10 Lukisan Terkenal Paling Mahal Yang Terjual Di Dunia

seni lukis42 Dilihat

Keindahan Karya Seni Lukis banyak menawan perhatian dan kekaguman dari para penikmat Seni maupun orang awam. Salah satu bentuk Seni Rupa ini ialah salah satu jenis karya seni yang mudah dipahami orang-orang dan mudah untuk dipelajari. Berbagai jenis pedoman atau genre dari lukisan-lukisan tersebut sudah banyak dipahami dan peroleh contoh-contohnya di Dunia ini. Karya lukisan yang terlihat sungguh menarik, indah atau bahkan mengandung suatu kisah legendaris dilihat dari proses pengerjaan atau Pelukisnya yang sudah sungguh terkenal di Dunia dikala ini sudah diperjualbelikan oleh para penggemar Seni Lukis.

Penjualan Karya Seni Lukis yang Terkenal di Dunia dikala ini mempunyai beberapa kisah dan rekor yang menawan untuk dipublikasikan. Beberapa orang yang sungguh terobsesi untuk mempunyai Karya Lukis yang indah dan sungguh langka tersebut, bahkan rela untuk membelinya dengan harga tinggi. Dari proses Jual Beli tersebut terciptalah suatu kisah yang menawan wacana karya-karya seni lukis yang bernilai jual tinggi. Hingga akibatnya tercipta daftar Lukisan-lukisan yang Terkenal dan Paling Mahal di Dunia.

Berikut ini yakni daftar dan deskripsi dari 10 Lukisan Terkenal yang Paling Mahal di Dunia yang diurutkan dari yang lebih kecil sampai yang lebih mahal.

 

10. Masterpiece

Lukisan Masterpiece dilukis oleh Pelukis Amerika Serikat yang menjadi pencetus Lukisan Modern Futuristik Pop Art berjulukan Roy Lichtenstein. Lukisan beraliran Futuristik Pop Art ini dibentuk pada tahun 1962.  Lukisan ini terinspirasi dari kutipan gambar-gambar komik yang berjudul Whaam dan Look Mickey yang terkenal pada tahun 1950-an. Pembuatan Lukisan ini menggunakan teknik Ben-Day dots dan speech balloon.

Masterpiece (Roy Lichtenstein, 1962)

Pemilik Lukisan ini berjulukan Agnes Gund telah menyimpan lukisan ini selama beberapa tahun di apartemennya dan akibatnya menjualnya ke para penggemar lukisan antik. Kemudian Lukisan Masterpiece ini laris terjual dan berpindah ke Pemilik barunya yang berjulukan Steven A. Cohen pada Januari 2017 silam. Lukisan Masterpiece ini terjual dengan harga USD 165 juta atau setara 2,25 Triliun Rupiah, dan masuk dalam daftar Lukisan Termahal yang Terjual di Dunia dikala ini.

 

9. Nu Couche

Lukisan Nu Couche atau diartikan selaku Terbaring Telanjang merupakan karya lukis dari seorang Seniman Lukis Terkenal dari Italia berjulukan Amedeo  Modigliani. Lukisan beraliran Ekspresionisme dan Realisme ini dibentuk pada tahun 1917 di Italia. Lukisan yang sudah berumur lebih dari 100 tahun ini pernah dipamerkan Sang Pelukis di Kota Paris pada tahun 1917 dan ditutup oleh Pihak Kepolisian Prancis sebab memperlihatkan sensualitas yang cukup mengagetkan dikala itu. 

Nu Couche (Amedeo Modigliani, 1917)

Lukisan Nu Couche merupakan salah satu Lukisan paling besar peninggalan Amedeo  Modigliani yang sudah meninggal dikala berumur 35 tahun. Lukisan ini akibatnya dilelang secara lazim oleh Perusahaan Christie selaku pemiliknya pada November 2015 silam. Kemudian Lukisan ini laris terjual dengan harga yang cukup sensasional sebesar USD 170,4 juta atau setara 2,33 Triliun Rupiah, dan masuk ke dalam daftar lukisan paling mahal yang pernah terjual di Dunia.

