Pengertian SEO

Pengertian SEO merupakan dari Optimisasi search engine dengan kata lain bahasa Inggris “Search engine Optimization” yang disingkat SEO ialah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui search engine ke situs website tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma search engine itu.

Tujuan dari SEO merupakan menempatkan 1 buah situs website pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs website yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan semakin berkembangnya pemanfaatan jaringan dunia maya dari kemajuan teknologi sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan kesempatan sebuah perusahaan pemasaran berbasis website untuk mendapatkan pelanggan baru. Kesempatan ini dimanfaatkan beberapa pihak untuk menawarkan jasa optimisasi search engine bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di dunia maya.

Apa Saja Jenis Optimasi SEO Tersebut…?

Optimasi SEO dibagi menjadi 2, yakni optimasi SEO on halaman dan optimasi SEO off halaman. Apa itu optimasi SEO on halaman? Pengertian dan definisi optimasi SEO on halaman adalah sebuah optimasi search engine yang dilakukan dari dalam blog itu sendiri. Kemudian apa itu optimasi SEO off halaman? Pengertian dan definisi optimasi SEO off halaman adalah kebalikanya dari optimasi SEO on halaman yakni 1 buah optimasi search engine yang dilakukan dari luar blog itu.

Onpage Optimazation yakni teknik melakukan optimasi dari dalam sesuatu website dengan jalan memodifikasi faktor-faktor tertentu dari bagian sesuatu website misalkan menentukan title, tag, content yang relevan dengan title dan lain-lain. Offpage Optimazation yakni teknik optimasi yang dilakukan dari luar bagian website dengan tetap mengacu pada alogaritma search engine tertentu misalkan memperbanyak backlink yang berkualitas.

Teknik SEO bagi terlalu banyak orang bisa terbilang susah karena membutuhkan skill yang cukup dan tingkat kesabaran yang tinggi sedangkan hasilnya gak bisa dilihat secara langsung. Selain itu metode search engine tertentu, untuk meng-index hasil pencarian juga sering berubah. Oleh karena itu SEO bisa dikatakan sangat dinamis karena metodenya berubah dari waktu ke waktu dan SEO gak bisa memberikan jaminan apakah website Anda akan muncul dalam index pencarian teratas atau tidak. Cara Pencarian Google Melalui Algoritma Semantik

Lalu Apa Saja Jenis Teknik SEO Tersebut…?

Jenis teknik SEO juga terbagi menjadi 2 yakni teknik white hat SEO dan teknik black hat SEO. Apa itu teknik white hat SEO? Teknik white hat SEO adalah sesuatu teknik optimasi SEO yang bersih, teknik optimasi SEO yang dianjurkan dan yang aman apabila digunakan. Sedangkan pengertian dari teknik black hat SEO adalah sesuatu teknik optimasi SEO yang kotor, yang apabila dipergunakan akan mendapatkan hukuman yang fatal dari Google dan teknik black hat SEO ini juga sangat dibenci oleh Google. Karena melanggar TOS Google dan merupakan sesuatu teknik optimasi SEO yang curang, dan instan.

Tujuan Optimasi SEO

Tujuan dari dilakukannya optimasi SEO on halaman maupun optimasi SEO off halaman memiliki tujuan yang sama yakni menempatkan 1 buah situs website atau blog pada posisi teratas hasil pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan perbedaannya terletak di cara optimasinya. Karena website atau blog yang menempati dan berada di teratas pada hasil pencarian memiliki kesempatan lebih yang besar untuk mendapatkan pengunjung dari search engine, karena pengunjung pasti akan lebih mengutamakan blog yang paling atas terlebih dahulu, kemudian mengkliknya dan mengunjungi website atau blog itu. baca juga

Berita Lainnya