Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

Puncak Gunung Tertinggi di Dunia – Gunung merupakan sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tapi ada kesamaaan dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal.  Gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik. Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung. baca juga Misteri Gunung Himalaya.

Banyak yang mengatakan Gunung Himalaya merupakan tertinggi dari atas permukaan laut, ternyata ada gunung lain yang bisa mengalahkan ketinggian Gunung Himalaya. Namun kali ini kami sajikan kepada anda yang kami rangkuk dari berbagai sumber puncak gunung tertinggi di dunia saat ini :

Puncak Gunung Mauna Kea

Puncak Gunung Mauna Kea

Puncak Gunung Mauna Kea

Mauna Kea merupakan sebuah puncak gunung berapi gak aktif di Kepulauan Hawaii di Amerika Serikat. Mauna Kea memiliki puncak gunung dengan ketinggian sekitar 4205 meter. Mauna Kea merupakan gunung berapi tertinggi di dunia jika diukur dari dasarnya, karena dasarnya terletak sekitar 5800 meter di bawah permukaan Samudra Pasifik sehingga total ketinggiannya mencapai 10 kilometer. Dalam bahasa Hawaii, Mauna Kea bermakna Gunung Putih karena puncaknya yang tertutup salju.

Mauna Kea, sebuah gunung berapi gak aktif yang berada di Hawaii memegang rekor sebagai gunung tertinggi di dunia sampai saat ini, mengalahkan Himalaya. Memang, puncak Everest atau Himalaya ini berada pada ketinggian yang lebih tinggi dari puncak gunung tertinggi Mauna Kea ini.

Puncak Gunung Everest

Puncak Gunung Everest

Puncak Gunung Everest

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia dengan urutan kedua dengan puncak gunung Mauna Kea yang tertinggi di dunia saat ini . Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet puncak tersebut berada di Tibet dan di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha dalam bahasa Sanskerta “Kepala Langit” dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma “Bunda Semesta”.

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari 7 puncak di dunia.

Puncak Gunung Godwin Austen ( K2)

Puncak Gunung Godwin Austen ( K2)

Puncak Gunung Godwin Austen ( K2)

Puncak Gunung Godwin Austen ( K2) merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia. Terletak di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Tiongkok puncak gunung ini merupakan pegunungan negara Pakistan tingginya peguungan ini mencapai 8, 611 meter (28, 251 kaki). Konon menurut pendaki pegunungan ini lebih susah didaki daripada Gunung Everest karena cuacanya yang buruk. K2 juga lebih tinggi di daerah sekitarnya bila dibandingkan ke Everest. K2 dijuluki “Pegunungan Kejam” karena hal ini. Pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal saat mencoba mendakinya.

Nama gak resmi untuk K2 adalah Gunung Godwin Austen, dinamai dari nama orang yang pertama kali memanjatnya. Selain itu pegunungan ini juga dinamai Qogir (diturukan dari Chogori), Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu, dll.

Puncak Gunung Kangchenjunga

Puncak gunung Kangchenjunga

Puncak gunung Kangchenjunga

Kangchenjunga merupakan gunung tertinggi keempat di dunia setelah Puncak Gunung Godwin Austen ( K2) dan Chogori) dengan ketinggian 8. 586 meter (28. 169 kaki). Gunung ini juga adalah gunung tertinggi kedua di Nepal. Kangchenjunga bermakna “Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, 4 diantaranya mencapai lebih dari 8. 450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yakni emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci.

Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. 3 dari 5 puncaknya (utama, sedang, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung.

Puncak Gunung Lhotse

Puncak Gunung Lhotse

Puncak Gunung Lhotse

Lhotse merupakan sebuah puncak gunung yang tertinggi di dunia dengan urutan kelima dari puncak gunung Kangchenjunga yang terletak di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8. 516 m (27. 940 kaki) dan merupakan gunung terbesar ke-4 di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

Berita Lainnya