Lukisan Repro Portrait of Adele Bloch-Bauer I

Lukisan Repro Portrait of Adele Bloch-Bauer I  – Sebuah mempesona emas bebercak 1907 potret oleh Gustav Klimt telah dibeli untuk Neue Galerie di Manhattan oleh kosmetik raja Ronald S. Lauder sebesar $ 135 juta,jumlah tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah lukisan.

The potret, Adele BlochBauer, istri seorang pengusaha gula Yahudi dan nyonya rumah dari salon Wina terkemuka, dianggap sebagai salah satu karya artis. Selama bertahun-tahun, itu adalah fokus dari pertempuran restitusi antara pemerintah Austriadan keponakan dari Ibu BlochBauer yang berpendapat bahwa itu disita bersama dengan empat lukisan Klimt lainnya oleh Nazi selama Perang Dunia II. Pada bulan Januari semua lima lukisan yang diberikan kepada keponakan, Maria Altmann,sekarang 90, yang tinggal di Los Angeles, dan anggota keluarga lainnya.

Meskipun perjanjian kerahasiaan dengan penjualan melarang Mr Lauder untuk mengungkapkan harga, ahli akrab dengan negosiasi, berbicara dengan syarat anonim,mengatakan ia membayar $ 135 juta untuk pekerjaan. Dalam sebuah wawancara telepon Mr Lauder tidak menyangkal bahwa ia telah membayar sejumlah catatanuntuk lukisan, gerhana $ 104.100.000 dibayar untuk Picasso 1905 Boy Dengan Pipa(The Young Apprentice)” dalam sebuah lelang di Sotheby pada tahun 2004.

Ini adalah Mona Lisa kami,” kata Mr Lauder, pendiri Neue Galerie lima tahun, sebuah museum kecil di Fifth Avenue dan 86th Street yang sepenuhnya baik Jerman dan Austria dan seni dekoratif. Ini adalah akuisisi sekali dalam seumur hidup.” Dia mengatakan Christie telah membantunya bernegosiasi pembelian.

Untuk sebagian besar dari 60 tahun terakhir potret telah digantung di Galeri Austria diBelvedere Palace di Wina dekat The Kiss,” yang lain Klimt karya emas bebercak dariera Art Nouveau. Dengan garis-garis berliku-liku dan detail yang rumit, lukisan, AdeleBlochBauer I,” ditugaskan oleh suami subyek, Ferdinand BlochBauer. Ibu BlochBauer meninggal meningitis pada tahun 1925 di 43. Dalam surat wasiatnya ia meminta agar lukisan dan empat lainnya oleh Klimt bahwa pasangan yang dimiliki diserahkan kepada Austria setelah kematian suaminya. Tapi ketika Jerman mencaplok AustriaMaret 1938, Mr BlochBauer melarikan diri, meninggalkan semua harta di belakang.Pemerintah Nazi menyita hartanya, menempatkan tiga lukisan di Galeri Austria dan dijual sisanya.

Lukisan Repro Portrait

Lukisan Repro Portrait

Sebelum Mr BlochBauer meninggal, pada bulan November 1945, setelah menghabiskan tahun-tahun perang di Swiss, ia mencabut semua kehendaksebelumnya dan disusun yang baru. Karena ia dan Adele tidak punya anak, ia meninggalkan seluruh hartanya untuk tiga anak saudaranya Gustav: Robert, Luise danMaria.

Dari tiga, hanya Maria Altmann masih hidup: dia dan suaminya, Fritz, melarikan diriAustria selama perang dan menetap di Los Angeles pada 1942 Dia memilikikeponakan dan dua keponakannya; sepupu istri kedua kakaknya juga bertahan.

Dalam sebuah wawancara telepon pada hari Jumat Ibu Altmann mengatakan ia telahbertemu Mr Lauder, mantan duta besar AS untuk Austria, beberapa tahun yang lalu dan bahwa ia telah mengunjungi Neue Galerie ketika pertama kali dibuka pada November 2001.

Mr Lauder memiliki pemahaman besar Austria dan kasih yang besar bagi Klimt,”katanya, menambahkan bahwa baik dia maupun kerabatnya merasa itu praktis untuksalah satu dari mereka untuk menjaga lukisan, yang menggambarkan bibinya, yang iaingat dari masa kecilnya tapi yang meninggal ketika dia hanya 9.

Itu Mrs Altmann dan kerabatnya memiliki kepemilikan lukisan itu adalah kisahketekunan dan keuletan. Setelah perang keluarga mencoba untuk mendapatkan kembali harta mereka dicuri, termasuk lukisan, porselen, istana dan perusahaan gulayang didirikan oleh Mr BlochBauer. Sebagian besar karya seni itu dibagi di antaraNazi atas, termasuk Hitler dan Hermann Göring; Reinhardt Hedrick, seorang komandan Nazi, menempati istana musim panas yang dimiliki oleh Mr BlochBauerluar Praha.

Para ahli waris yang dapat memulihkan beberapa karya, tetapi pihak berwenangAustria memutuskan bahwa kehendak Mrs BlochBauer telah dasarnya mewariskanKlimts ke Austria. Tanpa akses ke dokumen asli, keluarga itu tidak punya kasus.

