Manfaat Buah Belimbing

Manfaat Buah Belimbing – Buah belimbing rasanya sangat menyegarkan, sehingga sering diolah menjadi berbagai macam resep masakan. Selain dari pada rasanya yang menggoyang lidah, buah belimbing juga sangat baik bagi kesehatan dan memberikan manfaat bagi kecantikan dan juga manfaat buah untuk ibu hamil. Belimbing mungkin salah satu jenis buah yang jarang dikonsumsi oleh sebagian orang Indonesia. Beberapa alasan utamanya mungkin rasanya yang bisa menggetarkan lidah atau ketidak tahuan akan berbagai manfaat dari buah belimbing itu sendiri. Belimbing ternyata memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, kalsium, potasium dan zat besi. Berbagai nutrisi yang sudah disebutkan tentu berperan luar biasa untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh yang anda miliki. Berikut ini 7 manfaat dahsyat belimbing bagi kesehatan tubuh anda:

  1. Penyembuh Dari Berbagai Penyakit. Berbagai penyakit yang dimaksud yakni demam, bisul, sakit tenggorokan maupun batuk. Selain itu, belimbing juga sangat ampuh mencegah penyakit diabetes.
  2. Penangkal Berbagai Radikal Bebas Penyebab Kanker. Ini dikarenakan, belimbing merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan didalamnya.
  3. Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat dalam buah belimbing mampu membantu kerja organ pencernaan lebih maksimal serta mencegah dari gangguan sembelit atau ganguan yang diakibatkan susah buang besar.
  4. Membantu Menurunkan Berat Badan Anda. Buah belimbing memiliki kandungan kalori beberapa 30 kalori per buahnya. Jadi sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, dengan menyediakan buah ini dalam menu makanan harian anda.
  5. Mencegah Penyakit Jantung Maupun Stroke. Berbagai kandunagan vitamin dalam belimbing yang sudah disebutkan diatas bisa membantu untuk mencegah datangnya berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan stroke.
  6. Pencegah Rambut Rontok Yang Efektif. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dari buah belimbing bisa menutrisi setiap helai rambut dan menghindarkan dari gejala kerontokkan pada rambut kepala anda.
  7. Penangkal Datangnya Jerawat Maupun Kulit Berminyak. Ini dikarenakan, buah belimbing berisi zinc yang berperan menangkal tumbuhnya jerawat pada kulit muka anda.

Kandungan Gizi Buah Belimbing

Kandungan belimbing yang paling melimpah adalah vitamin C, seperti yang terkandung pada manfaat jeruk, manfaat lemon dan manfaat jambu biji. Vitamin A pada belimbng menghasilkan antioksidan yang baik bagi tubuh. Zat-zat pembangun lain, seperti mineral, folat, fiber(serat), berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Kalori – 1 porsi buah belimbing setara dengan sekitar 2 persen nilai harian untuk kalori, dengan asumsi diet harian 2. 000 kalori. Karbohidrat menyediakan sekitar 30 kalori dalam 1 porsi buah belimbing.
  2. Karbohidrat – Belimbing berisi 9, 5 g karbohidrat per porsi, termasuk 2, 5 g serat makanan. Belimbing memberikan 3 persen dari nilai harian karbohidrat dan 10 persen dari kebutuhan serat harian.
  3. Protein dan Lemak – 1 porsi buah belimbing berisi 1 gram protein, yang merupakan 2 persen dari kebutuhan harian. Belimbing juga memiliki 1 g lemak, yang menyediakan sekitar 2 persen dari nilai harian. Kadar lemak ini semuanya terdiri dari lemak gak jenuh. Belimbing gak memiliki lemak jenuh, lemak trans atau kolesterol.
  4. Vitamin dan Mineral – Dalam 1 belimbing berisi 24 mg vitamin C, atau 40 persen dari nilai harian untuk vitamin C. Menyediakan sekitar 15 persen kebutuhan harian vitamin A. Kandungan zat besi dalam buah belimbing sekitar 0. 36 mg, atau 2 persen dari nilai harian. Belimbing berisi kalsium, kalium atau natrium.
  5. Berbagai manfaat belimbing bisa kami peroleh dengan mengkonsumsinya, tetapi kami tetap harus bijak saat memakannya. Belimbing terasa manis, karena kandungan glukosanya, sehingga gak baik jika dikonsumsi berlebihan. Konsumsi buah yang berbagai, bisa menjadi lebih baik, daripada hanya berkonsentrasi pada 1 jenis buah saja.

Demikianlah informasi mengenai manfaat buah belimbing yang baik untuk kesehatan kita, semoga informasi di atas dapat bermanfaat anda. baca juga Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Manfaat Buah Kurma.

Berita Lainnya