Batu Permata Sugilite

Batu Permata Sugilite merupakan jenis batu permata dengan kandungan mineral Cyclosilicate ungu yang langka yang namanya berasal dari nama Petrologist Jepang, Ken-ichi Sugi, yang pertama kali diidentifikasi pada tahun 1944 di Iwagi Islet, Jepang. Tetapi, saat itu hanya berupa butiran berwarna kuning kecoklatan yang gak sesuai dimanfaatkan sebagai batu permata. Deposit signifikan yang berkualitas permata kemudian ditemukan pada tahun 1979 di 1 buah tambang Mangan di sebelah selatan gurun Kalahari Afrika Selatan. Pada tahun 1980, batu Sugilite secara resmi diklasifikasikan sebagai permata langka, yang kemudian mengakibatkan harganya meningkat. Sejak itu, deposit lain juga terus ditemukan.

Batu Sugilite adalah bahan serbaguna yang bisa digunakan dalam bentuk manik-manik, inlay, dipotong facet dan cabochon untuk membuat berbagai macam perhiasan mencolok berwarna ungu. Dalam perhiasan kelas atas, batu Sugilite sering diatur dalam emas kuning, yang memberikan kontras yang menarik. Cincin Sugilite Bulgari adalah emas kuning. Cincin Dior “Queen of Sugilite” memiliki ukiran tengkorak dan diatur dengan platinum, disertai dengan beberapa Diamond (Berlian). Jam tangan Dior “Mini D” dan “VIII” memiliki tombol dari Sugilite. Perhiasan bergaya suku Meksiko memakai Sugilite bersama dengan batu permata berwarna cerah lainnya dalam pengaturan inlay perak dan mosaik emas. Sugilite adalah batu permata yang bisa digunakan baik untuk pria maupun wanita.

Batu Sugilite memperoleh warna ungunya dari jejak Mangan. Warnanya bisa berkisar mulai dari ungu kemerah mudaan sampai ungu kebiruan. Batu Sugilite yang paling berharga tinggi adalah yang warna ungunya seragam dan intens. Terlalu banyak batu Sugilite memiliki pola belang, pembuluh darah atau lapisan, dan batu yang memiliki pola yang menarik seperti ini juga lebih diinginkan.

Ciri Ciri Batu Permata Sugilite

Batu Sugilite memiliki formula kimia KNa2(Fe, Mn, Al)2Li3Si12O30 dan bisa diidentifikasi melalui warna merah muda gelap atau warna ungunya yang khas, yang bisa seragam atau belang-belang, berurat, atau berlapis. Batu Sugilite lazimnya terbentuk dalam bentuk besar, dan kristalnya sangat langka. Batu Sugilite bisa bercampur dengan Chalcedony Quartz, atau matriks hitam, yang menghasilkan karakteristik yang berbeda-beda, misalnya kekerasannya. Kombinasi sifat, warna, kekerasan (6 sampai 6, 5 skala Mohs) dan komposisi kimianya bisa digunakan untuk mengidentifikasi batu Sugilite.

Batu Sugilite termasuk ke dalam kelompok mineral Cyclosilicate, dan memiliki struktur yang mirip dengan Beryl (Emerald atau Zamrud), Iolite, dan Tourmaline. Sugilite memiliki komposisi polikristalin agregat, yang bermakna terdiri dari banyak kristal, atau kristal kecil mikroskopis berbagai ukuran dan orientasi.

Warna batu Sugilite berkisar mulai dari merah muda, ungu, plum, magenta, ungu kemerahan dan ungu kebiruan. Batu ini mungkin memiliki warna seragam atau memiliki penampilan yang berbintik-bintik, berurat, belang, atau berlapis. Batu Sugilite juga bisa memiliki bercak kekuningan atau kemerahan dan belang ungu muda atau putih. Warna yang paling diinginkan adalah warna yang seragam ungu kemerahan. Tetapi, yang memiliki pola menarik juga bisa berharga tinggi.

Kemilau batu Sugilite merupakan seperti kaca, beresin atau tampak seperti berlilin. Terlalu banyak batu Sugilite adalah buram gak tembus cahaya, tetapi yang langka bisa terjadi dalam bentuk Translucent (tembus cahaya tapi gak transparan).

Batu Sugilite biasanya gak melalui proses treatment apapun. Tetapi, batu Sugilite yang berwarna gelap bisa dicerahkan melalui treatment Heated (memanaskan pada suhu yang tinggi untuk meningkatkan warna dan kejelasannya). Batu Sugilite kadang-kadang juga melalui proses treatment Dyed, yakni menambahkan bahan pewarna ke dalam pori-pori atau retakan-retakannya untuk mengubah atau memperkuat warnanya. Semua pedagang batu permata terkemuka pasti menegaskan setiap treatment yang dilakukan pada batu permata yang dijualnya. Batu Sugilite imitasi juga ada.

Batu Sugilite juga disebut sebagai “Sugilite Jade” atau “Purple Turquoise”, meskipun sama sekali gak berhubungan. “Wesselite” merupakan nama lain untuk Sugilite, karena penemuan deposit bahan Translucent (tembus cahaya tapi gak transparan) di tambang Mangan di Wessels, Afrika Selatan. Beberapa nama dagang lain untuk batu Sugilite antara lain: “Royal Azel”, “Cybeline”, “Royal Lazelle”, “Lavulite”, “Luvulite” dan “Royal Lavulite”.

Cara Merawat Batu Permata Sugilite

Sugilite cukup keras dan tahan lama karena gak jelasnya Cleavage (kecenderungan kristal untuk pecah terbelah mengikuti struktur kristalnya). Karena debu tempat tinggal tangga sering kali berisi Quartz (Kuarsa) yang memiliki kekerasan 7 skala Mohs, hanya menyeka debu dari batu permata Sugilite bisa mengakibatkan goresan dan berkurangnya kualitas polesan. Cara terbaik untuk membersihkan batu permata sugilite merupakan dengan memakai air sabun dan kain yang lembut. Pastikan untuk membilas dengan bersih untuk menghilangkan sisa-sisa residu sabun. Seperti terlalu banyak batu permata lainnya, hindari penggunaan pembersih ultrasonik dan pembersih uap (Steam Cleaner).

Selalu lepas perhiasan permata sebelum berolahraga, melakukan pekerjaan tempat tinggal tangga, atau saat terlibat dalam aktivitas berat lainnya. Simpan perhiasan Sugilite berjauhan dari batu permata lainnya untuk menghindari terjadinya gesekan dan goresan. Simpan secara membungkusnya memakai kain yang lembut atau taruh di dalam kotak perhiasan yang berlapis kain.

Berita Lainnya