Kemewahan Istana Erdogan Jadi Sorotan

Kemewahan Istana Erdogan Jadi Sorotan – Kemewahan istana kepresidenan Turki tampaknya bertentangan dengan realitas kehidupan jutaan orang di negara itu, di mana pengungsi sudah tumpah di perbatasan berasal dari Suriah dan ratusan tewas di dalam serangan teror dan kekerasan politik.

Harta, tahta, dan wanita. Tiga komitmen kekuasaan yang sudah jamak ditemukan di nyaris seluruh dunia.Tiga komitmen itulah yang kini menyerang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Usai kegagalan kudeta militer, kehidupan teristimewa Erdogan disorot beragam tempat internasional.

Erdogan diketahui miliki kehidupan mewah. Istana yang megah dia bangun dan harta yang melimpah dia cukupkan untuk kegiatan membeli sang istri Emine Erdogan. Emine sepanjang ini tampil sebagai ibu negara yang santun dan murah hati. Dia pernah diberitakan menggelar buka dengan anak-anak pengungsi Suriah.

Tetapi, tempat online Inggris, laman Daily Mail, tambah membawa dampak kebaikan Emine lantas sirna. Belakangan dia diketahui miliki tipe hidup yang mewah. Bagaimana tidak. Emine disebutkan pernah meminta rakyatnya ikuti kebiasaannya meminum teh putih tertentu yang didatangkan berasal dari lokasi Rize, Turki. Tapi, ajakan itu jadi tak masuk akal. Sebab, harga per kilo teh putih berikut yakni 1500 poundsterling (Rp25,8 juta).

Teh Putih 1500 poundsterling (Rp25,8 juta)

Teh Putih 1500 poundsterling (Rp25,8 juta)

Ajakan untuk meminum teh putih bersama harga selangit itu pun menyebar di media sosial. Pengguna media sosial Turki menanggapi bersama ketus. Erdogan dan Emine dicap munafik.

Teh putih bersama harga selait itu belum seberapa. Emine pernah diberitakan membeli besar-besaran di Polandia dan Perancis.

Saat berada mal di Louis Avenue, Brusell, Belgia, dia berkeliling di toko yang menjajakan tas mahal. Saat berbelanja di gerai Longchamps, dia dianggap menggunakan 1500 Euro atau Rp21,6 juta.

Adapun sementara berada di Polandia, Emine dianggap memborong barang-barang antik senilai lebih dari 37 ribu poundsterling atau Rp636 juta.

Selain angka membeli sang istri yang super besar, Erdogan konon dikenal punyai istana mewah. Istana yang punyai 1100 ruangan itu dibangun di atas tanah seluas 2,5 kilometer persegi. Istana itu telah menggunakan dana sebesar Rp8,6 triliun.

Istana Edrogan

Istana Edrogan

Kertas dinding sutera seharga 2000 poundsterling atau Rp34 juta per rolnya. Istana itu terhitung menggunakan 36ribu poundsterling atau Rp619 juta untuk mendekorasi pintu ganda.

Adapun untuk 400 pintu ganda berukuran 3,2 x 2 meter, dana yang dihabiskan raih 5juta poundsterling (Rp86 miliar). Nilai itu belum terhitung pintu tunggal yang dipasang di istana itu.

Sementara itu, untuk karpet yang di istana itu Erdogan menggunakan biaya 7 juta poundsterling atau Rp120 miliar. Total, pengadaan untuk istana dan segala isinya dianggap raih US$ 7 miliar atau Rp 91,6 triliun.

Emine apalagi menutup semua pusat perbelanjaan di Brussels sehingga ia tidak akan terganggu oleh orang lain sementara melihat-lihat barang-barang desainer. Dikatakan, sebanyak 37 ribu poundsterling dihabiskan cuma dalam satu perjalanan ke sebuah bazaar barang-barang antik di Polandia.

Ia punyai banyak area di White Palace yang ditambah karpet seharga tujuh juta poundsterling. Selama kudeta militer gagal pekan lalu, White Palace dibom meskipun tingkat kerusakan belum diketahui.

Ketika dibangun, pekerja, juga bunker bawah tanah diserang.

Meskipun kemewahan mansion itu tahu tampak, Emine mengklaim menekuni jenis hidup bertakwa dan hemat. Dia mengaku sebabkan cuka sendiri dari kulit apel.

Kekayaan bersih suaminya diperkirakan lebih dari 139 juta poundsterling dari investasi properti dan pasar saham. Di negara secara keseluruhan, dua dari tiap-tiap tiga anak hidup dalam kemiskinan menurut standar Eropa, sebuah laporan pusat penelitian sosial ekonomi Universitas Bahcesehir.

(Sumber: Daily Mail)

Berita Lainnya