oleh

10 Daerah Wisata Di Sumatera Utara Yang Indah Dan Menarik

Medan merupakan ibu kota provinsi ini. Dengan luas wilayah mencapai 72.981,23 km2, masuk akal rasanya kalau Anda akan banyak melihat masyarakat dari aneka macam suku bangsa. Terdapat 7 suku bangsa besar di sini, yaitu Batak, Jawa, Nias, Melayu, Tionghoa, Minangkabau, Banjar dan lain sebagainya. Ragam budaya, adat, bahasa hingga dengan kuliner tercipta di sini. Tentunya hal ini menjadi salah satu daya tarik daerah Wisata di Sumatera Utara.

Selain masyarakat dan budayanya, Sumatera Utara juga menyajikan daerah wisata alam. Dilalui oleh pegunungan Bukit Barisan, provinsi ini juga mempunyai danau yang paling populer di seluruh Indonesia. Apa saja daerah wisata tersebut? Berikut kupasan habis perihal daerah wisata di Sumatera Utarayang wajib untuk Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Sumatera Utara

1. Danau Toba

Photo credit

Belum disebut sebagai kunjugan ke Sumatera Utara kalau belum mengunjungi daerah wisata legendaris ini, apalagi kalau bukan Danau Toba. Memiliki panjang 100 km dan lebar mencapai 30 km menciptakan danau ini menjadi danau paling besar di Indonesia dan Asia Tenggara. Sumber menyatakan bahwa danau ini terbentuk dari ledakan gunung vulkanik sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Sedemikian dahsyat ledakannya menciptakan debu vulkanik gunung ini berterbangan bahkan hingga ke kutub utara. Selain itu, ledakan ini juga membunuh insan hingga dengan 60% jumlah populasi insan seluruh dunia pada dikala itu. Cekungan hasil ledakan vulkanik tersebut balasannya dipenuhi air tawar hingga menjadi sebuah danau.

Terletak di Parapat, Sumatera Utara, Danau Toba akan menyuguhkan pemandangan yang meyegarkan mata, perairan dengan warna awan yang mendamaikan dan pengunungan hijau yang akan menciptakan Anda betah untuk berlama-lama di sini. Cukup dengan waktu 3-4 jam dari Medan, Anda sudah sanggup mencapainya. Fauna orisinil danau menyerupai ikan batak akan Anda temui disini.

2. Pulau Samosir

Tempat Wisata di Sumatera Utara Pulau Samosir

Salah satu bentukan dari acara vulkanik dibawah danau Toba yakni pulau Samosir. Belum sah kunjungan Anda ke danau Toba kalau belum menapaki pulau ini. Memiliki ketinggian di atas 1000 mdpl dan panorama, serta keunikan budaya yang mempesona menciptakan daerah wisata di Sumatera Utara ini menjadi ikon unggulan. Keunikan kuliner, budaya dan sejarah Batak yang akan menciptakan anda terpikat sanggup ditemui di Tuktuk (pusat wisata Samosir). Untuk mencapai pulau Samosir Anda sanggup memakai kapal feri atau jalur darat di Pangururan (daratan yang menghubungkan Samosir dengan pulau Saumatera).

3. Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura

Memiliki ketinggian 250 meter menciptakan teladas ini dinobatkan sebagai teladas tertinggi di Indonesia. Bersumber dari Sungai Asahan dengan hulu Danau Toba, menciptakan anutan air di daerah ini sangat deras. Wajar bila Anda akan banyak menjumpai banyak kompetisi rafting di sungai Sigura-gura. Meskipun demikian tak usah takut, Anda tetap akan sanggup berenang di bawah air terjunnya dengan aneka macam wisatawan domestik maupun asing.

4. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

hanminlynn.com

Memiliki nama yang unik dikarenakan daerah wisata ini berupa bukit kapur yang putih, menyerupai salju dengan mata air panas bersuhu hingga dengan 90° c di tengahnya. Tempat wisata di Sumatera Utara ini berlokasi diDesa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun (akses 3-4 jam dari Medan). Anda niscaya tak akan pernah membayang kalau di tengah-tengah hutan dan tebing terdapat keindahan yang memukau mata. Namun pastikan kalau Anda sedang berkunjung ke daerah wisata di Sumatera Utara yang satu ini, untuk membawa bekal, alasannya yakni belum adanya warung ataupun daerah penginapan di sana.

