Batu Akik Jasper

Batu Akik Jasper merupakan jenis batu akik yang berasal dari Pasirgintung, Desa Cibuniasih, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya. Jasper secara geologis merupakan batuan jenis silika dengan mineral utama kuarsa, bersifat opak yang gak transparan, punya kekerasan 7 skala Mohs (skala 1 – 10 dengan nilai 10 untuk intan), berberat jenis antara 2, 5 dan 2, 9 dan biasanya berwarna merah karena campuran besi dari hematit, atau berwarna kuning dan coklat.

Batu Jasper ini mengandung unsur zat padat, yang sampai dua puluh persen darinya bisa terbuat dari bahan-bahan asing. Karena inilah, batu Jasper jarang ada yang terlihat sama. Dalam beberapa kasus, batu Jasper bahkan dapat terbentuk bersama dengan batu Agate atau Opal. Pola-pola pada batu Jasper terbentuk selama proses konsolidasi mineral, ditentukan oleh aliran dan pengendapan yang tepat sedimen yang kaya akan silika atau abu vulkanik. Batu Jasper sering berubah oleh adanya material lain. Ketika deposit silika asli secara alami terbentuk setelah deposisi, mereka kemudian diisi oleh mineral lain, seperti besi oksida, mangan dioksida, oksida logam dan terkadang bahan-bahan organik. Pengendapan akhir dari bahan-bahan tersebut menentukan penampilan dan bentuk akhir dari batu Jasper.

Di Pasirgintung, bongkah-bongkah jasper tersebar di Sungai Cimedang. Sebagian teronggok di perkampungan dan persawahan. Batu-batu ini banyak dijumpai menyelip diantara batu lava basal dan breksi hasil letusan gunung api purba. Di Tasikmalaya selatan, pada Kala Oligo-Miosen 25 juta tahun yang kemudian merupakan jajaran gunung api purba Jawa Barat yang sebagian berada di bawah laut. Diperkirakan abu-abu gunung api yang dimuntahkan dan terendapkan di laut menjadi sumber terbentuknya jasper setelah mengalami proses pemanasan secara hidrotermal selama berjuta-juta tahun. baca juga Batu Akik Fire Opal dan Cara Merawat Batu Black Opal

Batu Jasper adalah batu dari jenis Quartz dengan komposisi kimia utamanya yang terdiri dari silikon dioksida. Sampai dengan 20% persen komposisi dari batu Jasper padat bisa terdiri dari bahan-bahan asing seperti Hematite, Pyrolusite, Clay atau Calcite. Batu ini memiliki struktur kasar yang lebih jelas dibandingkan dengan bentuk lain dari Chalcedony, oleh karena itu beberapa ilmuwan menggolongkan batu Jasper ke dalam kelompok tersendiri dalam keluarga Quartz. Batu Jasper memiliki struktur mikrokristalin yang berarti kristal trigonalnya hanya bisa dilihat dengan pembesaran tinggi. Batu ini dapat dengan mudah dibedakan dengan batu permata lain yang sejenis melalui tingkat kekerasannya (6,5 sampai 7 skala Mohs) dan tidak punya Cleavage (kecenderungan kristal untuk pecah terbelah mengikuti struktur kristalnya).

Clarity atau tingkat kejelasan batu Jasper selalu Opaque (tidak tembus cahaya), bahkan ketika di iris tipis.

Batu Jasper biasanya tidak melalui proses treatment apapun untuk meningkatkan kualitasnya. Namun, beberapa batu mungkin ada yang menggunakan treatment Dyed (menambahkan bahan pewarna ke dalam pori-pori atau retakan-retakannya untuk mengubah atau memperkuat warnanya) untuk meniru tampilan batu permata lainnya atau bahkan varietas Jasper lainnya.

Batu Jasper bisa berwarna apa saja, sebagian besar bergaris, berbintik atau seperti nyala api. Tidak ada rekomendasi untuk warna. Warna merah yang disebabkan oleh jejak oksida besi adalah salah satu warna yang paling umum. Warna coklat dan kuning juga sering ditemukan pada batu Jasper. Batu Jasper dengan hanya satu warna saja sangat jarang, bahkan tidak pernah terdengar. Saturasi warnanya menentukan nilai keseluruhan.

Jenis Jenis Batu Akik Batu Jasper

  • Batu Jasper Hijau
  • Batu Jasper Klawing
  • Batu Jasper Coklat
  • Batu Jasper Tasik
  • Batu Jasper Putih

Harga Batu Akik Jasper

Berdasarkan informasi harga terbaru, batu jesper gajah dengan dimensi : est 17 x 12 x 4 mm,dan berat Batu : 7,2 carats dijual dengan harga 1.000.000 rupiah,sedangkan untuk harga bongkahan dijual dengan harga mulai dari 100.000/ kg tergantung jenis dan kualitasnya.

Ciri Ciri Akik Jasper

  • Coba anda tempelkan batu pada kulit yang pjka seperti pipi jika batu terasa dingin maka batu tersebut batu itu asli.
  • Cara kedua adalah dengan dibakar, kalau ada tanda-tanda hangus atau berunah warna, dipastikan tiu batu palsu.
  • Jika batu cincin dibakar batu akan panas dan kembali cepat dingin, berbeda dengan batu palsu yang lama memyimpan panas
  • Perhatikan serat didalamnya dengan cara menerawang, bila asli serat pada batu nampak seperti retak-retak, karena batu mulia dengan mulus tanpa serat.

Cara Merawat Batu Akik Jasper

Adapun cara merawat batu akik jasper ini Berikut cara merawatnya:

  • Jika tidak dipakai olesilah dengan cairan bayi,agar menjaga kilap batu akik tersebut
  • Jauhkan dari benturan
  • Jika jarang dipakai olesilah baby oil agar tetap terjaga kelembabannya.

Khasiat Dan Manfaat Batu akik Jasper

  • Jasper dapat mengusir jin/roh jahat
  • Melindungi terhadap ular maupun gigitan labah-labah.
  • Bagi kesihatan, Jasper membantu proses penyembuhan dari lambung.
  • Menyeimbangkan kerja kelenjar endocrine.
  • Sebagai pembawa hujan yang hebat.
  • Membantu memberi kebahagiaan didalam hidup.
  • Dapat membantu untuk tidur nyenyak.
  • Membantu fungsi hormonal wanita dan mengatasi rasa tidak aman.
  • Mengurangi Stress/rasa tertekan yang parah

Berita Lainnya