Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Menarik

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Jawa Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara.

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Candi Borobudur

Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Candi Borobudur

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Candi Borobudur

Borobudur merupakan sebuah monumen benda bersejarah pada zaman dulu kala yaitu candi Buddha yang terletak di Borobudur antara Magelang dan Jawa Tengah di Indonesia. Lokasi candi ini kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 86 km di sebelah barat Surakarta begitu juga 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia merupakan sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Banyak orang di seluruh dunia menjadikan Candi Borobudur sebagai tempat yang wajib dikunjungi dalam hidupnya. Kompleks wisata Candi Borobudur menyediakan fasilitas dan akomodasi yang cukup lengkap, seperti hotel/penginapan, restoran/rumah makan, toko-toko cinderamata yang sangat komplit, pom bensin, dan sarana komunikasi, seperti wartel dan warnet. Di sekitar Candi Borobudur, juga banyak andong (sejenis kereta kuda) yang bisa dimanfaatkan untuk berjalan-jalan di sekitar kompleks candi. Sedangkan di dalam kompleks candi, juga terdapat kereta bermesin jika kita capek atau malas berjalan sampai ke bangunan candi. Di dalam kompleks Candi Borobudur juga terdapat museum-museum yang sangat menarik untuk dikunjungi

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Dieng

Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Dieng

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Dieng

Dieng merupakan kawasan dengan dataran yang tinggi di Jawa Tengah ini termasuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Dieng adalah kawasan gunung berapi vulkanik yang masih aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata dari kawah gunung tersebut adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20°C di siang hari dan 6-10°C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0°C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Tempat Wisata Dieng begitu beragam dengan lokasinya yang tersebar disegala penjuru Dieng. Karena itu, Kadang Wisatawan yang telah sampai di Wonosobo atau bahkan Dieng pun masih kesulitan untuk menjangkau tempat-tempat wisata yang mana Jalur akses menuju tempat tersebut kurang familiar, terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali ke Dieng.

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Lawang Sewu di Semarang

Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Lawang Sewu di Semarang

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Lawang Sewu di Semarang

Bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibangun pada 1904 ini merupakan sebuah tempat wisata di Jawa Tengah yang populer. Pada awalnya, Lawang Sewu adalah kantor pusat perusahaan kereta api (trem) Belanda.
Karena memiliki pintu yang banyak, jumlah lubang pintunya terhitung sebanyak 429 buah dengan daun pintu lebih dari 1.200, masyarakat Semarang menamakannya Lawang (pintu) dan Sewu (seribu), artinya seribu pintu. Salah satu tempat wisata Semarang yang unik ini kerap juga dijadikan sebagai tempat pre-wedding bagi sebagian pasangan yang hendak menikah.

Untuk dapat masuk kesana Anda harus membayar tiket masuk Lawang Sewu sebesar Rp 10 ribu per orang. Jika ingin memasuki ruangan bawah tananhya, maka Anda harus membayar Rp 30 ribu per orang.

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Kota Lama Semarang

Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Kota Lama Semarang

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Kota Lama Semarang

Jika sudah Anda mengenal Kota Tua di Jakarta, maka Kota Lama Semarang adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang dikenal banyak kalangan penikmat perjalanan. Anda dapat menemukan rekaman tata bangun wilayah berarsitektur Eropa yang ada di tempat ini. Objek wisata di Semarang yang satu ini dijuluki pula sebagai (Little Netherland).

Landmark paling menarik di kawasan Kota Lama adalah Gereja Blenduk, sebuah bangunan berusia lebih dari 2.5 abad. Kata blenduq berasal dari bahasa Jawa, yang berarti kubah, merujuk pada kubah gereja ini. Atapnya yang melengkung dan berwarna merah terasa kontras dengan dindingnya yang bercat putih. Empat pilar kokoh dan menara kembarnya yang khas di bagian depan membentuk ciri khas gereja yang satu ini.

Kota Lama Semarang merupakan destinasi favorit bagi para penikmat sejarah dan pecinta fotografi yang ada di Indonesia. Selain Gereja Blenduk, Kawasan Stasiun Tawang dan Polder Air Tawang adalah landmark lain yang patut Anda kunjungi saat berada di Kota Lama Semarang. Di area Polder, terdapat pabrik rokok Praoe Lajar (Prau Layar) yang masih beroperasi sejak dulu sampai sekarang. Menikmati suasana di Kota Lama Semarang pada malam hari adalah salah satu cara terbaik di tempat ini.

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Keraton Kasunanan Surakarta

Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Keraton Kasunanan Surakarta

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton ini didirikan pertama kalinya pada tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, dan kini menjadi sebuah tempat yang menyimpan banyak nilai sejarah. Dalam bagian keraton yang disebut Panggung Sanggabuwana, konon di situlah Susuhunan bersemedi dan bertemu Nyai Rara Kidul, penguasa Pantai Selatan.

