10 Lukisan Seram Yang Misterius Di Dunia

seni lukis174 Dilihat

Lukisan biasanya memperlihatkan keindahan oleh sang pelukis. Melalui lukisan tersebut akan divisualkan objek lukis, pesan maupun kisah yang digambarkan oleh si pelukis dalam bentuk 2 dimensi.
Dalam beberapa kisah sejarah, lukisan-lukisan ternyata memperlihatkan suatu kisah maupun proses yang tak lazim, sehingga meninggalkan kesan & kisah mistis yang menempel dari karya lukis tersebut. Lukisan-lukisan tersebut mengambil objek lukis yang cukup menyeramkan, hasil imajinasi gaib dari pelukis, atau dalam proses pembuatannya mempunyai kisah kelam yang tersimpan pada lukisan tersebut. Bahkan ada asumsi lukisan-lukisan tersebut mengandung kutukan bagi orang yang menyaksikan atau menyimpannya.
Berikut yakni daftar lukisan misterius yang disusun penulis dari banyak sekali sumber, diseleksi menurut penampilan & kisah mistis yang melekat.
 

1. Lukisan Oei Hui Lan

Lukisan berjulukan Oei Hui Lan mengambarkan seorang gadis berjulukan Oei Hui Lan. Oei Hui Lan yakni gadis keturunan Cina yang lahir di Semarang pada tanggal 21 Oktober 1889. Dia yakni anak dari Konglomerat berjulukan Oei Tiong Ham, seorang pemilik pabrik gula yang ialah orang terkaya di Indonesia di saat itu.
Pelukis dan Tahun pengerjaan lukisan ini tidak diketahui. Saat ini lukisan mengerikan Oei Hui Lan tersimpan di ruangan The Sugar Baron, Hotel Tugu, Kota Malang.  Bayangan Oei Hui Lan di cermin dengan rambut terurai panjang dan tatapan mata yang tajam menciptakan lukisan terlihat begitu hidup. Bahkan ada yang mengaku pernah dihadiri Oei Hui Lan dalam mimpi sehabis menyaksikan lukisannya. Menurut pekerja hotel, ruangan wilayah lukisan itu berada mempunyai aura mistis & sungguh hambar bila dikunjungi.


2. Lukisan The Hand Resist Him

Lukisan berjudul The Hand Resist Him adalah salah satu lukisan paling mengerikan di dunia. Karya lukis ini dibentuk oleh  William “Bill” Stoneham pada tahun 1972. Lukisan ini pernah dilelang di e-Bay, tetapi tidak ada yang berani membelinya. Saat ini lukisain tidak dimengerti dimana berada.
Lukisan The Hand Resist Him menggambarkan seorang anak lelaki bareng boneka perempuan yang bangun disampingnya. Mereka bangun didepan pintu kaca, kemudian dibalik beling banyak penampakan tangan-tangan yang  ingin merangkul anak tersebut. Cerita mistis kerap terjadi pada lukisan ini alasannya menurut akreditasi orang-orang yang pernah memilikinya, lukisan ini sering berpindah wilayah sendiri. Selain itu boneka gadis yang ada dalam lukisan tersebut kerap menghilang.
Banyak orang menilai lukisan ini yakni lukisan terkutuk dan gunjingan ini pun tersebar hingga keseluruh dunia. Beberapa pemilik lukisan ini meninggal pada kisaran tahun 1978-1984.


3. Lukisan The Crying Boy

Lukisan The Crying Boy adalah karya lukis Giovanni Bragolin yang berasal dari Italia pada kisaran tahun 1950-an. Lukisan ini menggambarkan objek seorang anak lelaki berusia 6-7 tahun yang terlihat murung & berurai air mata. Kabarnya anak tersebut yakni seorang yatim piatu yang kehilangan keluarganya dalam suatu kebakaran hebat. Namun naas, anak kecil tersebut juga meninggal akhir kebakaran juga. 
Lukisan ini sungguh terkenal di Inggris dan dibuat secara massal sehingga banyak yang menggantungnya di rumah mereka. Namun ketaknormalan terjadi di saat banyak insiden kebakaran dalam jangka waktu yang nyaris berdekatan di tahun 1980-an oleh rumah-rumah yang menggantung lukisan tersebut mengalami kebakaran. Anehnya lagi justru lukisan tersebut tidak tergores apa sedikit pun dan tetap utuh. Banyak orang Eropa yang berasumsi bahwa lukisan tersebut terkutuk dan sanggup memunculkan kebakaran bagi rumah yang menyimpan lukisan tersebut.


4. Lukisan  Nyi Roro Kidul

Lukisan Nyi Roro Kidul diyakini selaku wujud penguasa Pantai Selatan pulau Jawa. Lukisan ini dibentuk oleh Basoeki Abdoellah pada tahun 1955. Lukisan ini dibentuk dia di kamar hotel Samudra Beach nomor 308 di kota Sukabumi, yang menurut pengakuannya menyaksikan penampakan Nyi Roro Kidul berpakaian warna hijau. Lukisan tersebut hasilnya disimpan dikamar tersebut dan tidak dibuka untuk hadirin menginap.
Sebelum Pelukis menciptakan lukisan fenomenalnya ini, Basoeki Abdullah kabarnya sempat menjajal melukis Nyi Roro Kidul dengan menggunakan tiga versi dan digarap di Pantai Parangtritis, Jogjakarta. Namun anehnya, belum lagi lukisan itu rampung, satu persatu versi yang dipakai Basoeki Abdullah dikabarkan sakit dan kemudian meninggal dunia secara misterius. 
 

