Bunga Rafflesia Terkecil di Dunia

Bunga Rafflesia Terkecil di Dunia – Bunga Rafflesia merupakan salah satu bunga bangkai yang bisa dilihat pegunungan dan di hutan, tumbuhan ini merupakan bunga bermahkota 5. Pada beberapa spesies, seperti Rafflesia arnoldii, diameter bunganya mungkin lebih dari 100 cm, dan beratnya sampai 10 kg. Bahkan spesies terkecil, Rafflesia manillana, bunganya berdiameter 20 cm. Bunganya tampak dan berbau seperti daging yang membusuk, karena itulah ia disebut “bunga bangkai” atau “bunga daging”. Bau bunganya yang seperti bangkai dengan tujuan untuk menarik serangga seperti lalat dan kumbang kotoran.

Di dalam hutan hujan tropis Asia Tenggara, sebuah tanaman parasit yang disebut Rafflesia merupakan bunga terbesar di dunia. Beberapa dari bunga Rafflesia ini secara instan bisa tumbuh dengan memiliki diameter sebesar 1 meter dan memiliki berat sampai 22 pound (10 kg).

Bunga-bunga ini disebut sebagai bunga bangkai oleh orang lokal karena sering mengeluarkan bau seperti daging yang membusuk. Saat ini, pada Pulau Luzon di Filipina, sebuah kelompok ilmuwan sudah menemukan bunga terkecil dari bunga-bunga raksasa ini.

Rafflesia Consueloae

Rafflesia Consueloae

Penemuan terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of the Philippines Diliman dan University of the Philippines Los Banos. Ukuran diameter dari bunga terkecil ini hanya sebesar 9, 73 cm dan dinamakan menjadi Rafflesia consueloae. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal bebas PhytoKeys.

Cukup aneh memang, penemuan ini terjadi setelah salah orang asisten dalam kelompok penelitian itu tiba-tiba terjatuh karena beberapa sampah hutan dan menemukan bunga itu. Kemudian pemimpin dari penelitian ini Prof Perry S. Ong menggambarkan bahwa penemuan ini sebagai penemuan yang gak disengaja.

Spesies terbaru ini dinamakan Rafflesia consueloae sebagai penghormatan untuk Ms Consuelo ‘Connie’ Rufino Lopez, 1 orang mitra dari ahli industri Filipina, Oscar M. Lopez.”Bunga Rafflesia adalah bunga yang unik, mereka merupakan tumbuhan parasit pada akar dan batang tanaman merambat yang terdapat di hutan dan gak memiliki akar yang berbeda, batang atau daun mereka sendiri, ” jelas salah satu penulis Prof Edwino S. Fernando.

Di Sumatera dan Borneo spesies lain dari genus yang sama, Rafflesia arnoldi, memegang rekor dalam menjadi bunga terbesar di duia dengan memiliki ukuran diameter yang mencapai 1, 5 meter. Di Filipina, Rafflesia schadenbergiana, yang ditemukan hanya di Mindanao, hanya memiliki ukuran diameter terbesar 0, 8 meter. Profesor Fernando, menambahkan Rafflesia consueloae sebagai spesies urutan ke-6 dari Pulau Luzon dan urutan ke-13 dari semua kepulauan Filipina.

Spesies terbaru ini telah diklasifikasikan sebagai tanaman yang sangat terancam punah menurut IUCN karena hanya berada kurang dari 100 km2 keberadaan tanaman ini dan hanya memiliki 2 populasi yang kecil.

Perlindungan lanjutan dari populasi spesies ini penting dilakukan karena beberapa orang lokal masih sering melakukan pemburuan pada satwa liar dan kebakaran hutan yang terjadi pada musim kemarau, faktor itu kemungkinan bisa mengancam kelangsungan hidup R. consueloae. baca juga Lotus Building Bangunan Unik Bunga Teratai.

Berita Lainnya