oleh

10 Kawasan Wisata Di Bandung Yang Jarang Diketahui Orang

10 Tempat Wisata di Bandung yang Jarang Diketahui Orang– Berlibur yaitu cara jitu untuk menghilangkan stres dan lelah sehabis bekerja terus menerus. Bandung sanggup menjadi tujuan wisata pilihan, lantaran hampir setiap sudut kawasan Bandung terdapat tempat wisata. Beragamnya wisata di Bandung menjadi alasan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya di kota Kembang ini.

Wisata pemandangan alam bertebaran di wilayah Bandung, beberapa diantaranya menjadi tempat wisata yang sudah populer diseluruh dunia menyerupai Tangkuban Prau dan Lembang. Begitupula dengan wisata belanjanya yang mengakibatkan Bandung menerima julukan Paris van Java, menyerupai di Cihampelas, Cibaduyut dan jajaran factory outlet di Setiabudi. Sebagai sentra mode, Bandung menjadi surganya para kaum muda untuk berburu fashion trendi terbaru.

Tidak kalah menarik yaitu wisata masakan Bandung yang siap memanjakan lidah. Masakan Sunda dikenal dengan citarasa pedas dan nikmat dengan banyak sekali macam sajian masakan yang menggugah selera. Wisatawan sanggup menikmati sajian ikan bakar sambil menikmati formasi kebun teh, atau menikmati semangkuk sup buntut di atas perbukitan dengan pemandangan kota Bandung di bawahnya. Benar-benar liburan yang sangat menyenangkan bukan? Berikut rekomendasi tempat wisata Bandung yang jarang diketahui orang, namun sayang untuk dilewatkan.

Tempat Wisata di Bandung

1. Objek Wisata Alam dan Keluarga Dusun Bambu Bandung

photo credit

Lokasi Dusun Bambu berada di jalan Kolonel Masturi km 11 Cisarua. Tempat ini mempunyai konsep 5E (Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Estetika, dan Etika). Dusun ini direncanakan untuk menjadi desa ekawanawisata pertama di Jawa Barat. Ada beberapa akomodasi yang disediakan pengelola untuk dinikmati pengunjung. Diantaranya adalah,

  • Café Burangrang, sebuah tempat makan yang menyajikan masakan orisinil Indonesia.
  • Lutung Kasarung, tempat makan yang berada di atas pohon.
  • Purbasari, merupakan restoran yang menyediakan masakan khas Sunda.
  • Pasar Kathulistiwa, pasar yang menyediakan sayur dan buah segar.
  • Kampung Layung, yaitu penginapan yang bernuansa pedesaan.

2. Wisata Taman Jomblo Bandung yang Unik

photo credit

Tempatnya persis di bawah jembatan Pasopati. Taman ini sanggup menjadi alternatif untuk menikmati suasana kota Bandung. Dikelilingi pepohonan dan tanaman hijau, pengunjung sanggup bersantai sambil menikmati pemandangan arsitektur jalan layang yang unik, atau berolahraga dan bermain skateboard di papan luncur berbentuk aksara ‘U’.

3. Tempat Wisata Seni dan Budaya Saung Angklung Udjo Bandung

photo credit

Mengunjungi sanggar seni ini pada sore hari akan disuguhi pertunjukan musik angklung yang luar biasa. Pertunjukan musik yang dimainkan para musisi cilik yang berbakat ini menyajikan lagu-lagu tradisional dan modern. Tempat ini berfungsi sebagai one stop cultural workshop. Pengunjung sanggup melihat-lihat banyak sekali kerajinan dari bambu, sekaligus laboratorium edukasi dan sentra training budaya angklung. Saung Angklung Udjo berada di jalan Padasuka 118 Bandung.

4. Wisata ke Jalan Braga Bandung

Salah satu sudut di Jalan Braga

Berjalan-jalan di jalan Braga pada malam hari menyerupai menemukan kehidupan yang tak pernah tidur. Latar bangunan bau tanah di sepanjang jalan selalu diramaikan oleh pengunjung yang tidak pernah surut. Para pejalan kaki sanggup mampir di toko-toko yang berjajar di sepanjang jalan Braga atau singgah di café atau restoran bergaya Eropa. Di sini pengunjung juga sanggup menikmati pertunjukan musik jalanan yang khas.

