Batu Janggus

Batu Janggus merupakan jenis batu permata yang berasal dari Dusun Janggus, Desa Lubuk Kertang (Paluh Tabuhan), Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara atau biasa disebut oleh penduduk setempat sebagai “Batu Janggus” memiliki banyak variasi, indah dan keren. Batu Janggus lebih keras dari batu lainnya, jadi bisa dibentuk menjadi banyak model seperti keris, kujang, karena saking kerasnya Batu Janggus dulu dimanfaatkan untuk memotong kaca, motifnya juga luar biasa. baca juga Batu Marjan dan Batu Zircon

Batu akik motif naga yang dimiliki oleh seseorang bernama Muhammad Imam Hanafi yang bertempat di Dusun III Telaga Said wilayah Sei Lepan, Langkat, Sumatera Utara itu memang tampak unik dan istimewa. Corak naga yang berwarna cokelat moka itu terlihat kontras dan selaras dengan warna dasar batu yang berwarna cokelat tua.

Gak perlu waktu lama bagi seseorang untuk mengidentifikasikan bahwa guratan yang berupa corak itu serupa dengan ciri-ciri naga lengkap dengan bagian-bagian tubuhnya, mulai dari kepala, ekor sampai kaki depan dan kaki bagian belakang.

Pihak Museum Rekor Indonesia (MURI) pun siap memasukkan batu akik motif naga itu kedalam kategori jenis batu akik termahal di Indonesia asalkan memenuhi syarat dan kriteria yang sudah ditentukan, diantaranya yakni selama batu akik itu memang sudah terjual seharga 18 milyar dan pemiliknya wajib untuk melampirkan bukti berupa nota pembayaran atas batu akik itu. Jika kedua persyaratan ini terpenuhi, maka pihak MURI pun bisa memasukkan batu akik motif naga asli Indonesia yang unik ini ke dalam catatan Museum Rekor Indonesia.

Harga Batu Janggus

Batu akik janggus motif naga yang dimiliki oleh seseorang bernama muhammad imam hanafi yang bertempat di dusun iii telaga said wilayah sei lepan, langkat, sumatera utara itu memang tampak unik dan istimewa. Corak naga yang berwarna cokelat moka itu terlihat kontras dan selaras dengan warna dasar batu yang berwarna cokelat tua di banderol dengan harga yang disinyalir menjadi harga tertinggi yang pernah dimiliki sebuah batu akik, yakni senilai 18 milyar rupiah.

Ciri Ciri Batu Janggus

Batu Janggus Asli biasanya memiliki serat yang berbeda dengan batu akik yang paslu dimana batu asli terkadang memiliki serat seperti laba-laba atau awan yang berada didalam batu tersebut. Sementara batu yang palsu biasanya bentuknya sangat sempurna dan seragam serta biasanya tidak memiliki serat, jika ada serat buatan biasanya sangat teratur berbeda dengan serat yang asli tidak beraturan. Selain itu bentu dari batu cincin yang palsu biasanya dibentuk oleh mesin sehingga terlihat ada keseragaman dengan sesama batu palsu yang lain.

Cara Merawat Batu Janggus

  • Untuk menjaga kebersihan batu, gosok dan sikat batu Janggus dengan air sabun, bilas dan keringkan dengan lap lembut.
  • Untuk mengkilapkan kita bisa menggunakan kertas intan untuk menggosoknya dan untuk menjaga kilap dan warna batu, selalu rajin mengolesnya menggunakan baby oil.
  • Untuk menjaga kebersihan batu, gosok dan sikat batu Janggus dengan air sabun, bilas dan keringkan dengan lap lembut.
  • Untuk mengkilapkan kita bisa menggunakan kertas intan untuk menggosoknya dan untuk menjaga kilap dan warna batu, selalu rajin mengolesnya menggunakan baby oil.

Khasiat Dan Kegunaan Batu Janggus

  • Untuk Kesehatan dan Penyembuhan diri
  • Untuk Meningkatkan Potensi Diri
  • Untuk Keselamatan dan Perlindungan Diri
  • Untuk Mendatangkan Keberuntungan
  • Untuk Percintaan
  • Untuk Menciptakan Kedamaian Hati

Demikian cara merawat dan khasiat kegunaan batu janggus motif naga yang dimiliki oleh seseorang bernama muhammad imam hanafi yang bertempat di dusun iii telaga said wilayah sei lepan, langkat, sumatera utara itu memang tampak unik dan istimewa. Corak naga yang berwarna cokelat moka itu terlihat kontras dan selaras dengan warna dasar batu yang berwarna cokelat tua di banderol dengan harga yang disinyalir menjadi harga tertinggi yang pernah dimiliki sebuah batu akik, yakni senilai 18 milyar rupiah.

Berita Lainnya