Tempat Wisata Di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat merupakan bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Sedang di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat. Jawa barat terletak antara kawasan pantai utara merupakan dataran rendah. Di bagian sedang merupakan pegunungan, yakni bagian dari rangkaian pegunungan yang membujur dari barat sampai timur Pulau Jawa. Titik tertingginya merupakan Gunung Ciremay, yang berada di sebelah barat daya Kota Cirebon. Sungai-sungai yang cukup penting merupakan Sungai Citarum dan Sungai Cimanuk, yang bermuara di Laut Jawa dimana merupakan salah satu objek wisata di Jawa Barat.

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Palabuhanratu, atau lebih terkenal sebagai Pantai Pelabuhan Ratu, merupakan 1 buah tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi.

Pantai Pelabuhan Ratu terletak di pesisir selatan Jawa Barat, Pantai Pelabuhan Ratu terkenal dengan pantainya yang memiliki karakteristik ombak yang besar dan kuat, sangat cocok untuk berselancar. Di Pantai Pelabuhan Ratu terdapat sarana hotel, dari yang besar dan mewah sampai yang kecil dan murah. Sepanjang pantai anda bisa menemukan banyak restoran hidangan laut. Masyarakat setempat juga memiliki keyakinan akan Ratu Kidul, si penguasa laut selatan.

Curug Cikaso

Curug Cikaso

Curug Cikaso

Curug Cikaso terbentuk dari 3 titik air terjun yang berdampingan dalam sebuah lokasi dimana di bagian bawah air terjun ini terdapat kolam dengan warna air hijau kebiru-biruan. Kedua titik air terjun bisa terlihat dengan jelas sedangkan yang 1 agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke arah timur.

Masing-masing air terjun punya nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, sedang bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki. Ke-3 curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Aliran air di kolam ini berlanjut ke Muara Tegal Buleud, Kab. Sukabumi. Kolam itu bisa digunakan untuk berenang, tetapi adanya pengawasan penjaga, dikarenakan kedalaman kolam ini mencapai 15 m.

Curug Cikaso merupakan air terjun besar dan indah yang terletak di Sukabumi. Curug Cikaso memilki 3 air terjun yang saling berdampingan dengan ketinggian sekitar 80 meter dan lebar tebing sekitar 100 meter. Apabila matahari bersinar cerah, ada kemungkinan anda bisa melihat pelangi kecil di air terjun ini. Lokasi wisata air terjun Curug Cikaso berada dekat dengan Pantai Ujung Genteng.

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari yang berlokasi di Bogor, adalah salah 1 pusat pelestarian buah tropis tergede di dunia dengan luas 264 hektar. Selain selaku area penelitian dan juga budi daya bibit unggul, area ini jua adalah area wisata di Jawa Barat yang cocok untuk segala usia. Selain memiliki koleksi tanaman yang amat lengkap, Taman Wisata Mekarsari jua dapat men-jadi fasilitas edukasi yang cocok bagi anak-anak, area piknik keluarga, wisata kebun buah, wisata kebun sayur, dan juga acara perusahaan.

Taman Wisata Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari semua daerah di Indonesia, sekalian merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum. Taman seluas 264 hektare ini dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara. Wisata di sedang taman buah didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara yang berjarak dua jam dari DKI Jakarta adalah satu buah taman bunga seluas 23 hektar. Di sini, selain ribuan jenis bunga, terdapat pula fasilitas hiburan yang amat cocok untuk keluarga seperti wahana alam khayalan, teater mini, danau angsa, taman labirin, air mancur musikal, karpet bunga, taman mawar, dan juga lain-lain. Taman Bunga Nusantara jua memiliki area piknik untuk kamu berpiknik bersama keluarga, dan juga menara pandang yang berguna untuk menatap keindahan taman dengan cara keseluruhan.

Didalam taman bunga super lengkap ini pengunjung akan menyaksikan hamparan bunga beraneka varietas yang didatangkan dari pelbagai negara. Didalam tempat yang sangat luas itu ditanam banyak jenis bunga yang berasal dari Australia, negara-negara Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Didalamnya juga ada display bedding dengan luas sekitar 50. 000 meter persegi.

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat ini pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di Provinsi Jawa Barat. Keistimewaan pantai ini adalah anda bisa menikmati matahari terbit dan matahari terbenam di 1 pantai, pasir putih yang lembut, air yang jernih dan bersih, serta kelengkapan sarana wisata. Pantai Pangandaran sangatlah terkenal sehingga pada masa liburan akan dipadati dengan wisatawan dari berbagai daerah, sampai mengakibatkan semua penginapan di Pantai Pangandaran penuh, bahkan gak sedikit yang mendirikan tenda di pantai karena gak mendapatkan penginapan.

Pantai Pangandaran adalah satu buah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan selaku pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang wajib masuk dalam daftar tujuan liburan anda di Sukabumi. Meski lokasinya cukup jauh dari Jakarta, kelelahan anda dalam perjalanan akan terbayar dengan keindahannya.

Pantai Ujung Genteng yang terletak di Sukabumi berjarak sekitar 200 kilometer dari DKI Jakarta. Hal terunik dari Pantai Ujung Genteng adalah anda bisa menikmati matahari terbit, dan matahari terbenam sekalian di 1 lokasi. Pantai Ujung Genteng adalah lokasi yang cocok untuk berselancar karena karakteristik ombak pantai selatan yang besar dan kuat. Pantai ini juga disukai oleh penyu, banyak penyu yang datang ke pantai ini sehingga anda bisa melihat penyu di sini. Pada agustus, banyak penyu yang bertelur di pantai ini.

Aku sudah mengunjungi Pantai Ujung Genteng ini 2 kali, yang pertama airnya cukup jernih dan yang kedua agak sedikit keruh mungkin karena faktor cuaca yang pada waktu itu sedang musim hujan. Perjalanan aku tempuh dengan motor selama 6-8 jam bahkan bisa lebih cepat tergantung perjalanan anda.

Berita Lainnya