Misteri Gunung Semeru

Misteri Gunung Semeru sebagian besar Gunung memang menyimpan misteri tersendiri. Bukan bermakna untuk menguji nyali atau sok berani akan tapi misteri-misteri itu harus kami hormati sebagai 1 buah tanda peringatan dari leluhur kita. Saat melakukan pendakian di setiap gunung pasti ada tanda polisi atau rambu-rambu lintas seperti di kota untuk memperingatkan supaya selalu berhati-hati dan waspada. Peran misteri atau mitos-mitos gunung itu, hanya untuk memperingatkan untuk selalu menjaga kebersihan, menjaga lingkungan dan menjaga sopan santun. Meski sendiri tapi masih ada unsur lain yang harus di hormati sebagai ciptaan Allah.

Berikut ini merupakan misteri dari gunung semeru yang belum banyak orang tahu, sehingga sangat banyak kasus kecelakaan, kasus tersesat dan lain sebagainya hanya karena masalah sepele seperti buang sampah atau memetik edelwais yang tentunya merupakan tindakan yang dilarang saat melakukan pendakian. Mitos-mitos yang berkembang di gunung semeru sebagai berikut:

Orang Kecil Di Puncak Gunung Ayeg-ayeg

Jalur Ayeg-ayeg merupakan jalur pintas dari ranu pani ke ke ranu kumbolo. Untuk ke ke ranu kumbolo melewati jalur konfensional membutuhkan waktu 5 jam, akan tapi jika memakai jalur ayeg-ayeg bisa menghemat waktu 2 jam sehingga hanya membutuhkan waktu 3 jam saja tetapi dengan jalan yang lebih menanjak tentunya. Mitosnya disini terdapat orang kerdil yang biasa muncul di puncak ayeg-ayeg. Beberapa kasus penampakan yang sempat diceritakan para pendaki bahwa mereka melihat orang kerdil di daerah ini. Untuk saatnya sekitar menjelang maghrib saat senja mulai berganti gelap. Itulah misteri di gunung ayeg-ayeg ini. Anda bisa percaya atau gak yang pasti anda hanya perlu berfikir positif saja saat lewat di daerah ini. Jangan sampai berfikiran yang macam-macam.

Penampakan di Jembatan Merah

Jembatan Merah adalah jembatan kecil yang berada sekitar 100 meter sebelum pos 3 jalur konvensional. Di sebut jembatan merah karena jembatan ini memang dicat berwarna merah sehingga orang-orang menyebutnya begitu. Disini sering juga terjadi penampakan-penampakan makhluk halus, ada yang seperti wanita, ada yang anak-anak bahkan penampakan pocong juga pernah dialami oleh pendaki yang melewati daerah ini. Penampakan yang sering diceritakan yakni saat menjelang maghrib dan malam hari.

Misteri Shelter Ranu Kumbolo dan Kalimati

Shelter memang hal yang penting dalam pendakian. Tapi siapa yang menyangka bahwa shelter di ranu kumbolo dan kali mati menyimpan misteri. Hal ini berhubungan dengan setiap terjadi kecelakaan yang merenggut korban jiwa, pasti jasat korban selalu ditaruh di dalam shelter sebelum dievakuasi ke ranu pani. Sering terjadi cerita-cerita dari para pendaki melihat penampakan terlalu banyak saat malam hari saat mereka camp di dalam shelter.

Misteri  Mnusia Bernama Kelik di batas Vegetasi

Menurut warga ranupane yang menjadi porter gunung semeru. Dahulu ada anak jogja bernama kelik yang mengalami kecelakaan di lereng pasir gunung semeru. Sehingga meninggal dunia di daerah batas vegetasi gunung semeru. Kejadian banyak terjadi pendaki yang sengaja ditemui dan berkenalan bernama kelik, bagi yang tidak tahu memang gak akan berfikir aneh2. Kejadian ini sering terjadi di kalimati, bahkan ada juga pendaki yang pernah cerita saat melakukan perjalanan ke ke puncak ia diajak kenalan orang bernama kelik.

Misteri-misteri tadi memang hanya 1 buah misteri dan mitos. Anda boleh gak percaya. Akan tapi anda harus tetap waspada dengan selalu menjaga tingkah laku anda. Jangan sampai anda melakukan kegiatan-kegiatan yang merusak alam seperti membuang sampah, mencoret-coret, dan memetik eidelwais sembarangan. Selama anda berfikir positif dan berprilaku positif maka alam gak akan marah terhadap anda.

Berita Lainnya