 

8. Les Femmes d’Alger

Lukisan berjudul Les Femmes d’Alger atau dalam Bahasa Inggris Woman of Algiers yakni salah satu dari Seri Karya Lukis Terkenal dari Pelukis Legendaris asal Spanyol berjulukan Pablo Picasso. Lukisan beraliran Kubisme ini dibentuk pada rentang tahun 1954-1955 di Spanyol. Lukisan ini ialah model terakhir Lukisan Les Femmes d’Alger dari total 15 Lukisan dengan judul serupa, dan Lukisan ini diberi arahan nama Versi O. Lukisan ini menggambarkan wacana seorang Selir di Hareem, Aljazair. Konon Lukisan Pablo Picasso ini dibentuk selaku penghormatan terhadap sahabatnya sesama Seniman Lukis, yakni Henri Matisse.

Les Femmes d’Alger (Pablo Picasso, 1954-55)

Lukisan ini terinspirasi dari Karya Eugene Delacroix yang dibentuk pad tahun 1834. Lukisan Versi O ini yakni yang paling terkenal dan Paling Mahal terjual diantara Seri Les Remmes d’Alger lainnya. Lukisan terjual begitu mahal pada tahun 2015 seharga USD 179,4 juta atau setara 2,45 Triliun Rupiah oleh Perusahaan Christie terhadap seseorang yang tidak mau namanya dipublikasikan.

 

7. Pendant Portraits of Maerten Soolmans and Oopjan Coppit

Lukisan yang berjudul Pendant Portraits of Maerten Soolmans & Oopjan Coppit merupakan sepasang Lukisan yang dibentuk oleh Pelukis Terkenal Eropa yang berasal Belanda, yakni Remdrandt Harmenszoon van Rijn. Lukisan beraliran Realisme ini dibentuk pada tahun 1634 untuk memperingati janji nikah Maerten Soolmans dan Oopjan Coppit di Kota Amsterdam. Kedua lukisan ini tidak sanggup dipisahkan sebab menjadi satu pecahan yang saling melengkapi, walau terpisah dalam 2 potret kanvas. 

Maerten Soolman & Oopjan Coppit (Rembrant, 1634)

Lukisan ini mulanya dimiliki oleh Keluarga Rothschild, yang kemudian dilelang terhadap Museum Louvre dan Rijkmuseum pada tahun 2015 silam. Nilai Lelang tersebut meraih harga USD 180 juta atau setara 2,46 Triliun Rupiah. Dari nilai Lelang tersebut menempat Lukisan ini masuk ke dalam daftar Lukisan Paling Mahal di Dunia.

 

6. No. 6 (Violet, Green and Red)

Lukisan No. 6 (Violet, Green and Red) adalah Lukisan unik yang dibentuk oleh Mark Rotho yang ialah Pelukis berkenegaraan Latvia – Amerika Serikat. Lukisan ini ialah kontemporesasi dari pedoman Ekspresionisme dan Abstrak yang dibentuk pada tahun 1951. Gaya lukisan Mark Rotho yang memperlihatkan hamparan besar warna secara jorozontal yang digambarkan oleh nuansa yang tidak merata dan kabur. 

No. 6 (Violet, Green and Red)(Mark Rotho, 1951)

Lukisan No. 6 (Violet, Green and Red) ini ialah salah satu seri lukisan Mark Rotho diantara Lukisan serupa yang lain yang juga beraliran Ekspresionisme dan Abstrak. Lukisan sederhana ini justru mempunyai nilai seni yang tinggi yang dinilai oleh sebagian orang. Bahkan lukisan ini masuk ke dalam daftar Lukisan Paling Mahal di Dunia ketika terjual senilai USD 180 juta atau setara 2,54 Triliun Rupiah yang dibeli secara eksklusif oleh Dmitry Rybolovlev pada tahun 2014 silam.