5. Lukisan The Dead Mother

Lukisan The Dead Mother dibuat oleh pelukis beraliran Ekspresionisme, Edvard Munch pada tahun 1900. Lukisan ini menggambarkan curahan hati Edvard munch di saat berumur 5 tahun ditinggal mati oleh sang ibu akhir penyakit TBC. Lukisan tersebut di sekarang ini berada di Musemum Kunsthalle Bremen, Jerman.
Cerita yang diungkapkan oleh banyak orang yang mempunyai lukisan ini, sosok anak kecil dalam lukisan tersebut sanggup bergerak. Konon di saat seseorang memandang matanya, bola mata anak tersebut akan mengikuti. Cerita yang lain yakni insiden metafisika di saat terdengar suara-suara dari lukisan, posisi selimut yang berubah hingga gadis kecil dalam lukisan tersebut kerap menghilang di malam hari.


6. Lukisan The Anguished Man

Lukisan The Anguished Man yang bermakna Pria Merana ini beraliran ekspresionisme ini tidak dimengerti siapa pelukisnya dan kapan dibuat. Menurut cerita, lukisan ini dibentuk oleh pelukis menggunakan cat yang dia campur dengan darah dia sendiri, sehingga memberi gradasi warna merah. Kemudian si pelukis membunuh dirinya sendiri paska mengakhiri lukisan tersebut.
Lukisan ini dimiliki oleh seorang lelaki berjulukan Sean Robinson. Lukisan ini dia dapatkan dari neneknya, dengan pesan dari sang nenek biar waspada terhadap lukisan tersebut. Diceritakan semenjak Sean memajang lukisan ini di rumahnya, satu per satu hal buruk terjadi. Mulai bunyi tanpa rupa hingga pintu-pintu yang terbuka sendiri.

7.  Lukisan Prabu Siliwangi

Lukisan Prabu Siliwangi yakni hasil karya pelukis asal Garut berjulukan Tatang. Lukisan yang memperlihatkan sosok Sang Prabu ditemani oleh seekor macan tersebut dibentuk pada tahun 2008 dan disimpan di Keraton Kasepuhan, Cirebon. menurut akreditasi si pelukis, dia dihadiri oleh Sang Prabu melalui suatu mimpi.
Ada ketaknormalan dari lukisan tersebut, di saat kita menyaksikan mata Sang Prabu maka dia akan mengikuti hadirin kemana pun bergerak. Bahkan jari-jari tangan & kaki Sang Prabu juga ikut bergerak. Sehingga ada yang berasumsi mistis, ada pula yang menyimpulkan hal tersebut yakni delusi optik. Kejadian asing yang lain di saat beberapa hadirin lukisan tersebut, di saat mereka mengabadikan lukisan tersebut dengan mengambil foto, hasil foto akan gelap & blur.

8. Lukisan The Nightmare  

Lukisan yang berjudul The Nightmare ini yakni karya John “Henry” Fuseli yang dilukis pada kisaran tahun 1781. Lukisan ini menggambarkan kutukan mimpi buruk seorang perempuan yang diusik oleh iblis. Iblis tersebut duduk diatas badan si wanita. Saat ini lukisan tersebut tersimpan di Detroit Institute of Arts (DIA),  Midtown Detroit, Michigan.

Menurut akreditasi orang yang menyaksikan lukisan ini, sehabis beberapa di saat mata sang iblis akan mengikuti hadirin bergerak dengan tatapan tajam.


9. Lukisan Bernardo de Galvez

Lukisan Bernardo de Galvez menggambarkan potret seorang jenderal Spanyol di saat perang kemerdekaan. Tidak dimengerti siapa pelukis dan kapan tahun pengerjaan lukisan ini. Lukisan ini tersimpan di Hotel Galvez, Texas.
Menurut akreditasi pegawai hotel yang melakukan pekerjaan pada malam hari mencicipi ketaknormalan dari lukisan ini. Pandangan mata Sang Jenderal sanggup bergerak mengikuti hadirin hotel, tergolong jari-jemari yang katanya bergerak. Beberapa hadirin yang berfoto dengan lukisan tersebut mengaku pernah mengalami hal aneh, yakni pergeseran tampang jendral menjadi tengkorak.


10.   Lukisan Tarian Legong

Lukisan Tarian Legong ini berlatar mengenai penari tradisional. Lukisan ini dibentuk oleh Yusuf Dwiyono pada tahun 1996. Saat ini lukisan ini tersimpan di kediaman sang pelukis, sehabis berulang kali dpindahkan dan ditolak oleh beberapa orang.
Menurut beberapa orang yang pernah menyaksikan lukisan tersebut, objek lukis sang penari tersebut sanggup bergerak dan menjalankan tarian. Bahkan beberapa insiden lukisan tersebut sanggup berpindah wilayah di saat dipajang di dinding. Sehingga beberapa orang menolak untuk menyaksikan dan meminta terhadap sang pelukis untuk menjauhkannya dari mereka. Padahal menurut pelukis, dalam proses melukis tidak dilaksanakan ritual atau acara tak lazim dan bersifat mistis. Hingga hasilnya sang pelukis menerima segala tuduhan terhadap lukisannya dan menyimpan jauh dari orang-orang.
Demikian ulasan mengenai daftar lukisan-lukisan yang misterius dan mempunyai kisah mistis di dunia. Artikel terkait yang lain silahkan cek di laman