5. Tempat Wisata Keluarga De Ranch Bandung

photo credit

Menikmati permainan golf di salah satu tempat tertinggi di Bandung merupakan pengalaman yang menyenangkan. Tingkat kesulitan medan permainan golf ini sangat menantang, menyerupai bunker, jurang, kolam, hutan dan sungai, Dari balkon lantai 2 pengunjung sanggup menikmati hamparan pemandangan kota Bandung. Di sini juga disediakan toko perlengkapan golf yang menyediakan banyak sekali brand golf populer dan aksesoris golf. Mountain View Golf Club berada di jalan Dago Pakar Raya.

7. Objek Wisata Alam Ranca Upas

Pemandangan Alam Ranca Upas via fromwoman.com

Ingin mencicipi hidup di alam terbuka? Menginap di kemah dan berpetualang ala Pramuka? Di sini tempatnya. Di Ranca Upas, pengunjung sanggup melaksanakan aktivitas outbound, memancing ikan di kolam yang disediakan, menyusuri hutan dan melihat-lihat peternakan rusa. Tips untuk mendatangi tempat ini yaitu selalu menggunakan jaket dan membawa pakaian hangat lainnya, lantaran tempat ini sangat masbodoh terutama pada malam hari.

8. Tempat Wisata Alam Air Panas Cibolang

photo credit

Tempat wisata ini agak jauh dari kota Bandung, berada sekitar 40 km dari Pengalengan, tepatnya berada di Bandung Selatan. Luasnya sekitar 2 hektar dan mempunyai pemandangan alam yang luar biasa. Suasana sumber air panas ini sangat tenang, cocok untuk melaksanakan meditasi atau sekedar relaks melepas penat. Air panas Cibolang berasal dari Gunung Windu yang mengandung sulfur dan bermacam-macam mineral yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Khasiat lain dari air panas Cibolang dipercaya sanggup menyembuhkan penyakit rematik.

9. Tempat Wisata Edukasi Teropong Bosscha

Bosscha yaitu observatorium yang dipakai untuk sentra penelitian meteorologi dan benda-benda angkasa yang berada di Lembang. Yang populer dari bangunan ini yaitu tiga buah teropong bintang yang berukuran cukup besar.  Sayangnya, tempat ini tidak sanggup dikunjungi setiap saat, maka jikalau berkesempatan masuk ke tempat ini jangan sia-siakan. Di sini pengunjung sanggup melihat benda langit lebih dekat, menyerupai Matahari dan planet-planet yang berada di sekitar Bumi. Bosscha juga menyajikan video pendek, poster sejarah, dan tayangan edukatif ilmu astronomi bagi pengunjung.

10. Tempat Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Flickr/Jose Javier Martin Espartosa

Sekitar 50 km di selatan kota Bandung, terdapat wisata alam yang indah. Di sini ada Kawah Putih yang terbentuk dari letusan gunung Patuha. Yang menarik dari tempat ini yaitu perpaduan warna pasir putih dengan dengan air yang berwarna putih kehijauan. Warna air sanggup berubah tergantung kadar belerang, faktor cuaca dan suhu. Karena keindahannya tempat ini sering dijadikan tempat melukis, latar foto prewedding, atau aktivitas olahraga mendaki dan berkuda.

Itulah tempat wisata di Bandung yang masih jarang diketahui orang. Padahal pemandangan yang ditawarkan tidak kalah indah dengan tempat wisata lain di Bandung yang sudah terkenal. Bagi wisatawan yang sudah beberapa kali mengunjungi Bandung tidak ada salahnya mengunjungi objek wisata tersebut untuk memperkaya pengalaman berpetualang, terutama di kota Bandung.

Tips untuk berwisata ke kawasan pegunungan di Bandung yaitu sebaiknya membawa kendaraan langsung atau menyewa kendaraan, lantaran banyak tempat wisata yang belum terjangkau angkutan umum, apalagi sebagian besar tempat wisata yang telah disebutkan sebelumnya. Tempat wisata tersebut masih jarang dikunjungi jadi belum ada transportasi umum untuk mencapai tujuan.

Jika tidak ingin repot sanggup juga menggunakan jasa tour dengan membeli paket wisata. Menggunakan paket wisata justru akan meliputi banyak tempat wisata lain yang sanggup dikunjungi dalam sehari. Sebab dalam paket wisata disediakan kendaraan, guide dan tiket masuk tempat wisata.

Sumber Referensi : lamudi

News Feed