Batu Almandine Garnet

Batu Almandine Garnet merupakan jenis batu permata yang indah untuk perhiasan kalung dan juga cincin,Kata “Garnet” berasal dari bahasa Latin “Granatus”, yang maknanya “Biji-Bijian”, karena banyak deposit Garnet yang hanya berupa butiran kecil kristal merah di batuan induk mereka. Nama “Almandine” berasal dari nama “Alabandicus” yang merupakan nama dari batu yang ditemukan di kota kecil di Alabanda, terletak di Caria, provinsi terkecil kedua di Asia Minor (Anatolia). Almandine terbentuk dalam berbagai warna merah mulai dari yang tua, kecoklatan sampai merah keunguan dan merupakan pilihan permata yang sangat terkenal untuk perhiasan karena kekerasannya yang mencapai 7, 5 skala Mohs dan kecemerlangan yang dihasilkan dari indeks biasnya yang tinggi. Almandine Garnet sering dipotong model cabochon dengan bentuk cembung, dan spesimen ini kadang-kadang disebut sebagai Carbuncle. Carbuncle adalah istilah lama yang digunakan untuk menggambarkan setiap jenis batu permata merah yang dipotong cabochon. Batu permata merah berbentuk cabochon secara historis sudah digunakan sebagai permata persahabatan. Garnet juga merupakan Birthstone atau batu kelahiran untuk januari.

Batu permata Almandine Garnet bisa ditemukan di banyak tempat di dunia seperti Brazil, India, Madagascar, Sri Lanka, dan United States. Austria dan Czech Republic juga memiliki deposit tapi hanya kecil. Star Almandine Garnet ditemukan di India dan United States. Idaho diketahui menjadi sumber yang sangat besar untuk permata Star Almandine Garnet. Almandine Garnet yang ditemukan di Sri Lanka kadang-kadang disebut sebagai Ceylon Ruby.

Garnet Almandin yang opak seringkali menampilkan efek star berjari-jari 4 atau 6 bila diasah polosan. Varietas garnte star ini cukup popular di Indonesia, Tetapi sayang terlalu banyak bahanya retak2 sehingga kalo ditemukan yang utuh mulus harganya bisa menyaingi saudaranya yang terlahir bening.

Mayoritas garnet yang beredar dipasaran berwarna merah, itulah sebabnya kalo mendengar orang menyebut nama garnet asosiasi kami langsung membayangkan batu permata berwarna merah. Padahal warna garnet bisa bermacam2 dan yang paling digandrungi oleh para kolektor justru bukan yang merah melainkan hijau mirip zamrud, Demantoid namanya. Walau harganya belum setinggi zamrud beneran, Tetapi demantoid dinilai paling top diantara semua varietas garnet yang lain dan hanya para kolektor serius sajalah yang berhasil memilikinya.

Ciri Ciri Batu Permata Almandine Garnet

Batu Almandine Garnet memiliki formula kimia Fe2+3Al2Si3O12. Batu ini bisa susah dibedakan dengan sesama jenis Garnet lainnya jika hanya melihat dari penampilannya saja, dan susah dibedakan dengan batu permata merah lainnya. Almandine Garnet biasanya akan memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan permata merah lainnya, tetapi spesimen yang berkualitas bisa memiliki warna merah yang mirip dengan batu Ruby (Merah Delima). 1 buah magnet Neodymium yang kuat bisa digunakan untuk membantu membedakan Garnet dengan batu permata lainnya. Mengukur daya magnetik batu dan mengukur indeks biasnya bisa digunakan untuk membedakan antar spesies dan varietas Garnet, dan bisa digunakan untuk menentukan persentase komposisi pada Garnet Hybrid.

Warna batu Almandine Garnet berkisar mulai dari merah murni, oranye kemerahan, dan sedikit merah keunguan sampai gelap, dan merah kecoklatan. Warna merah tua yang unik dari batu Almandine Garnet merupakan akibat langsung dari adanya jejak besi. Almandine Garnet dengan warna merah tua murni adalah yang paling diinginkan dan yang paling berharga.

Batu Almandine Garnet memiliki kemilau seperti kaca. Almandine Garnet yang berkualitas permata adalah yang Translucent (tembus cahaya tapi gak transparan), tetapi tergantung juga pada model potongannya, beberapa batu mungkin ada yang lebih tampak gak tembus cahaya. Almandine Garnet yang kasar dan buram gak tembus cahaya dianggap gak berkualitas permata dan lazimnya hanya digunakan untuk keperluan industri.

Sebenarnya jumlah kristal Almandine Garnet yang berukuran besar sangat berlimpah, tetapi karena warnanya yang cenderung gelap, hanya yang berukuran kecil dan sedang saja yang dipotong facet. Saat dipotong facet, batu ini sering dipotong sedikit tipis supaya cahaya bisa masuk melewatinya. Beberapa batu Garnet saat dipotong cabochon bisa menampilkan efek Asterism atau Star; yang disebut sebagai Star Garnet. Model potongan batu Almandine Garnet bisa ditemukan dalam berbagai bentuk seperti bulat, oval, seperti buah pir, hati, segitiga, dan lainnya.

Seperti terlalu banyak batu Garnet lainnya, Almandine Garnet biasanya gak melalui proses treatment apapun untuk meningkatkan kualitasnya, tetap dibiarkan alami.

Varietas-varietas Garnet lainnya yang terkenal antara lain: Star Garnet, Pyrope, Rhodolite, Spessartite, Grossularite, Tsavorite, Demantoid, Color Change Garnet, dan Malaya Garnet.

Sedangkan varietas-varietas Garnet yang kurang begitu dikenal antara lain: Hydrogrossular, Andradite, Melanite, Topazolite, Uvarovite, Hessonite, Leuco Garnet, dan Umbalite Garnet.

Cara Merawat Permata Almandine Garnet

Batu permata Garnet bisa dibersihkan dengan memakai air hangat dan sabun ringan kemudian kemudian dilap dengan memakai kain atau sikat yang lembut. Batu ini wajib benar dibilas dengan bersih memakai air untuk menghilangkan sisa-sisa residu sabun. Garnet jangan terkena panas yang berlebihan, karena setiap perkembangan atau fluktuasi suhu yang ekstrim bisa mengakibatkan patah atau retak.

Terlalu banyak batu Garnet bisa dibersihkan dengan memakai pembersih ultrasonik, dengan pengecualian Demantoid Garnet, tapi proses pembersihannya tetap wajib dilakukan dengan hati-hati. Batu Garnet jangan dibersihkan memakai pembersih uap (Steam Cleaner) dan jangan terkena paparan bahan kimia keras, seperti asam fluorida, karena bahan kimia bisa mengakibatkan korosi.

Berita Lainnya