 

5. Number 17A

Lukisan Number 17A ialah Karya Lukis terkenal dari seorang Seniman Lukis asal Amerika Serikat berjulukan Jackson Pallock. Lukisan ini ialah hasil kontemporesasi dari pedoman Ekspresionisme dan Abstrak dibentuk pada tahun 1948. Lukisan Number 17A bisa menawan perhatian para pengaggum karya seni lukisan, sebab Jacksin Pallock sudah memperlihatkan keberagaman warna dari suatu lukisan abstrak. 

Number 17A (Jackson Pallock, 1948)

Lukisan Number 17A ialah barang koleksi dari Museum Seni Art Institue of Chicago di Amerika Serikat. Kemudian Lukisan ini dilelang secara terbuka dan dibeli secara eksklusif oleh seorang Kolektor Seni Lukis pada tahun 2015 berjulukan Kenneth C. Griffin. Lukisan ini ternyata masuk dalam isu fenomenal selaku salah satu lukisan termahal di Dunia yang terjual dengan harga mengagumkan senilai USD 200 atau setara 2,6 Triliun Rupiah.

 

4. The Card Players

Lukisan The Card Players yakni suatu karya lukis yang dibentuk oleh Paul Cezanne yang ialah seorang Pelukis dari Prancis. Lukisan beraliran Impresionisme ini berumur sungguh bau tanah yang dibentuk pada tahun 1890 di Prancis. Lukisan ini menggambarkan dua orang petani yang sedang bermain kartu di dalam suatu bar. Kedua orang tersebut bermain kartu sambil merokok dan ditemani sebotol minuman.

The Card Players (Paul Cezanne, 1890)

Lukisan The Card Players mempunyai banyak model di Dunia. Versi-versi tersebut mempunyai perbedaan ukuran gambar dan perspektif yang sedikit berbeda-beda. Lukisan-lukisan tersebut tersebar di aneka macam Museum, tergolong MOMA di New York dan Courtauld di London. Salah satu versinya menjadi suatu isu fenomenal ketika dibeli dengan harga fantastis. Lukisan tersebut terjual dengan harga USD 250 juta atau setara 3,4 Triliun Rupiah ketika dibeli oleh Keluarga Kerajaan Royal Qatar.

 

3. Nafea Faa Ipoipo

Lukisan Nafea Faa Ipoipo atau dalam Bahasa Inggris berarti “When Will You Marry?” ialah suatu karya lukis terkenal yang dibentuk oleh Paul Gaugin yang berasal dari Prancis. Lukisan beraliran Post-Impresionisme ini dibentuk pada tahun 1892 di Prancis. Lukisan ini menunjukan dua orang Wanita Tahiti di tengah padang rumput yang menguning. Salah satu perempuan menggunakan pakaian tradisional Tahiti, dan seseorang yang lain menggunakan pakaian bergaya Kolonial khas Bangsa Eropa.

Nafes Faa Ipoipo (Pauil Gaugin, 1892)

Lukisan ini dibentuk dikala Paul Gaugin mengasingkan diri ke kawasan Polinesia dan menetap di sana sampai kematiannya pada tahun 1903. Lukisan Nafes Faa Ipoipo menjadi favorit dia dan akibatnya tersimpan selama 50 tahun di suatu Museum di Basel, Swiss. Pada tahun 2015 Lukisan ini dilelang oleh Pihak Museum dan akibatnya dibeli oleh Museum Qatar dengan nilai mengagumkan sebesar USD 300 juta atau setara 4,1 Triliun Rupiah. Karena transaksi lelang ini akibatnya menempatkan lukisan Nafes Faa Ipoipo masuk ke dalam daftar salah satu Lukisan Paling Mahal di Dunia.

