Fakta Unik Tentang Bulan

Fakta Unik Tentang Bulan – Bulan merupakan salah satu satelit alami Bumi satu-satunya dan merupakan terbesar dari ke-5 dalam Tata Surya. Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbit dengan diameter 27%, kepadatan 60%, dan massa 1⁄81 (1. 23%) dari Bumi. Diantara satelit alami lainnya, Bulan adalah satelit terpadat kedua setelah Io, satelit Yupiter.

Bulan berada pada rotasi sinkron dengan Bumi, yang selalu menunjukkan sisi yang sama pada Bumi, dengan sisi dekat ditandai oleh mare vulkanik gelap yang terdapat diantara dataran tinggi kerak yang terang dan kawah tabrakan yang menonjol. Bulan adalah benda langit yang paling terang setelah Matahari.

Bulan yang bisa kami tatap pada malam hari ini, ternyata memiliki fakta-fakta maupun misteri unik yang ia miliki. Selain fakta-fakta seperti bulan yang gak punya sumber cahaya sendiri dan cahaya itu berasal dari cahaya pantulan matahari atau bulan yang bisa membuat pasang surut air laut di bumi. Ternyata masih banyak yang belum kami ketahui. Berikut 7 fakta maupun misteri dari bulan:

Asal Mula Bulan

Dalu orang berteori bahwa bulan tadinya adalah sebagian dari bumi yang terbang keluar dari bumi karena tabrakan hebat dimasa kemudian. Dan ini hampir menjadi teori yang disetujui oleh banyak orang. Sebelumnya teori lain muncul seperti terbentuk dari debu-debu angkasa yang membentuk menjadi satelit bumi.

Belakangan ini teori menyebutkan bahwa jika bagian sebesar bulan terambil dari bumi, maka bumi gak akan bisa bulat seperti sekarang. Dan jika bulan gak berongga, maka gak mungkin bulan bisa menjadi satelit bumi, karena terlalu berat dan bulan akan menghantam bumi.

Ternyata kura-kuralah yang pertama kali yang menginjak bulan

Cukup mengejutkan bukan? bukan 1 orang orang maupun kera yang pertama kali dikirim untuk mengelilingi orbit bulan. Melainkan adalah sepasang kura-kura. Kura-kura ini diterbangkan ke bulan bersama kumbang, sejenis lalat, biji-bijian, dan bakteri di dalam pesawat ruang angkasa Rusia, Zond 5 pada September 1968. Kura-kura ini bisa kembali dengan selamat bersama pesawatnya ke bumi, meskipun si kura-kura megalami penurunan bobot berat badan sekitar 10 persen dari berat badan mereka. Tetapi, mereka tetap dalam kondisi yang sehat.

Bulan Memiliki orbit yang Unik

Orbit bulan merupakan satu-satunya yang betul-betul hampir bulat sempurna dari semua sistem tata surya kami. Berat utama bulan terletak lebih dekat 6000 kaki daripada pusat geometrisnya, yang harusnya justru mengakibatkan orbit lengkung.

Sesuatu yang gak diketahui sudah membuat bulan stabil pada porosnya. Sesuatu teori yang belum diyakini benar adanya juga mengatakan bahwa muka bulan yang selalu sama di setiap harinya karena adanya sesuatu hal yang mengakibatkan itu. Yang pada intinya, tetap sesuatu kebetulan astronomi.

Memiliki struktur dataran yang keras di atas

Normalnya 1 buah planet akan keras di dalam dan semakin lama semakin lembut di atas, seperti bumi kami. Gak demikian halnya dengan bulan. Bagian dalam bulan seperti berongga, sementara bagian atasnya keras sekeras Titanium. Hal inilah yang mengakibatkan bulan sangat kuat dan tahan serangan.

Kawah terbesar di bulan berdiameter 300 Km, dengan kedalaman hanya 6. 4 Km. Sementara itu, menurut hitungan ilmuwan, jika batuan yang menubruk bulan tadi, menubruk bumi, maka akan terbentuk lubang paling gak sedalam 1. 200 KM.

Bulan yang berongga juga dibuktikan saat kru Apollo yang meninggalkan bulan, membuang kembali sisa pesawat yang gak digunakan kembali ke bulan.

Hasilnya, 1 buah gempa dan gema pada permukaan bulan terjadi selama 15 menit. Penemuan ini diulang kembali oleh kru Apollo 13, yang saat ini jatuh lebih keras, menimbulkan gema selama 3 jam 20 menit.

Ibaratnya seperti sedang membunyikan lonceng yang kemudian berdentang, hanya saja karena gak ada udara, maka suara dentang lonceng yang dihasilkan gak bisa didengar oleh orang. Sementara itu, penemuan ini dipertanyakan oleh Carl Sagan, bahwa satelit alamiah gak mungkin berongga di dalamnya.

Terdapat cuaca ekstrim di bulan

Ternyata, cuaca ekstrim gak hanya terjadi di bumi. Di bulan pun, cuaca ekstrim bukan hal yang aneh. Suhu permukaan bulan bisa bervariasi mulai dari 260 celcius sampai – 151 celcius. Akan tetapi, suhu itu ternyata hanya di permukaan bulan saja. Jika Anda menggali permukaan bulan, maka suhu yang terdapat cukup konstan yakni sekitar -35 celcius.

Ukuran matahari sama dengan Bulan

Bulan bisa menutupi matahari dalam gerhana bulan total, tapi ukurannya gak sama. Yang menarik, jarak matahari ke bumi persis 395 kali lipat jarak bulan ke bumi, sedangkan diameter matahari persis 395 kali diameter bulan.

Pada saat gerhana matahari total, ukuran bumi dan bulan persis sama, sehingga matahari bisa tertutup bulan secara sempurna. Hitungan ini terlalu cermat dan akurat jika hanya merupakan kebetulan astronomi semata.

Usia bulan

Usia bulan lebih tua dari yang diperkirakan, bahkan diperkirakan lebih tua daripada bumi dan matahari itu sendiri Umur bumi paling tua yang bisa diperkirakan adalah 4. 6 miliar tahun.Sementara itu batuan bulan malah sudah berumur 5. 3 miliar tahun. Bulan lebih tua 1 miliar tahun daripada bumi!

Berita Lainnya