Lukisan Termahal di Dunia

Lukisan Termahal di Dunia – Lukisan yang paling mahal di dunia biasanya disimpan di galeri dan museum di Eropa dan Amerika Serikat. Lukisan-lukisan tersebut sangat berharga, para penggemar seni pun bersedia menghabiskan jutaan dolar ketika lukisan tersebut dilelang. Beberapa lukisan mungkin terlihat sangat biasa dan mungkin juga bisa dibuat oleh anak SD, tetapi harganya bisa mencapai jutaan hanya karena mereka dilukis oleh seniman terkenal di dunia seperti Vincent Van Gogh atau Pablo Picasso. Berikut beberapa lukisan termahal di dunia sepanjang sejarah tersebut.

Lukisan Paul Jackson Pollock

Karya seni Paul Jackson Pollock

Karya seni Paul Jackson Pollock

Paul Jackson Pollock adalah seorang pelukis Amerika pelopor aliran abstrak ekspresionis. Pollock memulai karir melukisnya pada tahun 1929 di Art Students\’s League, New York, di bawah asuhan Thomas Hart Benton, seorang pelukis muralis kenamaan New York. Dalam perjalanan melukisnya, Pallock memulai dengan menggunakan aliran regionalis atau biasa disebut aliran naturalis. Seiring perjalanan, ia mulai mengikuti aliran muralis, sebuah aliran dimana melukis dengan menggunakan media besar yang permanen seperti dinding atau langit-langit atap.

Percampuran aliran antara regionalis, muralis, ditambah dengan sedikit surealis pada aspek-aspek tertentu membuat imajinasi Pollock terbangun dengan memulai satu aliran baru yang disebut abstrak ekspresionis. Pada aliran yang ia ciptakan ini bermula saat dirinya tengah melukis di atas kanvas dengan lantai sebagai alas. Saat itu, ia memulai dengan bentuk tetesan-tetesan yang ada di kaleng cat yang kemudian disembur dengan menggunakan kuas. Tak puas hanya dengan kuas, Pollock berkreasi dengan benda-benda padat atau asing yang sekiranya dapat meratakan tetesan-tetesan warna dari kalengnya, seperti pecahan kaca, pisau, kayu, bahkan campuran dari pasir sekalipun.

Lukisan ini karya Jayson Pollock yang dibuat pada tahun 1948, dan dibeli oleh David Martinez dari David Geffen sebesar $140.000.000, pada acara lelang yang diselenggarakan di New York City pada tanggal 2 November 2006. Sekarang harganya sudah mencapai $162.700.000.

Lukisan  Ekspresionis Willem Women III

Ekspresionis Willem Women III

Ekspresionis Willem Women III

Lukisan yang dibuat oleh seniman abstrak ekspresionis Willem de Kooning dan merupakan salah satu dari enam lukisan yang ia selesaikan antara tahun 1951 dan 1953. Tehram Museum of Contemporary Art Collection pada tahun 2006 menjualnya ke Steven Cohen seharga $137.500.000 dan saat ini sudah seharga $159.800.000.

Di sekitar tahun 1928, de Kooning mulai lifes masih lukisan dan angka-angka, tetapi tak lama sebelum ia berkecimpung dalam karya-karya yang lebih abstrak, jelas dipengaruhi oleh orang Pablo Picasso dan Joan Miró. Sebagai seorang seniman muda, ia akan memiliki kesempatan yang tak terkalahkan pada tahun 1935, ketika ia menjadi seorang seniman untuk proyek seni federal untuk WPA (karya kemajuan administrasi), di mana ia menciptakan sejumlah mural dan karya lain.

Pada tahun 1936, de Kooning pekerjaan adalah bagian dari pameran Museum of Modern Art (MOMA) yang berjudul New Horizons di American Art, Sorot Karir awal, tapi tahun berikutnya pekerjaannya dengan WPA datang tiba-tiba berakhir, ketika ia dipaksa mengundurkan diri karena ia tidak warga negara Amerika

Baca juga  Misteri Lukisan Hotel Tugu Malang

Lukisan Repro Portrait of Adele Bloch-Bauer I

Lukisan Repro Portrait

Lukisan Repro Portrait

Lukisan ini merupakan sebuah lukisan mempesona emas bebercak 1907 potret oleh Gustav Klimt telah dibeli untuk Neue Galerie di Manhattan oleh kosmetik raja Ronald S. Lauder sebesar $ 135 juta,jumlah tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah lukisan.

The potret, Adele BlochBauer, istri seorang pengusaha gula Yahudi dan nyonya rumah dari salon Wina terkemuka, dianggap sebagai salah satu karya artis. Selama bertahun-tahun, itu adalah fokus dari pertempuran restitusi antara pemerintah Austriadan keponakan dari Ibu BlochBauer yang berpendapat bahwa itu disita bersama dengan empat lukisan Klimt lainnya oleh Nazi selama Perang Dunia II. Pada bulan Januari semua lima lukisan yang diberikan kepada keponakan, Maria Altmann,sekarang 90, yang tinggal di Los Angeles, dan anggota keluarga lainnya.

Meskipun perjanjian kerahasiaan dengan penjualan melarang Mr Lauder untuk mengungkapkan harga, ahli akrab dengan negosiasi, berbicara dengan syarat anonim,mengatakan ia membayar $ 135 juta untuk pekerjaan. Dalam sebuah wawancara telepon Mr Lauder tidak menyangkal bahwa ia telah membayar sejumlah catatanuntuk lukisan, gerhana $ 104.100.000 dibayar untuk Picasso 1905 Boy Dengan Pipa(The Young Apprentice)” dalam sebuah lelang di Sotheby pada tahun 2004.

Lukisan Bal du moulin de la Galette Karya Pierre-Auguste Renoir

Karya Pierre-Auguste Renoir

Karya Pierre-Auguste Renoir

Harga lukisan $143.3 juta. Lukisan ini dikenal juga dengan sebutan Bal du Moulin de la Galette yang diselesaikan pada tahun 1876 oleh seniman bernama Pierre-Auguste Renoir. Dalam dunia seni, lukisan ini dianggap sebagai salah satu lukisan terbaik. Sampai tahun 1894, lukisan ini merupakan bagian dari koleksi pribadi Gustave Caillebotte, yang juga seorang pelukis asal Perancis. Meskipun pembeli lukisan ini dirahasiakan, namun ada laporan bahwa lukisan ini dibeli oleh seorang kolektor asal Swiss.

Lukisan When Will You Marry (Paul Gauguin)

Lukisan When Will You Marry

Lukisan When Will You Marry

When Will You Marry merupakan seorang pelukis sejak tahun 1892 karya seniman Pasca-Impresionis Perancis Paul Gauguin. Dipinjamkan ke Kunstmuseum di Basel, Swiss selama hampir setengah abad, lukisan ini dijual secara pribadi oleh keluarga Rudolf Staechelin pada 1 orang pembeli gak dikenal, kabarnya Qatar Museums, pada februari 2015 dengan harga hampir $300m (£197m), harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah karya seni.  Lukisan ini dipamerkan di Fondation Beyeler, Riehen, sampai tanggal 28 Juni 2015.

Berita Lainnya