakni Pelukis Wanita dari Meksiko yang dipahami selaku salah satu Pelukis Paling Berbakat di Dunia. Ia lahir di Coyoacan, Meksiko pada 6 Juli 1907 dan sudah meninggal di Meksiko pada 13 Juli 1954 dikala berumur 47 tahun. Frida Kahlo ialah pelukis fenomenal yang sanggup melukis dengan beragam pedoman seni lukis, seumpama Realisme, Surealisme dan Ekspresionisme. Walaupun Frida Kahlo memiliki kelainan fisik jawaban penyakit Polio dan kejadian kecelakaan yang dideritanya pada September 1925, tetapi beliau bisa melanjutkan karirnya selaku seniman lukis berbakat. 

Frida Kahlo

Sebagian besar karya Lukis Frida Kahlo banyak memperlihatkan lukisan pedoman Surealisme dan potret dirinya beraliran Realisme. Karya lukisnya dipahami selaku simbol tradisi dan penduduk etika Meksiko, dan oleh kaum perempuan Meksiko Ia dianggap selaku seorang Revolusioner yang bergerak dibidang seni lukis yang menggambarkan kesanggupan kaum perempuan yang berhak disetarakan tinggi di Dunia meskipun memiliki keterbasan fisik. Beberapa karya lukisnya menyiratkan perasaan, pengalaman dan imajinasi yang beliau alami selama hidupnya, antara lain adalah;  Self-Potrait with Monkey (1938), The Broken Coloumn (1944), The Wounded Deer (1946), Two Frida (1939), dan lain-lain.

Self-Potrait with Monkey (Frida Kahlo, 1938)


10. Titian

Tiziano Vecelli atau lebih dipahami dengan nama Titian yakni salah satu pelukis dari Italian yang cukup kokoh di Dunia. Ia lahir di Venesia, Italia pada kisaran tahun 1488 dan sudah meninggal di Venesia pada 27 Agustus 1576 dikala berumur 88 tahun. Titian yakni pelukis beraliran Impresionisme Klasik yang terkenal pada periode Renaisans atau Abad Pertengahan Eropa. Ia dianggap selaku salah satu pendiri sekolah lukis Venesia pada masa Renaisans di Italia.

Titian

Titian menciptakan karya lukis bersifat duniawi, memperlihatkan segi erotisme dan memvisualkan legenda mitologi. Sebagian besar lukisannya banyak menyuguhkan seksualitas dan potret sosok tanpa busana. Salah satu karya lukisnya yang paling terkenal yakni Venus of Urbino (1534). Karya-karya lukis Titian yang lain yang cukup dipahami luas di Dunia antara lain; Assumption The Virgin (1516), Danae (1544), The Rape of Europa (1560), dan lain-lain.

Venus of Urbino (Titian, 1534)

Demikian daftar dan deskripsi dari 10 pelukis legendaris yang paling terkenal sepanjang masa di dunia. Artikel terkait yang lain sanggup menelusuri label seni lukis pada laman