oleh

10 Kawasan Wisata Di Padang Sumatera Barat Yang Populer

Tempat Wisata Indonesia10 Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat yang Populer – Anda niscaya sudah erat mendengar Padang. Ibukota dari Provinsi Sumatra Barat tersebut identik dengan kulinernya yang tersebar luas bukan hanya di Indonesia, tetapi juga seluruh dunia. Hidangannya yang terkenal menyerupai rendang, gulai, terung balada, dan ayam pop pernah kita santap di rumah makan Padang di kota besar.

Namun, selain kulinernya, Padang juga mempunyai tempat-tempat wisata menarik. Jika Anda sedang mencari destinasi untuk berlibur, di bawah ini ada 10 tempat wisata di Padang yang sanggup dijadikan rekomendasi.

Daftar Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat

1. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman Sumatera Barat

Nama museum ini dicatut dari Raja Minangkabau masa ke-15. Museum Adityawarman diresmikan pada 16 Maret 1977 dan menjadi museum budaya terpenting di Sumatra Barat. Koleksi benda-benda bersejarah sanggup Anda temui pada rumah khas Minangkabau, Rumah Gadang. Selain itu, untuk melengkapi bangunan, ada dua buah lumbung padi yang dipadukan miniatur pedati dan bendi, serta pesawat perang peninggalan Perang Dunia ke-2. Museum yang berdiri di atas tanah seluas 2,6 hektar ini kerap disebut Taman Mini-nya Padang.

2. Pantai Aie Manih

Pantai Aie Manih, gosumatra.com

Lokasi Padang yang berada di dekat Samudra Hindia menjadikannya lekat dengan wisata bahari. Salah satu objek terkenal yang sering dikunjungi ialah Pantai Aie Manih atau Pantai Air Manis. Pantai ini menjadi saksi bisu dari legenda Malin Kundang dari Sumatra Barat. Di pesisir pantai, ada sebuah kerikil besar menyerupai insan dengan posisi tertelungkup. Konon, kerikil itu ialah Malin Kundang yang dikutuk oleh ibunya, alasannya ialah sudah menjadi anak durhaka. Selain fenomena kerikil tersebut, Anda juga akan mendapat bentang Samudra Hindia dan Gunung Padang yang indah.

3. Air Terjun Tingkat Tiga

Air Terjun Tingkat Tiga

Tempat wisata di Padang ini berlokasi di Desa Koto Lubuk Hitam, Cindakir. Air Terjun Tingkat Tiga atau sering disebut juga Air Terjun Tigo Tingkek ini terletak 22 kilometer arah selatan Kota Padang, dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Anda sanggup mengaksesnya dengan mengendarai kendaraan langsung atau kendaraan umum menyerupai angkot jurusan Padang-Bungus Teluk Kabung dan taksi. Sesuai dengan namanya, riam ini mempunyai tiga tingkatan dan Anda harus berhati-hati kalau ingin menaiki tingkatan tersebut, alasannya ialah kondisi batuannya cukup terjal dan licin.

4. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Anda niscaya sudah erat dengan kisah perjodohan Siti Nurbaya dengan Datuk Meringgih karya Marah Rusli. Di Padang, ada sebuah jembatan ikonik sepanjang 156 meter yang namanya diambil dari tokoh perempuan dalam dongeng tersebut. Jembatan Siti Nurbaya dibangun pada tahun 1995 dan menelan biaya sebesar Rp 19, 8 milyar. Dari jembatan ini, Anda sanggup menyaksikan perahu-perahu kayu yang melintasi sungai di siang hari serta menyantap masakan khas Tanah Minangkabau yang ramai pada malam hari.

5. Miniatur Makkah

bantarse.mywapblog.com

Bagi umat Islam yang ingin berangkat ke tanah suci, Miniatur Makkah merupakan tempat yang sempurna untuk latihan. Dibangun pada tahun 2000, Miniatur Makkah bukan hanya menjadi daya tarik bagi calon jemaah haji, tapi juga bagi mereka yang ingin sekadar bertamasya. Tempat wisata di Padangitu memang dirancang sedemikian rupa sampai menyerupai dengan tanah suci Makkah. Di pojok kiri daerah tersebut, terdapat Masjid Nurzikrillah yang hanya dibuka pada waktu-waktu solat saja. Aksesnya cukup gampang ditempuh; dengan kendaraan langsung atau bis wisata dari Kota Padang selama kurang lebih setengah jam. Anda juga tidak akan dikenakan tiket, melainkan biaya masuk sekadarnya.

6. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai, agungprawira.wordpress.com

Tempat wisata di Padang ini dijadikan cagar alam dan maskot wisata kota. Air Terjun Lembah Anai terletak di Nagari Sanggalang dan sanggup ditempuh dengan kendaraan selama satu jam. Ada tiga riam di sana dan yang paling terkenal ialah riam dengan ketinggian 35 meter. Debit airnya tidak pernah berkurang, bahkan di animo kemarau sekalipun. Sumber mata airnya sendiri berasal dari Gunung Singgalang. Fungsinya sebagai cagar alam pun memungkinkan Anda untuk melihat banyak sekali macam tumbuhan dan fauna. Letaknya dari Kota Padang sekitar 60 kilometer dan sanggup ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih dua jam.

7. Tirta Alami

Tirta Alami, fhiaft.blogspot.co.id

Anda ingin berendam sekaligus menikmati pemandangan alam? Maka Anda wajib tiba ke Tirta Alami. Tempat wisata di Padang ini berada di Kandang Ampek, Padang Pariaman dan dikenal juga sebagai Anai Resort. Di sini, Anda akan mendapati kolam-kolam pemandian alami yang elok. Sesuai dengan namanya, kolam pemandian di sini terbuat dari kerikil alam, serta air yang berasal dari mata air Gunung Tandikek. Aliran jernih air di Tirta Alami akan memberi kesegaran dan ketenangan bagi badan Anda. Kalau sudah puas berendam, Anda sanggup menikmati akomodasi lain menyerupai flying fox. Tiket masuk ke kolam pun cukup murah, hanya 10.000 rupiah per orang.

8. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Lokasi Pantai Nirwana cukup dekat dicapai, yaitu 14 kilometer dari Kota Padang. Sesuai namanya, pantai ini mengatakan pemandangan manis kolam di surga. Karena terletak di tempat yang landai, ombak di Pantai Nirwana relatif tenang, sehingga Anda tidak perlu risau untuk berenang atau jalan-jalan di sekitar pesisir. Di sore hari, Anda tidak hanya disuguhkan pesona dari matahari tenggelam, tapi juga sorot lampu dan perahu-perahu yang berlayar di Pelabuhan Teluk Bayur.

9. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik

Kalau Anda lebih menyukai daerah pegunungan, Sitinjau Lauik sanggup dijajal. Tempat wisata di Padang ini berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Sitinjau Lauik, yang kerap dijuluki Padang Scenic Point, mengatakan Anda panorama indah pegunungan dan Samudra Hindia di pagi sampai siang hari, serta kerlap-kerlip lampu dari Kota Padang di malam hari. Untuk mencapai Sitinjau Lauik, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 30 kilometer dari sentra kota, kemudian melaksanakan pendakian. Anda perlu hati-hati, lantaran wilayah untuk mendaki cukup terjal dan menanjak.

10. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak

Satu lagi pantai yang dihentikan dilewatkan ialah Pantai Pasir Jambak. Pantai ini terletak 17 kilometer dari Kota Padang dan sanggup ditempuh dengan kendaraan pribadi. Pemandangan Pantai Pasir Jambak yang romantis dengan hamparan pasir putih kecokelatan dan bentangan laut yang jernih menjadi destinasi bagi para mda-mudi yang ingin memadu kasih atau pasangan pengantin gres yang sedang bulan madu. Salah satu keunikan di pantai unik ialah pepohonan cemara yang mengitari daerah ini. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya 5.000 rupiah untuk tiket masuk dan sudah termasuk biaya parkir dan sebagainya.

Baca juga :
7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi.
9 Daftar Tempat Wisata di Medan yang Menarik Didatangi.
10 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Indah dan Menarik.

Itulah 10 tempat wisata di Padang yang patut Anda sambangi kalau berkunjung. Tidak hanya cita rasa kulinernya, Anda juga akan mendapat pengetahuan gres seputar sejarah dan destinasi berlibur yang unik serta menarik di Kota Padang. Jadi, jangan sia-siakan waktu Anda untuk bertualang di kota tersebut.

Sumber:
http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-padang-yang-wajib-dikunjungi/
https://www.wisatania.com/tempat-disukai-di-padang-sumatera-barat
http://www.infosumbar.net/wisata/inilah-13-tempat-wisata-di-sumbar-yang-berkonsep-pemandian-alami-yang-harus-kamu-kunjungi/
http://aet.co.id/pariwisata/5-tempat-wisata-di-sumatera-barat-yang-jarang-terekspos#
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Padang
https://www.1001malam.com/surrounding/238/padang/museum-adityawarman.html

News Feed