oleh

10 Daerah Wisata Di Kaliurang Sleman Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Kaliurang Sleman yang Wajib Dikunjungi – Kaliurang merupakan salah satu tempat wisata populer di Yogyakarta. Letaknya berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman; 25 kilometer dari sentra kota. Di zaman penjajahan, Kaliurang dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi nyonya dan meneer Belanda. Selain itu, Kaliurang pun menjadi saksi bisu dari sebuah insiden sejarah, di mana  Notulen Kaliurang lahir pada 13 Agustus 1948 dari hasil negosiasi Indonesia dan Komisi Tiga Negara.

Di masa kini, Kaliurang telah menjadi tempat favorit bagi pelancong yang ingin menikmati panorama Gunung Merapi. Karena lokasinya berada di dataran tinggi—sekitar 900 meter di atas permukaan laut—Anda tidak akan kepanasan. Suhu di Kaliurang ada di kisaran 20 hingga 25 derajat Celcius. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan berupa gunung, bentangan alam yang indah, dan udara segar yang jarang didapatkan di kota besar.
Jika tertarik, di bawah ini ada beberapa tempat wisata di Kaliurang yang wajib dikunjungi kalau Anda berlibur ke Yogyakarta.

Tempat Wisata di Kaliurang Sleman

1. Museum Vulkanik Merapi


Tidak lengkap rasanya kalau Anda tidak mengunjungi Museum Vulkanik Merapi. Museum ini diresmikan pada tahun 2010 dan bangun dengan latar sang gunung berapi. Saat masuk ke museum, Anda akan disambut replika sebaran awan panas dari tiga letusan Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994, dan 2004. Di ruangan lain, Anda juga akan menemukan tipe letusan gunung api, koleksi dari letusan-letusan tahun 2006, batuan Gunung Merapi semenjak 1930, dan potret-potret sang gunung dari masa ke masa. Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu mengeluarkan 3.000 rupiah dan 5.000 untuk tiket film. Museum Vulkanik Merapi buka dari pukul 08.00 pagi hingga 03.30 sore.

2. Wisma Doa Emalta


Ada satu objek religi bagi umat Katolik di Kaliurang yang sanggup Anda kunjungi, yaitu Wisma Doa Emalta atau kerap disebut Bukit Doa Emalta. Letaknya sekitar 150 meter dari terminal Kaliurang dan sanggup ditempuh dengan taksi selama 20 menit dari Bandara Adi Sucipto. Wisma ini terdiri dari 16 gua doa yang dinamai dengan nabi-nabi dalam Alkitab, serta 48 kamar doa dan satu aula berkapasitas 250 orang. Selain itu, ada menara doa Habakuk, asrama untuk tamu (laki-laki dan wanita dipisah), serta sebuah perpustakaan yang didekasikan untuk Pendeta Damaris.

3. Taman Wisata Plawangan Turgo


Para wisatawan yang menyukai kegiatan lintas alam wajib mengunjungi Taman Wisata Plawangan Turgo. Tempat wisata di Kaliurang ini menyuguhkan pemandangan indah berupa hutan tropis dan bebatuan hasil letusan Gunung Merapi yang sudah berusia 40.000 tahun. Selain itu, Anda juga sanggup melihat wilayah yang terkena semburan awan panas pada tahun 1994 dan mengamati monyet-monyet yang tinggal di objek wisata ini.

4. Gardu Pandang


Gardu Pandang ini merupakan salah satu pos pengamatan Gunung Merapi. Untuk mencapai Gardu Pandang, Anda perlu melaksanakan pendakikan yang cukup melelahkan selama 50 menit. Namun, setibanya di puncak bukit, rasa lelah tadi akan terbayar dengan pemandangan beruba pegunungan yang masih asri dan udara segar. Kemudian, Anda juga sanggup mengamati Gunung Merapi dari Gardu Pandang. Waktu terbaik untuk melihat gunung tersebut ialah sebelum sore, sebab pada ketika itu kabut belum menyelimuti puncak.

5. Tlogo Putri


Tlogo Putri merupakan tempat wisata di Kaliurang yang memadukan wisata air dan alam. Anda dan keluarga tentunya akan sangat menikmati rimbunnya pepohonan dan udara segar. Sedangkan tlogo (danau) di sini menjadi objek yang pas bagi belum dewasa untuk bermain becak air atau kano. Selain itu, ada wahana lain berupa flying fox sebagai alternatif. Di Tlogo Putri juga sering diadakan pentas seni menyerupai canpur sari, topeng ireng, kubro siswo yang sanggup dinikmati secara gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan 2.500 rupiah perorang untuk masuk ke Tlogo Putri (belum termasuk biaya parkir).

