Waktu Terlarang Membaca Alquran

Waktu Dan Tempat Yang Dilarang Membaca Alquran – Al-Quran merupakan kitab suci dan pedoman hidup bagi orang Islam. Membacanya merupakan ibadah dan bernilai pahala dari Allah SWT. Bahkan, didalam hadist disebutkan jika satu hurufnya diganjar bersama satu kebaikan dan dilipatkan jadi sepuluh kebaikan.

Tidak salah, jika tidak benar satu ibadah paling agung adalah membaca Al Quran. Itulah mengapa banyak sekali Umat Muslim yang berlomba-lomba membaca Alquran dan menghapalnya. Bahkan jadi rutinitas yang tidak menginginkan ditinggalkan.

Namun, bersama banyak keutamaan tersebut, bukan artinya Alquran sanggup dibaca sembarang waktu. Ada saat-saat terlarang Alquran tidak boleh dibaca. Kapan saja kala tersebut? Berikut ringkasannya.

Waktu selanjutnya adalah ketika berada di lokasi permainan, hiburan dan di perkumpulan orang-orang pandir yaitu orang-orang bodoh yang sok paham dan bebal. Imam Al Qurthubi berkata, “Jangan membaca Al Qur’an di tempat-tempat permainan dan hiburan dan di perkumpulan orang-orang pandir. Tidakkah Anda perhatikan bahwa Allah mengatakan cii-ciri hamba-hambaNya (Ar rahman) serta memuji mereka layaknya didalam firmanNya:

Dan kalau mereka bertemu bersama orang-orang yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka berlalu bersama melindungi kehormatan dirinya.” (QS Al Furqon 72).”

Kita sebetulnya terlampau disarankan untuk membaca Alquran, tapi wajib paham kala paling baik untuk membacanya. Sementara ketika berada di jalur raya atau kendaraan umum, maka membaca alquran diperbolehkan. Hal ini sesuai bersama riwayat berikut:

Dari Abdullah bin Mughaffal ra, dia berbicara bahwa: “Aku melihat Rasulullah Saw pada hari pembebasan kota Mekkah dan kala itu beliau membaca surat Al-Fath di atas tunggangannya.”(HR. Bukhari).

Sementara itu membaca Al Qur’an yang paling baik adalah di didalam shalat. Menurut madzhab Asy-Syafi’i dan lainnya, bahwa berdiri lama didalam shalat lebih baik daripada sujud yang lama.

Sementara membaca Al Qur’an di luar shalat, maka yang paling utama adalah pada kala malam dan didalam separuh paling akhir dari kala malam lebih baik daripada separuh pertama.

Membacanya di antara Maghrib dan Isya’ disukai. Sementara pembacaan pada kala siang, maka yang paling utama adalah sesudah shalat Subuh dan tidak ada makruhnya membaca Al-Qur’an pada waktu-waktu yang punya mengandung makan. Namun jika teman baik rajin membaca Al Qur’an, inilah faedah membaca Al Qur’an yang jarang Anda Ketahui :

1. Mendapat Ketenangan

Menurut penelitian seorang dokter ahli jiwa, Al-Quran dapat memberi tambahan ketenangan kepada pembacanya dan yang mendengarkan sampai bersama dengan 97%. Terdapat sebuah laporan penelitian yang disampaikan pada konferensi kedokteran Islam di Amerika Utara, bahwa orang yang mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran akan meraih ketenangan sampai bersama dengan 97%.

2. Dapat Mengobati Penyakit

Setiap atom yang terdapat di dalam tubuh kita mengalami suatu getaran di dalam frekuensi tertentu. Jika kita tengah di serang penyakit maka getaran atom-atom pada tubuh kita akan berubah. Jika ada Perubahan sekecil apa-pun getaran atom ditubuh kita, maka kita akan di serang penyakit.

Jika kita membaca atau mendengarkan Al-Quran, maka lantunan ayat Al-Quran tersebut akan merubah getaran atom-atom yang tidak beraturan menjadi ulang normal dan akan membawa dampak tubuh kita sehat kembali. Hal ini juga dijelaskan pada Hadits Rasulullah SAW :“Hendaklah anda pakai ke-2 obat-obat: madu dan Alqur’an”(HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud)

3. Mencerdaskan Otak

Menurut penelitian para ahli, membaca Quran sesudah Maghrib dan Setelah Shubuh akan menambah kecerdasan kita sampai bersama dengan 80%. Hal ini dikarenakan, pada waktu tersebut ada perubahan siang ke malam dan sebaliknya yang mana di waktu-waktu tersebut terjadi 3 kesibukan sekaligus yakni melihat, mendengar serta membaca (Al-Quran).

4. Terhindar Dari Perbuatan Buruk

Setiap kali membaca Al-Quran sudah pasti kita akan ingat kepada pencipta langit dan bumi, yakni Allah. Hal ini akan membawa dampak kita akan cemas berbuat dosa atau keburukan. Karena kita akan tau Allah selalu mengawasi kita dimanapun berada. Apabila kita terlanjur berbuat dosa, maka disaat kita membaca Al-Quran kita akan cemas untuk mengulanginya ulang gara-gara tiap tiap kali kita membaca Al-Quran, Allah akan menyapa kita melalui ayat-ayat Al-Quran.

5. Menambah Ilmu dan Wawasan

Al-Quran mempunyai kandungan banyak sekali pengetahuan pengetahuan. Apabila kita mengerti mengisi Al-Quran, otomatis kita akan menjadi orang yang berilmu. Bahkan Al-Quran lebih dulu memberi tambahan teori-teori tentang pengetahuan pengetahuan dibandingkan para ilmuwan-ilmuwan. Masih banyak ilmu-ilmu pengetahuan yang terdapat di dalam Al-Quran yang belum diketahui.

6. Al-Quran Memberikan Petunjuk

Orang yang selalu/rajin membaca Al-Quran akan selalu diberikan arahan supaya tidak enteng untuk berlaku menyimpang dan patah semangat. Hal ini disebabkan gara-gara ayat-ayat Allah selalu mengingatkan pembaca Al-Quran disaat mereka tersandung ke di dalam dosa dan maksiat.

7. Mendapat Pertolongan di Hari Kiamat

Dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan Imam Muslim, “Bacalah Alquran oleh anda sekalian, gara-gara bacaan Alquran yang dibaca disaat hidup di dunia ini akan menjadi syaat atau penolong bagi para pembacanya di hari kiamat nanti.” Untuk itu, perbanyaklah membaca Alquran disaat Anda tetap dapat membacanya supaya mendapat dukungan di hari kiamat nanti.

Berita Lainnya