Tempat Wisata Di Jawa Timur

Tempat Wisata Di Jawa Timur bisa kunjungi dalam di beberapa daerah salah satunya Jatim dengan berbagai olahan makanan laut, kreativitas makanan daging, dan beberapa makanan kuliner khas Jatim lainnya. Salah satu yang terkenal merupakan sate Madura. Atau, Anda bisa pergi ke Mojokerto untuk mencicipi onde-onde yang lezat dan berbagai macam kuliner lainnya. baca juga Tempat Wisata Di Jawa Barat dan Tempat Wisata Di Jakarta.

Untuk akses menuju menjangkau tempat wisata di Jawa Timur juga sudah didukung dengan berbagai alat transportasi serta infrastruktur yang baik. Bandara udara Djuanda merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Di Jawa Timur, Anda bisa dengan mudah mendapatkan bis umum, menaiki angkot, atau menyewa mobil untuk dimanfaatkan secara private, sampai taksi. Bahkan, opsi mengelilingi kota dengan becak atau ojek merupakan hal yang bisa Anda temukan di sana.

Berikut Tempat Wisata Di Jawa Timur yang kami rangkum di beberapa daerah yang paling Eksotis di Jawa Timur yang  anda wajib kunjungi antara lain yaitu sebagai berikut :

Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen yang merupakan salah satu dari rangkaian gunung berapi di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru, dan Merapi. Gunung Ijen terletak di sebelah timur Gunung Merapi (di Jawa Timur juga terdapat gunung yang memiliki nama yang sama dengan gunung di Jawa Sedang yakni Gunung Merapi). Kawasan Wisata Kawah Ijen atau Cagar Alam Taman Wisata Ijen terletak di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

Kawah Ijen terletak di ketinggian 2. 368 meter di atas permukaan laut. Yang menarik adalah kawah ini terletak di sedang kaldera yang terluas di Pulau Jawa. Ukuran kaldera sekitar 20 kilometer. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

Gunung Bromo di Malang

Gunung Bromo di Malang

Gunung Bromo di Malang

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2. 392 Meter dari atas permukaan laut dan berada dalam 4 lingkup kabupaten, yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Keadaan alam gunung Bromo bertautan pula dengan lembah, ngarai, caldera atau lautan pasir dengan luas sekitar 10 Km. Gunung Bromo juga termasuk dalam 1 kawasan Bromo Tengger Semeru National Park, dimana terdapat beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti, Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok, beberapa danau dan Gunung Bromo sendiri.

Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Gunung Bromo sudah mengalami letusan dengan interval waktu yang teratur dalam 20 abad ini, yakni sekitar 30 tahun sekali. Letusan terbesar terjadi pada tahun 1974 dan kembali meletus di tahun 2010.

Selain keindahan yang tersimpan di Gunung Bromo, Yadna Kasada atau Upacara Kasodo lah yang membuat Gunung Bromo menjadi tujuan destinasi utama setiap tahunnya. Upacara Kasodo digelar setiap tahun pada bulan purnama di desember atau January. Asal muasal Upacara Kasodo ini bermula sejak abad ke-15 di mana diceritakan tentang 1 orang putri bernama Roro Anteng yang memimpin kerajaan Tengger dengan suaminya, Joko Seger. Pasangan ini gak memiliki anak dan karena itu mereka berdoa dan memohon pada dewa-dewa gunung untuk diberikan anak.

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi mungkin terdengar asing di telinga sebagian wisatawan domestik. Popularitasnya mungkin saja gak terkenal seperti kawasan wisata Batu Malang atau wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung. Tetapi, salah satu pantai unik di Banyuwangi ini begitu terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur. Juga, merupakan salah satu destinasi yang disukai wisatawan asing terutama pecinta olahraga selancar (surfing).

Pantai Pulau Merah, masyarakat lokal sering menyebutnya sebagai Pulo Merah, terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Meski dinamakan dengan “Pulau Merah”, salah satu tempat wisata di Banyuwangi ini sesungguhnya memiliki hamparan pasir berwarna putih agak kecoklatan. Tetapi pada saat musim kemarau tiba, maka kawasan pantai ini akan terlihat kemerahan.

Gua Gong di Pacitan

Gua Gong di Pacitan

Gua Gong di Pacitan

Gua Tabuhan berlokasi di bukit kapur Tapan dengan mulut gua yang melengkung lebar dihiasi oleh stalagtit dan tonjolan batu sisa pelarutan. Atap ruang besar di belakangnya ditumbuhi oleh biostalaktit yang membengkok ke arah luar gua. Di bagian ujung lorong gua terdapat bekas pertapaan Sentot Prawirodirjo, 1 orang panglima perang zaman Perang Diponegoro (1825 ­ 1830). Sedimen gua yang tebalnya mencapai 5 meter berisi lapisan tuf berwarna putih dan artefak batu. Gua Tabuhan ini pernah dihuni oleh orang prasejarah yang hidup belasan ribu tahun kemudian. Gua Tabuhan sudah didatangi pengunjung sejak akhir Abad 19 dan pertunjukan gamelan batu menjadi salah satu daya tarik situs gua ini. Oleh karenanya, gua ini terkenal dengan nama Gua Tabuhan.

Sepanjang jalan ke Goa Gong akan melewati daerah perbukitan yang dengan goa-goa di dalamnya. Goa-goa di Pacitan ini pada biasanya terbentuk dari jenis batuan Karst, batu yang tampak hitam dan sangat keras. Pada awal mulanya Goa Gong diketemukan oleh 2 orang penduduk lokal yang tanpa sengaja sedang ingin mencari sumber air.

Jangan membayangkan keadaan goa yang gelap dan menakutkan, karena saat masuk ke mulut goa yang sejauh 300 M, pengunjung akan menikmati goa Gong ini dengan nyaman. Gak betul-betul terang, tapi goa Gong di fasilitasi dengan cahaya lampu yang temaram di sepanjang jalan masuknya. Hal ini yang menjadikan goa Gong lain dari goa-goa yang lain di Pacitan.

Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu adalah salah satu dari surga panorama wisata Indonesia. Daya tarik Pulau ini adalah 1 buah danau alami yang berada di tengah-tengah pulaunya. Danau ini terbentuk dari ganasnya ombak air laut selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Selain itu, pasir yang terdapat di Pulau Sempu sangatlah bersih dan lembut.

Lokasi Pulau Sempu sendiri berada di Pantai (Tempat Pelelangan Ikan) Sendang Biru Kabupaten Malang (Malang Selatan), Propinsi Jawa Timur. Untuk mencapai Pulau ini dari kota Malang anda disarankan membawa kendaraan pribadi roda 4. Jarak dari kota Malang ke Pulau Sempu sendiri sekitar 69 km. Saat anda tiba di Pantai Sendang Biru, anda harus menyewa perahu boat yang berbiaya sekitar 150 ribu untuk mencapai Pulau Sempu. Jangan lupa, nanti Ibu penjaga perahu akan memberikan nomor hpnya untuk anda hubungi saat anda bermaksud akan pulan, dan minta dijemput di tepi Pantai Pulau Sempu.

Berita Lainnya