 

2. Interchange

Lukisan Interchange yakni suatu karya lukis terkenal dari Pelukis keturunan Belanda berkebangsaan Amerika Serikat berjulukan Willem de Kooning. Lukisan ini beraliran Abstrak Impresionisme yang dibentuk pada tahun 1995. Lukisan abnormal yang tidak menggambarkan figur tertentu, benda atau emosi tertentu. Namun lukisan ini sanggup menghidupkan gairah, rasa dinamisme dan gerak asumsi dan perspektif. Melalui komposisi yang tersaji ini seakan meminta para penikmat seni lukis untuk bergerak secara fisik untuk mencari aneka macam perspektif lainnya.

Interchange (Willem de Kooning, 1995)

Lukisan Interchange tersimpan di Art Institue of Chicago ketika Willem de Kooning sudah meninggal pada tahun 1997. Kemudian pihak Museum melelang secara terbuka Lukisan ini pada tahun 2015. Dari pelelangan Lukisan ini akibatnya sukses dibeli oleh Pengusaha yang ialah Kolektor Seni Lukis berjulukan Kenneth C. Griffin. Beliau berbelanja Lukisan Interchange dengan harga mengagumkan senilai USD 300 juta atau setara 4,1 Triliun Rupiah, sampai mencatatkan Lukisan ini ke dalam daftar Lukisan Paling Mahal nomor Dua di Dunia.

 

1. Salvator Mundi

Lukisan Salvador Mundi merupakan salah satu Lukisan Terkenal yang juga diciptakan oleh Pelukis Terkenal dan Legendaris era Renaisans dari Italia, yakni Leonardo Da Vinci. Lukisan beraliran Realisme dan Romantisisme ini dibentuk pada kala ke-16 pada jangka waktu 1499-1510 di Italia, yang diandalkan dibentuk serempak dengan Lukisan Legendaris yang lain berjudul Mona Lisa. Lukisan Salvador Mundi yang memiliki arti “Sang Penyelamat Dunia” menggambarkan figur Yesus Kristus dengan pakaian Gaun Eropa era Renaisans berwarna Biru Anakronistik. Figur Yesus Kristus ini berpose close up dengan ajun membentuk tanda salib dan tangan kiri memegang bola krsital transparan yang melambangkan “Bola Langit dari Surga”.

Salvador Mundi (Leonardo Da Vinci, 1499-1510)

Lukisan yang sudah berumur lebih dari 500 tahun ini dianggap selaku peninggalan artistik yang sungguh fenomenal. Banyak Pakar Seni, Arkeologi dan Sejarawan beropini bahwa lukisan Salvador Mundi menyimpan beberapa misteri sehingga banyak pihak ingin memilikinya. Pendapat yang lain mengungkapkan bahwa lukisan ini menjadi suatu isyarat harta dunia yang sungguh bermanfaat yang tersimpan di suatu tempat. Lukisan ini sudah berulang kali hilang dan dicuri pada kisaran tahun 1763 sampai 1900-an serta pada tahun 1985. Pada tahun 2005 ini didapatkan kembali dan tersimpan di Museum di Kota New York. Pada tahun 2017 silam Lukisan ini dilelang secara terbuka oleh Perusahaan Christie, dan dibeli secara mengagumkan oleh Keluarga Kerajaan Arab Saudi. Pangeran Badr bin Abdullah dari Kerajaan Arab Saudi inilah yang sudah berbelanja Lukisan Salvador Mundi seharga USD 450,3 juta atau setara 6 Triliun Rupiah. Pembelian Lukisan Fenomenal ini mencatatkan Lukisan Salvador Mundi sebagai Lukisan Paling Mahal yang Terjual di Dunia dikala ini.

 

Demikian deskripsi dari daftar Lukisan Terkenal yang Paing Mahal di Dunia. Artikel terkait yang lain sanggup menelusuri label seni lukis pada laman