Oleh wartawan pertengahan tahun 1980-an mulai menyelidiki klaim restitusi, dan pada tahun 1998 Hubertus Czernin, seorang wartawan Wina meneliti kasus untuk TheBoston Globe, mampu menemukan dokumen, termasuk Mrs BlochBauer kehendak,yang menyatakan keinginan tetapi tidak membutuhkan bahwa Klimts pergi keAustria.

Pada tahun 2000 Ibu Altmann dan ahli waris lainnya menggugat pemerintah Austria di Amerika Serikat. Austria pergi ke pengadilan untuk mencari pemberhentian gugatan itu, dan kasus dituju jalan ke Mahkamah Agung Amerika Serikat, yang pada Juni 2004memutuskan bahwa Mrs Altmann bisa menuntut Austria di Amerika Serikat.

Pada bulan Januari pengadilan arbitrase di Austria memutuskan mendukung MrsAltmann dan sesama ahli waris nya, pemberian mereka lima lukisan. Selain AdeleBlochBauer Imereka termasuk potret kedua Adele, dari tahun 1911, dan tigalanskap: Beechwood” (1903), Apple Tree I(sekitar 1911) dan Rumah di Unterachdi Danau Atter(1916). Setelah penyelesaian, Steven Thomas, pengacara yang mewakili para ahli waris BlochBaur, mengatakan ia telah didekati oleh museum dankolektor di seluruh dunia yang tertarik untuk membeli satu atau lebih dari lukisan.

Ibu Altmann mengatakan ia telah merasa sangat menerima Mr Lauder karena sepanjang tahun-tahun keluarga berjuang untuk merebut kembali seni, ia konsistenterus berhubungan dengan dia, menawarkan untuk membantu dengan cara apapun yang dia bisa. Dia sangat murah hati dan terus-menerus mendukung,” katanya.

Pada bulan April Ibu Altmann dan ahli waris nya meminjamkan lukisan ke Los AngelesCounty Museum of Art, di mana mereka tetap pada tampilan melalui 30 Juni Kemudianlima karya akan melakukan perjalanan ke Neue Galerie, di mana Gustav Klimt: LimaLukisan Dari Koleksi Ferdinand dan Adele BlochBauer akan berada di tampilan dari 13 Juli sampai 18 September.

Ibu Altmann mengatakan bahwa ketika potret emas bibinya akhirnya menggantung diNeue Galerie, dia akan merasa bahwa itu adalah akhirnya tempatnya. Lukisan, yangmengambil Klimt tiga tahun untuk membuat, menunjukkan bibinya seperti raja yang ditimbulkan, dengan tatapan misterius, bibir merah sensual dan tangannya dipelintirdekat wajahnya untuk menyembunyikan jari cacat. Dia menggunakan emas seluruhlatar belakang kaya dicat dan dalam kain mengilap gaun bermotif Adele. Sejarawan seni dan penulis sejarah masyarakat Wina pada awal abad ke-20 telah menyarankan bahwa artis dan Ms BlochBauer adalah sepasang kekasih.

Aku tidak pernah melihatnya tersenyum,” Bu Altmann kenang di Jumat dalam wawancara. Dia selalu sangat serius dan mengenakan gaun putih mengalir danmembawa pipa rokok emas ketika itu sangat tidak biasa bagi perempuan untukmerokok. Dia akan senang untuk menjadi wanita hari ini, untuk pergi ke universitasdan untuk terlibat dalam pemerintahan.

Ibu BlochBauer dikenal karena memberikan pihak sering dan sekitarnya dirinya dengan banyak seniman besar, politisi dan intelektual hari, di antaranya komposerRichard Strauss. Dia tidak punya teh untuk wanita seperti ibu saya,” kata Ms Altmann.Itu bukan gang nya.

Dia mengatakan meskipun Adele sangat dekat dengan ibu Mrs Altmann ini, Therese,dia juga tampaknya membenci dia di kali karena Therese memiliki rumah yang penuhanak-anak yang sehat dan Adele telah mengalami tiga kelahiran tragis. (Satu anakmeninggal tiga hari setelah lahir, dan dua lainnya meninggal dalam beberapa jam.)

Dia ingat menanyakan ibunya tentang cinta dikabarkan antara Klimt dan bibinya.Ibuku marah dan berkata,” Berani-beraninya kau bertanya hal seperti itu? Itu adalahpersahabatan intelektual, kenangnya. Tapi saya pikir itu sangat mungkin adasebuah roman.”

Dari Klimt, yang meninggal pada tahun 1918, ketika Ms Altmann hanya balita, dia ingat mendengar bahwa ia sering mengenakan baju panjang lantai dengan apa-apa di bawahnya.

Setelah Adele meninggal, tujuh tahun setelah Klimt, suaminya menciptakan semacamkuil padanya dalam apa yang telah kamar tidur mereka. The Klimts selalu di kamar tidur, tapi setelah dia meninggal, tempat tidur telah dihapus dan selalu ada bunga segar,” kata Mrs Altmann.

Berita Lainnya