5. Air Terjun Sipiso-piso

Tempat Wisata di Sumatera Utara Air Terjun Sipiso-piso

Kembali lagi kalau membahas air terjun, maka Sumatera Utara tidak akan kehabisan kandidat. Terletak di  Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, teladas ini sanggup dicapai dalam waktu 2 jam dari Kabanjahe (ibu kota kabupaten Karo). Seperti namanya, piso-piso berarti pisau, bahwa derasnya teladas ini terlihat menyerupai pisau. Untuk mencapainya Anda diharuskan menuruni 100 anak tangga yang berliku-liku. Jangan khawatir, Anda tak akan pernah menyesal kalau sudah melihat teladas tersebut.

6. Danau Linting

Danau Linting

Membahas danau air panas yang satu ini memang sangat menarik. Terletak di 3 desa, yaitu desa Sibunga-bunga, desa Gunung Manumpak dan desa Durian IV Mbelang yang terdapat di kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, kabupaten Deliserdang. Danau ini mempunyai kedalaman yang belum sanggup dipastikan, pernah dikatakan bahkan lebih dari 100 m, jadi berhati-hatilah bagi Anda yang ingin renang di sini. Warna dari danau ini yakni hijau toska dengan anyir sulfur dari airnya. Untuk menjangkau daerah wisata di Sumatera Utara ini Anda harus bersabar, alasannya yakni meskipun hanya berjarak 2 jam dari Medan, namun jalannya banyak yang berbatu dan berlumpur. Kendati demikian Anda akan dihibur dengan pemandangan kebun kelapa sawit dan kakao yang teduh di sepanjang jalan.

7. Pulau Nias

Wisata Pulau Nias

Ingat dengan gambar pelompat watu di salah satu uang kita? Di mana lagi Anda sanggup menemukan the real jumper itu kalau bukan di desa Bawomatuo, di pulau Nias. Di sana, Anda akan melihat pribadi atraksi lombat watu setinggi 2 meter tersebut. Berlokasi di sebelah barat pulau Sumatera, pulau ini menyimpan sejuta pesona yang bahkan telah diakui hingga di mancanegara. Tak hanya susila dan budaya, namun juga pesona alam pantainya yang memikat hati wisatawan untuk mencoba surfing di sana.

8. Istana Maimun

 Istana Maimun, credit

Ibu kota provinsi juga mempunyai andalannya. Tak lain yakni istana Maimun yang merupakan peninggalan kerajaan Deli. Bangunan seluas 2700 m2 tersebut mempunyai perpaduan gaya Melayu, Islam, Spanyol dan Italia. Layaknya dalam istana kerajaan manapun, Anda sanggup menemukan peninggalan kerajaan di sini, menyerupai perabotan, foto ataupun senjata. Jika berkunjung ke istana ini jangan lupa untuk menyiapkan dokumentasi yang memadai, alasannya yakni Anda bahkan akan melihat singgasana raja secara langsung.

9. Kampung Madras/ Kampung Keling

Kampung Madras/ Kampung Keling

Berlokasi di antara kecamatan Medan Polonia dan Medan Petisah, kampung ini mempunyai daya pikat sejarah dan budayanya. Awalnya hanya komunitas keturunan India yang mendiami kampung ini, namun sekarang bahkan lebih banyak keturunan Tionghoa di sini. Di sini ada kuil Hindu dan Vvihara tertua di Medan, yaitu Kuil Sri Mariamman dan Vihara Gunung Timur. Meskipun keturunan India sudah sedikit, namun Anda masih sanggup menemui penjual makanan, pernak-pernik dan baju India di sana.

10. Rumah Tjong A Fie

wisatajiwa.wordpress.com

Yang terakhir yakni rumah Tjong A Fie. Rumah ini merupakan peninggalan seorang terpandangTionghoa berjulukan Tjong A Fie yang meninggal tahun 1926 akhir pendarahan otak. Pada masanya, A Fie dikenal sebagai seorang pengusahayang gemar memberi terhadap warga sekitar tanpa membedakan etnis budaya. Bahkan sosok ini banyak membantu dalam pembuatan Istana Maimun, Gedung Balaikota Lama, masjid, gereja, kuil Budha dan Hindu. Wasiat terakhirnya yakni supaya seluruh hartanya dipakai untuk membantu masyarakat sekitar dalam bidang pendidikan, ataupun kesejahteraan.

Demikian 10 daftar daerah wisata di Sumatera Utara yang wajib Anda kunjungi. Tunggu apalagi? Segera kemas koper dan siapkan diri Anda untuk menikmati pesona Sumatera Utara.

INFO UPDATE