Pengertian Printer Dan Fungsinya

Munculnya perangkat keras bernamakan printer di dunia teknologi memang sudah menghadirkan banyak manfaat. Perangkat mesin ketik yang sejak ratusan tahun kemudian hadir pun sudah tinggal zaman. Lantaran kecanggihan perangkat printer yang memiliki fungsi sebagaimana manusia-manusia dunia saat ini inginkan. Adalah mencetak sesuatu dokumen untuk kepentingan pribadi maupun banyak orang. Mulai dari teks, gambar, serta gabungan teks dan gambar.

Pengertian Printer

Printer termasuk kedalam kelompok hadware atau disebut juga dengan perangkat keras. Yang dapat berfungsi mencetak data apabila sudah terhubung ke komputer. Ketika printer tidak terkoneksi dengan komputer fitur yang dapat dimanfaatkan hanyalah foto copy dan fasilitas fax.

Selain berfungsi untuk mencetak sesuatu dokumen, printer juga memiliki fungsi lain yang sudah diadopsi dari teknologi lainnya. Sebut saja fungsi menggandakan dokumen (prinsip dan fungsi mesin fotocopy), fungsi memindai (scanning), serta fungsi mengirim data (mesin fax). Pada awalnya printer hanyalah satu buah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang menampilkan data berupa teks, gambar, serta grafik dalam lembaran kertas. Tetapi berkat perkembangan teknologi yang cukup pesat, fungsi alat-alat lain pun bisa diadopsi.

Pengertian Printer Komputer

Printer merupakan perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak artikel, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan atau organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak sesuatu dokumen penting.

Fungsi Printer Komputer

Fungsi printer merupakan untuk mencetak artikel, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yakni dpi atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah itu adalah banyaknya jumlah titik dalam tempat yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin keren. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun juga gak terlalu keren.

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas, fungsi printer adalah untuk mencetak data berupa gambar, teks maupun grafik dari laptop atau komputer kedalam media sesuai dengan jenis printer tersebut. Untuk kita ketahui media yang digunakan dalam mencetak teks gambar maupun hasil design tidak hanya berupa kertas saja, akan tetapi dalam pembuatan sablon kaos pada zaman sekarang ini menggunakan printer adalah alternatif penyablonan system cepat.

Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas hasil cetak suatu printer adalah dengan melihat nilai dot per inchi (dpi) yang biasanya tertera pada kotak printer. Semakin tinggi dpi suatu printer maka hasil printnya akan semakin bagus.

Merek printer yang beredar saat ini diantaranya Canon, HP, Samsung, Brother serta Epson. Untuk hasil pencetakan pada foto kebanyakan mereka yang bergerak dalam bisnis cetak foto menggunakan printer dengan merek Epson. Karena printer dengan merek ini dapat menghasilakan warna yang lebih tajam dan halus.

Sejarah Terciptanya Printer

Perkembangan percetakan atau teknik cetak-mencetak sudah dimulai pada abad ke-14 secara sederhana di Cina. Orang-orang Cina berhasil melakukan inovasi menciptakan tinta dan block printing yg berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tapi perkembangan teknik cetak di Cina masih kalah dengan perkembangan di Eropa. Karena alfabet Cina memiliki tingkat kesulitan yang tinggi jika diterapkan di mesin tik, dengan ribuan ideogram spesifik. Sehingga hampir gak ada perubahan dalam hal efisiensi produksi di Cina dibandingkan dengan Eropa. Dan pada awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya di Eropa yg membuat kebutuhan proses produksi dokumen tulisan cepat dan murah.

Seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, Johannes Guternberg berhasil mengembangkan teknologi mesin pencetak secara revolusioner. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yg diproduksi secara massal. Pada tahun 1953, printer berkecepatan tinggi pertama dikembangkan oleh Remington -Rand untuk dimanfaatkan pada komputer Univac.

Pada tahun 1938, Chester Carlson menemukan proses pencetakan kering disebut electrophotography biasa disebut Xerox, teknologi dasar untuk printer laser yang akan datang.

Printer laser asli disebut EARS dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center dimulai pada 1969 dan selesai pada november, 1971. Xerox Engineer, Gary Starkweather diadaptasi teknologi mesin fotokopi Xerox menambahkan sinar laser untuk itu untuk datang dengan printer laser.

Menurut Xerox, ” The Xerox 9700 Electronic Printing System, produk laser printer xerographic pertama, dirilis pada tahun 1977. The 9700, keturunan langsung dari aslinya PARC ” TELINGA ” printer yang dirintis di optik laser scanning, elektronik generasi karakter, dan halaman – format perangkat lunak, merupakan produk pertama di pasar yang akan diaktifkan oleh penelitian PARC. “

Menurut IBM, ” yang pertama IBM 3800 dipasang di kantor akuntansi pusat di Amerika Utara data center FW Woolworth di Milwaukee, Wisconsin pada tahun 1976. ” The IBM 3800 Printing System pertama berkecepatan tinggi industri, printer laser. 1 buah printer laser yang dioperasikan pada kecepatan lebih dari 100 siaran – per – menit. Ini merupakan printer pertama yang menggabungkan teknologi laser dan electrophotography menurut IBM.

Pada tahun 1992, Hewlett – Packard merilis LaserJet terkenal 4, pertama 600 dengan 600 titik per inci resolusi laser printer.

Berita Lainnya