Batu Zircon

Batu Zircon merupakan batu Zircon yang punya warna merah darah dan yang berwarna hijau Batu Cincin Zamrud. Batu zircon yang berwarna biru, beningnya semacam kristal dan kilaunya tinggi. di Amerika dinamakan starlite zircon.baca juga Batu Akik Yakut

Zircon atau yang juga disebut dengan Zargun dalam bahasa Arab, India dan Persia. Warna bwermacam-macam seperti kuning, cokelat, merah, hijau, dan bahkan tanpa warna. Batu Zircon punya nilai keras 7. 5 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke 5 setelah batu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz Penghasil Zircon terbesar merupakan Thailand, Srilanka dan Kamboja. Tetapi Zircon juga ditemukan di Myanmar, Vietnam, Tanzania, Perancis dan Australia. Bangkok merupakan pusat pengasahan dan pemasaran Zircon terbesar di dunia.

Batu zircon bisa ditemukan di friedrichswarn, sebelah selatan norwegia, siberia, Sri Lanka, Pegu (Birma), Madras (india), Bohemen, Saksen, Italia, Swiss, Pegunungan Ural (rusia), Amerika Utara, dan Australia. Dengan demikia bisa dikatakan batu-batu zircon tersebar di segala sudut dunia.

Penemuan Batu zircon membuat para peneliti di Amerika Serikat berusaha mencari tahu usianya. Kemudian mereka memakai 2 teknik berbeda untuk mencari tahu usia batu permata cantik itu. para peneliti mengatakan, temuan itu mengindikasikan bahwa lapisan permukaan bumi terbentuk segera setelah planet ini terbentuk. Batu permata kecil itu diduga merupakan bagian dari sisa-sisa permukaan bumi yang pertama terbentuk itu.

Dalam temuan yang juga dimuat di Journal Nature Geoscience, Profesor ilmu bumi dari University of Wisconsin, John Valley –yang memimpin penelitian ini– menuturkan, temuan ini menunjukkan bahwa permukaan bumi awalnya diperkirakan gak sekeras yang dibayangkan oleh para peneliti selama ini.

Dalam penelitian itu, para peneliti awalnya memakai teknik penanggalan yang didasarkan pada peluruhan radioaktif uranium sampai memperoleh sampel mineral. Tetapi karena beberapa peneliti menyimpulkan teknik itu bisa saja salah, akibat adanya pergerakan atom dengan kristal. Mereka pun memutuskan untuk memakai metode lainnya yang lebih pasti.

Para peneliti itu memakai teknik yang dikenal dengan sebutan atom-probe tomography. Teknik itu mampu mengidentifikasi atom di dalam kristal dan menentukan jumlah massanya. Hasilnya, batu permata kristal zircon ini berusia 4, 4 miliar tahun. Sebagai bayangan tentang usia batu permata itu, bisa dilihat dari masa terbentuknya bumi, yakni sekitar 4, 5 miliar tahun kemudian dari 1 buah bola batu cair. Itu bermakna, lapisan permukaan bumi baru terbentuk setelah itu atau sekitar 100 juta tahun kemudian. Usia kristal itu juga menunjukkan bahwa lapisan permukaan bumi, di mana terdapat kristal itu di dalamnya, baru muncul sekitar 160 juta tahun setelah terbentuknya tata surya.

Harga Batu Zircon Merah

Menurut informasi artikel digoogle batu Zircon dengan dimensi ukuran 0, 8 × 0, 7 × 0, 4 cm – 3, 09 crt harga 1. 200. 000 rupiah. Sedangkan bongkahan batu Zircon biru dengan berat 1 gram harga berkisar 800. 000 rupiah.

Ciri Ciri Batu Zircon Asli

Batu Zircon Asli lazimnya berisi serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat Tempelkan batu Zircon itu ke pipi Anda. Apakah terasa dingin? Jika terasa dingin ini bisa merupakan 1 ciri bahwa batu Anda itu asli Coba bandingkanlah batu Zircon Asli dan tiruan, pasti batu yang asli lebih berat dari batu palsu.

Cara Merawat Batu  Zircon

  • Rendam batu apabila masih berbentuk bahan dengan air oksigen
  • Setelah 3 bulan bentuk batu Zircon sesuai keinginan
  • Poles memakai serbuk intan
  • Olesi dengan minyak bayi untuk menjaga warna
  • Jika batu Zircon yang sudah dibentuk atau diikat menjadi 1 buah cincin, rawatlah dengan minyak bayi yang dioleskan dipermukaan batu supaya cepat bening dan keluar pelangi.

Khasiat dan Manfaat Batu Zircon

  • Zircon sangat tepat untuk kesehatan orang khususnya dalam mengobati alergi kulit, masalah paru-paru, dan meredam sakit encok
  • Meningkatkan aktivitas hati, limpa dan pancreas
  • Membuat hati tenang
  • Mencegah iri hati serta menolak iblis.

Berita Lainnya