Jika Anda datang ke tempat wisata Jateng yang satu ini, wajib untuk mematuhi berbagai peraturan, seperti tidak memakai topi dan kacamata hitam, tidak bercelana pendek, tidak menggunakan sandal dan jaket. Harga tiket masuk keraton Surakarta adalah sebesar Rp 4 ribu per orang. Jika Anda membawa kamera, akan dikenakan tiket tambahan Rp 2 ribu. Setelah puas berkeliling keraton, jangan lupa untuk singgah ke Pasar Klewer yang berjarak tidak jauh. Pasar ini adalah salah satu pusat perdagangan batik di Solo yang terkenal selain juga Kampung Batik Laweyan.

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Ngarsopura Night Market Solo

Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Ngarsopura Night Market Solo

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Ngarsopura Night Market Solo

Inilah pasar malam di Solo yang secara rutin dibuka pada hari Sabtu – Minggu mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB. Ngarsopura ini adalah tempat berdagang yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki KTP Solo. Produk yang dijual di pasar malam ini di antaranya kerajinan, batik, souvenir, hingga makanan kuliner khas Solo.

Di tempat ini juga Anda akan menjumpai live performance, seperti jazz, tarian, atau musik etnik dari para penggiat seni di Solo. Hal ini ditujukan untuk menambah semarak suasana di Ngarsopuro Night market. Sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang populer, Solo memang ramai akan kunjungan wisatawan. Jika Anda tiba di Solo pada hari Sabtu, luangkanlah waktu untuk bermalam minggu di Ngarsopura.

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Kampung Batik Laweyan di Solo

Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Kampung Batik Laweyan di Solo

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Kampung Batik Laweyan di Solo

Inilah salah satu sentra batik di kota Solo. Dahulu kala, Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati) adalah orang yang mengajari penduduk setempat bagaimana cara membatik. Konon menurut kisah, usia Kampung Laweyan jauh lebih tua daripada Keraton Kasunanan di mana daerah Laweyan di Solo ini sudah eksis dengan batiknya sejak Kerajaan Pajang berkuasa di Jawa Tengah pada pertengahan abad ke-16.

Anda dapat puas berkeliling dari satu toko ke toko lainnya untuk mencari batik yang paling Anda sukai di tempat ini. Sungguh, Indonesia terkenal akan kerajinan batiknya, seperti yang dapat ditemukan di Jogja, Solo, Cirebon, Papua, dan masih banyak lagi dari berbagai daerah di Nusantara.

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Taman Nasional Karimunjawa di Jepara

Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Taman Nasional Karimunjawa di Jepara

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Taman Nasional Karimunjawa di Jepara

Berjarak sekitar 83 km di arah barat laut Jepara, Karimunjawa adalah sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan kini disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Karimunjawa adalah sebuah destinasi wisata yang populer di Indonesia, adalah pula salah satu tempat wisata di Jepara yang sangat terkenal. Pengalaman wisata laut di Jawa Tengah paling menakjubkan dapat Anda temukan di Karimunjawa.

Sebagai salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang terkenal, Karimunjawa selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Karakteristik seluruh pantainya memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Oleh karenanya, berjemur di tepian pantai adalah salah satu kegiatan yang disukai banyak wisatawan di tempat ini.

Selain itu, olahraga air seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, atau menjelajahi laut yang jernih adalah pilihan menarik lainnya di Karimunjawa. Keunikan budaya dan tradisi penduduk lokal di sana adalah objek interaksi sosial yang menarik selama kunjungan wisata Anda.

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Rafting di Sungai Progo

Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Rafting di Sungai Progo

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Rafting di Sungai Progo

Inilah tempat berarung jeram yang populer di Jawa Tengah. Dengan aliran sungai sepanjang 12 kilometer, kegiatan rafting di Sungai Progo Atas akan memakan durasi waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam.

Arung jeram sungai Progo terdiri dari sejumlah rute, yakni arung jeram sungai Progo Hulu, arung jeram sungai Progo Atas, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Sungai Progo Hulu dan sungai Progo Atas berada di wilayah Magelang, sementara Sungai Progo Bawah berada di kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta.

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat Wisata Di Jawa Tengah – Museum Kereta Api Ambarawa

Masih ada lagi salah satu tempat menarik di Jawa Tengah, yakni Ambarawa. Hanya dengan berkendara selama 30 menit dari Semarang, Anda akan tiba di Ambarawa. Di sinilah tempat yang paling tepat untuk merasakan kehidupan pedesaan khas Jawa yang sesungguhnya.

useum Kereta Api Indonesia di Ambarawa ini. Kereta api yang ada ditempat ini adalah peninggalan Belanda, dan secara keseluruhan museum ini memiliki koleksi 21 lokomotif tua. Untuk dapat masuk ke museum, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa sebesar Rp 5 ribu per orang. Di area museum ini, cara paling favorit yang dilakukan wisatawan selain melihat-lihat lokomotif tua adalah berkeliling menggunakan kereta wisata yang tersedia, cukup dengan biaya Rp 10 ribu per orang.

Berita Lainnya