Amalan Sunnah Saat Berbuka Puasa

Amalan Sunnah Saat Berbuka Puasa – Bulan Ramadan jadi sementara yang pas bagi umat muslim untuk meraup banyak pahala dari Allah SWT lewat amalan-amalan yang dilakukan. Di bulan inilah Allah SWT terhubung pintu ampunan selebar-lebarnya kepada hamba yang bertakwa.

Membahas tentang Ramadan pasti tidak terlepas dari kesibukan berbuka puasa. Ada banyak sekali kesibukan yang dilakukan oleh manusia saat mereka berbuka. Namun, Rasulullah SAW udah mengajarkan kepada kami tentang amalan-amalan yang mampu dilakukan saat berbuka puasa.

Amalan tersebut pasti saja akan berbuah pahala dan menyebabkan puasa yang kami jalani semakin diberkahi oleh Allah SWT. Lantas apa sajakah amalan sunnah yang direkomendasi saat berbuka puasa? Berikut informasi selengkapnya.

Hanya Berbuka Setelah Masuk Waktunya

Amalan sunnah pertama yang direkomendasi untuk dilakukan saat berbuka puasa ialah cuma berbuka sesudah masuk waktunya. Mungkin banyak orang yang secara tidak mengetahui berbuka puasa saat belum waktunya. Hal ini mampu terjadi karena bisa saja di tempatnya tidak ada aba-aba untuk berbuka puasa atau mereka cuma menerka-nerka sementara berbuka karena langit udah jadi gelap dan lebih baik melakuman saat Ta’jil yaitu menyegerakan berbuka puasa sebelum menunaikan sholat maghrib . Padahal Allah Subhanahu wa Taala berfirman:

Kemudian sempurnakanlah puasa hingga malam.” (QS. Al-Baqarah, 2: 187)

Kata “malam” dalam ayat tersebut dijelaskan oleh Imam Ibnu Katsir dalam tafsirya sebagai saat terbenamnya matahari. Oleh karena itu, kami harus mengetahui dengan benar kapan sementara yang pas untuk berbuka puasa.

Menyegerakan Untuk Berbuka Puasa

Selain direkomendasi untuk berbuka sesudah masuk waktunya, kami juga disunnahkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Mungkin banyak kami jumpai orang yang menunda-nunda berbuka puasa karena kesibukan mereka. Padahal Rasulullah SAW bersabda:

Manusia selalu dalam kebaikan selama mana mereka menyegerakan dalam berbuka.” (Shohih Bukhori).

Berdoa Ketika Berbuka Puasa

Amalan sunnah seterusnya yang mampu dilakukan saat berbuka puasa adalah dengan berdoa. Ada banyak hadist Rasulullah yang mengungkap bahwa sementara berbuka puasa jadi sementara yang pas bagi manusia untuk berdoa, karena Allah tidak akan menampik doa orang tersebut. Rasulullah SAW bersabda:

Bagi orang yang berpuasa di sementara dia berbuka ada doa yang mustajab.” (Musnad Ath-Thayalisi).

Rasulullah SAW bersabda:
Ada tiga orang yang doanya tidak akan ditolak; (yaitu) Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa hingga dia berbuka, dan doa orang yang terdalimi.” (Musnad Ahmad).

Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda:

“Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa, di sementara sementara berbukanya itu ada doa yang tidak tertolak.”

Berbuka dengan Ruthab, Tamr atau Air Dingin

Tidak cuma berdoa saat berbuka puasa, ada pula amalan sunnah yang mampu dilakukan dari aspek makanan yang dikonsumsi berbuka puasa. Rasulullah SAW bersabda:

“Jika keliru seorang dari kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr, jikalau tidak menemuinya maka berbukalah dengan air sejuk karena ia membersihkan.” (Sunan Tirmidzi)

Rasulullah SAW berbuka dengan sebagian butir ruthab (yakni kurma fresh yang baru masak) sebelum akan beliau laksanakan sholat. Jika tidak didapatkan ruthab, beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), jikalau tidak didapatkan tamr, beliau pun berbuka dengan meminum sebagian teguk air sejuk. (Sunan Abi Dawud).

Tidak Berlebihan dalam Berbuka

Banyak kami jumpai orang-orang yang “balas dendam” saat berbuka puasa. Artinya mereka menyantap segala hidangan yang ada dan membuatnya kekenyangan. Padahal Rasulullah SAW merekomendasikan kepada kami untuk tidak berlebihan dalam berbuka. Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda:

“Makan dan minumlah, berpakaianlah, dan bersedekahlah, sementara mana bukan untuk bersombong dan berbuat boros.” (Musnad Ahmad).

Selain mampu menyebabkan kami jadi boros, berlebih-lebihan dalam hal makan juga tidak baik bagi kesehatan. Selain itu juga mampu menyebabkan kami jadi malas beribadah karena kekenyangan, hal ini pasti terlalu merugikan bagi kami karena berkurang kesempatan untuk meraih ampunan dari Allah SWT.

Memberi Makan untuk Berbuka

Amalan sunnah seterusnya yang mampu dilakukan oleh kaum muslimin saat berbuka puasa adalah dengan berikan maka untuk berbuka kepada orang lain. Selain akan meraih pahala dari Allah SWT, dengan berikan makan untuk berbuka serupa bermakna kami mendukung sesama manusia dan mempererat tali silaturahim. Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa berikan makan untuk orang-orang yang berpuasa, maka baginya pahala layaknya orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.”

Mendoakan Orang yang Memberi Makanan Berbuka

Amalan sunnah paling akhir yang mampu kami laksanakan demi menaikkan pundi-pundi pahala saat berbuka puasa adalah dengan mendoakan orang yang memberi tambahan makanan berbuka.

Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam berkunjung kepada Sad bin Ubadah. Sad pun menghidangkan untuk beliau roti dan minyak, selanjutnya beliau pun memakannya. Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam pun mengucapkan:

“Orang-orang yang berpuasa udah berbuka di sisimu, orang-orang yang baik memakan makananmu, dan para malaikat pun mendoakanmu.” (Sunan Abi Dawud)

Ada sebagian doa yang dulu diucapkan oleh Rasulullah kepada orang yang berikan makan berbuka puasa kepada orang lain, di antaranya:

“Ya Allah, berkahilah mereka pada apa yang Engkau rezekikan pada mereka, ampunilah mereka dan rahmatilah mereka.”(Musnad Ahmad).

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka, dan berilah barakah pada makanan yang udah Engkau memberikan kepada mereka.” (Musnad Ahmad).

“Semoga orang-orang yang baik memakan makananmu, para malaikat mendoakanmu, dan orang-orang yang berpuasa berbuka di tempatmu.” (Musnad Ahmad)

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberiku makan, dan berilah minum kepada orang yang memberiku minum.” (Shohih Muslim)

Demikianlah informasi tentang tujuh amalan sunnah yang mampu dilakukan saat berbuka puasa. Tidak ada salahnya bagi kami untuk laksanakan amalan sunnah di atas. Sebab dengan melakukannya akan menaikkan pundi pahala kami di bulan puasa.

Berita Lainnya