6. Gua Jepang


Di Kaliurang, ada sebuah gua peninggalan penjajahan Jepang yang cocok untuk pecinta sejarah. Dahulu, gua ini dijadikan tempat berlindung para tentara dari serangan Sekutu dan tempat tinggal sementara. Keunikan Goa Jepang terletak pada 25 pintu di dalamnya yang saling berafiliasi dan kondisinya masih sama menyerupai dulu. Untuk mencapai gua ini dari Nirmolo Kaliurang, Anda harus trekking selama 45 menit.Jika Anda masih kuat, Anda sanggup menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari bersahabat dengan mengakses pertigaan antara Plawangan dan Goa Jepang. Jangan khawatir akan tersesat, sebab akan ada pemandu yang siap membantu Anda.

7. Taman Bermain Anak-Anak


Jika belum dewasa Anda kelelahan, bawa mereka ke Taman Bermain Anak-Anak. Tempat wisata di Kaliurang ini bukan hanya menyediakan aneka jenis permainan menyerupai ayunan, mobil-mobilan, dan jungkat-jungkit, tetapi juga pepohonan serta udara sejuk yang sanggup menenangkan pikiran. Sambil mengawasi anak-anak, Anda juga dapa menyiapkan bekal makan untuk istirahat sebagai persiapan sebelum kembali melaksanakan tur wisata di Kaliurang.

8. Wisata Kaliadem


Tempat wisata di Kaliurang ini terletak 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Berlokasi di lereng selatan gunung berapi tersebut, Kaliadem dulunya merupakan tempat rekreasi yang dipakai para pelancong untuk berkemah diklat, outbound, hingga pendakian. Sayangnya, sehabis erupsi besar pada tahun 2006 silam, Kaliadem menjadi tempat timbunan material letusan dari Gunung Merapi. Namun, dari hasil timbunan tersebut, muncul beberapa fenomena unik menyerupai watu berdengung dan pasir berdesis yang melahirkan wisata tur lava.

9. Glagaharjo


Selain Kaliadem, Galagaharjo menjadi salah satu dusun yang terkena erupsi besar Gunung Merapi pada tahun 2010 silam. Saat itu, masyarakat di dusun tersebut harus tinggal di shelter dan beberapa kembali ke rumah ketika situasi membaik. Sementara serpihan dusun yang rusak parah sebab timbunan material gunung sekarang menjadi objek wisata yang diminati para turis. Selain itu, Anda juga sanggup menyaksikan sebuah bunker tempat berlindung dari letusan yang merenggut nyawa dua relawan.

10. Air Terjun Tlogomuncar


Tempat wisata di Kaliurang ini berlokasi di salah satu lereng Gunung Merapi. Air Terjun Tlogomuncar mempunyai ketinggian sekitar 30 hingga 45 meter dan berada pada ketinggian 878 meter di atas permukaan laut. Suhu di sekitar gerojokan pun sangat sejuk, yaitu 20 hingga 25 derajat Celcius. Terletak 28 kilometer dari sentra kota, Anda sanggup mengkasesnya dengan kendaraan beroda empat atau bis wisata. Anda hanya perlu mengeluarkan 1.500 rupiah untuk menikmati keindahan Air Terjun Tlogomuncar (belum termasuk biaya parkir).

Baca Juga :
10 Destinasi Wisata Kuliner Jogja yang Unik dan Istimewa
10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Sayang Dilewatkan
5 Tempat Wisata Gunung Kidul yang Wajib Anda Kunjungi
12 Referensi Hotel Murah di Jogja
12 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer

Itulah 10 tempat wisata di Kaliurang yang wajib Anda kunjungi ketika bertandang ke Yogyakarta. Selain panorama indah dari gugusan bukit dan pegunungan, Anda juga akan mendapat pengetahuan seputar kegiatan Gunung Merapi dan peninggalan-peninggalan sejarah di objek wisata tersebut. Jadi, tunggu apalagi? Siapkan budget dan bekal untuk segera bertualang di Kaliurang!

Sumber:
https://sites.google.com/site/wisataairterjun/daerah-istimewa-yogjakarta/air-terjun-tlogoputri—sleman
http://www.kompasiana.com/listyaningrum/gardu-pandang-kaliurang-tujuan-wisata-di-yogyakarta_54f91a93a3331100448b4bc7
http://wisatatour.com/?Wisata_Alam:Kaliurang
http://www.tempatwisataid.com/21/pesona-keindahan-wisata-kaliurang-yogyakarta.html
http://www.njogja.co.id/sleman/tlogo-putri-kaliurang/
http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/jogjakarta/ini-6-spot-menarik-wisata-kaliurang-di-kaki-merapi-jogja/2671/

https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/other/museum-gunung-api-merapi/

News Feed