Lindungi Anak Dari Pengaruh Buruk Internet

Lindungi Anak Dari Pengaruh Buruk Internet – Media Internet merupakan sebuah sistem international jaringan computer yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lain di semua penjuru dunia dengan memakai standart Internet Protocol Suite. Namun seiring dengan kemajuan zaman teknologi saat ini, sehingga pengguna internet didunia semakin ramai diminati dari remaja hingga dewasa.Sejarah internet di Indonesia pertama kali dikenal terhadap th. 1990an. Adanya teknologi Info layaknya internet ini udah membuka mata dunia bakal sebuah dunia baru, hubungan baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas.

Media Internet memang sudah mewabah dan kesagala penjuru dunia saat ini, dari sisi kecanggihan teknologi tersebut cukup kita menangkal dan menghindarinya dari mereka yang bebes mengakses internet seperti anak yang patut kita lindungi dari akses yang tidak sepatutnya dilihat.

Keberadaan internet ini memang memiliki dua sisi yang berbeda yaitu sisi baik jika memang digunakan untuk hal-hal positif dan juga sisi buruk bila memang digunakan untuk keperluan negatif. Namun dari sisi negatif dari internet ini maka ada kekhawatiran dari pihak orang tua ketika sang anak sudah mulai menanyakan gadget dan ingin mencoba internet. Sebagai orang tua kekhawatiran ini adalah sesuatu yang wajar untuk melindungi mereka, tapi bukan berarti lantas Anda mengekang anak tersebut untuk tidak bermain internet. dan itu adalah sesuatu yang salah besar.

Kita sebagai orang tua harus bijak semestinya mengerti bahwa keberadaan teknologi ini juga diperlukan untuk masa depan anak-anak kita natinya. Jika memang Anda sangat khawatir dengan pengaruh buruk dari internet ini kita tinggal melakukan strategi berikut ini :

1. Beritahu Adanya Peraturan Undang-undang yang Mengatur Internet

Yang harus Anda lakukan sebagai orang tua untuk mengizinkan anak-anak bermain internet yaitu dengan memberitahu pada mereka bahwa ada undang-undang yang mengatur internet tersebut. Dari sini kita dijelaskan bahwa jika ada pelanggaran terhadap undang-undang itu maka akibatnya akan ada hukuman yang harus diterima atas pelanggaran tersebut.

Namun jika kita memang mengetahui secara detail undang-undang yang ada tersebut sepatutnya kita jelaskan saja secara rinci, agar sianak bisa mengerti dan memahami apa yang bisa dilakukan dan tidak boleh dilakukan di dunia maya tersebut.

2. Jelaskan Beberapa Bahaya dari Internet

Dari  sisi undang-undang yang berlaku di negara sudah dijelaskan tentang terkait penggunaan internet, Anda juga perlu menjelaskan macam-macam bahaya yang bisa muncul dari penggunaan internet lainya. tentang hukuman yang melanggar aturan bermain internet menurut undang – undang , internet memang mengandung beberapa bahaya seperti kecanduan, penipuan, penculikan, hingga obsesi yang negatif.

Disinilah kita seharusnya dijelaskan oleh orang tua dengan baik kepada anak, sebelum mereka mengakses internet. Jelaskan dengan baik beberapa dampak bahaya internet tadi pada anak-anak Anda tanpa bernada menakuti, mengancam atau mengintimidasi. Sianak-anak akan semakin mengerti posisi mereka untuk menggunakan internet secara sembarangan.

3. Ketahui Teman-Teman Anak Anda

Pada saat mereka bermain internet kebanyakan anak-anak  akan menggunakan media sosial. Namun media sosial ini anak-anak Anda akan menjalin pertemanan dengan beberapa orang. Sebelum mereka benar-benar bermain internet untuk media sosial dan juga seperti hal nya bermain game ponsel Pokemon GO yang marak di perbincangkan saat ini dampak bahayanya permain tersebut, maka sebagai orang tua Anda harus terlebih dahulu mengetahui teman-teman anak Anda.

Dengan mengetahui teman-teman dari anak-anak, Anda bisa menelusuri pertemanan mereka di media sosial yang bisa mengundang bahaya bagi anak. Pastikan mereka tidak berteman dengan orang-orang asing yang tidak pernah dikenalnya. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang asing yang menjalin pertemanan dengan anak Anda maka peluang adanya tindakan buruk juga akan semakin besar.

4. Dorong Anak-Anak untuk Mengenal Waktu

Hal yang harus Anda lakukan sebagai orang tua sebelum mengizinkan anak-anak bermain internet adalah mengingatkan mereka dengan waktu. Bermain di dunia maya memang seringkali membuat penggunanya lupa diri. Hal ini menyebabkan banyak hal terlewatkan dan juga produktivitas menjadi menurun dan juga waktu yang terbuang bagi anak anda.

Sebagai orang tua sangatlah wajib mengingatkan dan memberitahukan pada anak soal waktu bermain internet ini. Jangan sampai anak-anak jadi banyak melupakan hal-hal penting lain seperti ibadah, belajar dan aktivitas lainnya. Jika perlu Anda harus menjalin kesepakatan dengan anak-anak soal jam bermain internet ini. Ajak saja mereka berdiskusi kapan-kapan saja mereka bisa bermain internet dan waktu selesainya.

Satu hal lagi yang harus Anda terapkan setelah menyepakati waktu ini yaitu jangan terlalu menuruti keinginan Anda jika mereka merengek minta waktu tambahan. Katakan saja bahwa ada aturan yang telah disepakati bersama dan tidak boleh di langgar.

Berita Lainnya