Hati Hati Memilih Asuransi Kesehatan !

Sakit bisa terjadi secara tidak terduga, meskipun kita sudah berupaya sebisanya menjaga kesehatan. Hal inilah yang menjadi alasan kebanyakan orang harus punya asuransi kesehatan sekarang. Namun, berbanding terbalik dari itu, beberapa orang ‘ogah’ untuk punya asuransi karena merasa klaimnya yang rumit. Atau, beberapa orang lainnya merasa asuransi kesehatan dari kantor saja sudah cukup.

Yang kita lihat di lapangan memang benar bahwa terkadang ternyata ada beberapa asuransi yang punya aturan rumit. Oleh karena itu, ketika memilih asuransi diperlukan kehati-hatian.

Kehati-hatian dalam Hal Apa?

  1. Memilih manfaat yang Anda butuhkan

Manfaat dasar yang dimiliki oleh program asuransi adalah rawat inap. Sementara itu, terdapat manfaat tambahan lainnya yang diberikan. Manfaat tambahan tersebut meliputi manfaat rawat jalan, manfaat persalinan dan manfaat perawatan gigi. Nah, nilai premi sendiri bergantung pada pilihan program dan manfaat. Sebagai contoh, Asuransi Kesehatan Allianz menawarkan beberapa manfaat pertanggungan yang berbeda-beda, di antaranya adalah:

  • SmartMed Premier dengan manfaat pertanggungan sesuai tagihan dan ada limit tahunanannya.
  • Smarthealth Maxi Violet yang punya keunggulan yakni pengembalian premi 20% dari total premi yang dibayar.
  • Asuransi Kesehatan Alissya Care yakni asuransi yang berbasis syariah.

Jadi, Anda bisa memilih produk yang cocok dengan kondisi dan kemampuan Anda saat ini.

  1. Perhatikan sistem klaimnya

Ini yang terkadang menjadi rumit dan buat beberapa orang malas punya asuransi. Atau, di lain pihak, beberapa ada yang ‘menyesal’ mendaftarkan diri ke perusahaan asuransi. Semuanya bisa diminimalisir apabila kita tahu betul aturan main pihak perusahaan asuransi ketika kita akan menandatangani polis. Baca lagi dan baca lagi.

Yang perlu Anda ketahui terkait klaim yaitu terdapat dua sistem klaim. Yang pertama adalah reimbursement atau sistem penggantian dimana uang Anda akan diganti. Nilai plus-nya, Anda bisa memilih sendiri rumah sakit yang dituju. Yang kedua adalah sistem provider. Anda cukup menunjukkan kartu kepersertaan asuransi. Tentunya rumah sakit yang sudah punya kerja sama dengan pihak asuransi.

Masih bicara mengenai asuransi kesehatan allianz secara lebih mendalam. Proses klaimnya sendiri termasuk mudah. Sebagai informasi, pihak Allianz sekarang sudah sediakan aplikasi klaim asuransi via smartphone bernama Allianz eAZy Claim.

  1. Telusuri rekam jejak perusahaan asuransi

Wah! Bicara soal perusahaan yang menyediakan produk asuransi, tentu saja ada banyak sekali! Bahkan produk-produk asuransi sering kali di-bundling dengan produk-produk tertentu, seperti kartu kredit, tabungan dan sebagainya.

Oleh sebab itu, telusuri rekam jejak perusahaan asuransi dan produk asuransi yang ditawakan pada Anda. Perusahaan yang punya kredibilitas baik pada umumnya punya cabang di berbagai kota. Anda bisa pula menanyakan pada teman yang bergabung di perusahaan asuransi tersebut sebagai nasabah. Kemudian, tentunya, balik ke poin pertama, pilih produk yang tepat untuk Anda. Produk tertentu yang diambil orang lain, belum tentu cocok pula bagi kita, bukan?

Biaya kesehatan merupakan biaya paling mahal di antara biaya-biaya lainnya. Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan bisa dibilang sangat wajib sekarang ini. Mengingat biaya pengobatan yang cukup mahal dan akan semakin mahal, setidaknya Anda bisa meminimalisir pengeluaran biaya kesehatan tersebut. Penyakit juga tidak kenal usia, bukan? Perlu diketahui pula, semakin tua usia maka premi akan semakin tinggi. Kemungkinan aplikasi Anda disetujui juga semakin kecil apabila usia semakin tua. Oleh karena itu, mulailah dari usia muda untuk punya asuransi.

Berita Lainnya